Kapan waktu USG yang baik dan tepat? Hmm, tidak boleh sembarangan ya!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Kapan waktu USG yang baik- Kehamilan memang suatu anugerah yang tiada duanya, ya. Karena itu, wajar saja jika Sobat Bidan selalu ingin tahu apa yang sedang dilakukan si janin dalam rahim. Seperti yang kita tahu bersama, kini untuk bisa mendeteksi 'kelakuan' janin bisa dilakukan. Dengan USG atau Ultrasonography tentunya.

USG memang sangat membantu. Dengan pemeriksaan ini, kita jadi akan tahu bagaimana posisi janin di dalam rahim, jenis kelamin, normal atau tidak tumbuh kembangnya, dan sebagainya. Tapi, kapan sih, waktu yang pas untuk melakukan USG ini? Nah, simak postingan ini sampai selesai ya, Sobat Bidan!

Trimester Pertama

Pregnant Woman, Pregnancy, Pregnant, Belly, Mother
USG di trimester pertama
USG sudah akan menunjukkan hasil saat dilakukan pada usia 4 minggu kehamilan. Saat ini, akan didapat gambaran yang sangat kecil. Ini pun menggunakan Transvaginal USG. Untuk USG perut atau abdominal sendiri, baru bisa mendeteksi bayi pada usia kehamilan 6 atau 7 minggu.

Jika ditanya kapan waktu USG yang baik, sebenarnya ini tergantung informasi yang ingin diketahui Sobat Bidan tentang keadaan janin. Namun, jangan terlalu sering juga melakukan USG ini, cukup tiga kali saja selama kehamilan. 

Yakni di trimester pertama satu kali di usia 6-7 minggu, timester dua sekali, dan trimester tiga sekali lagi.

Trimester Kedua

USG selanjutnya dilakukan pada trimester dua kehamilan. Sobat Bidan boleh melakukan pemeriksaan ini pada minggu ke 23 hingga 25. Di minggu ini, fitur wajah janin akan mulai bisa didefinisikan dan jenis kelamin sudah kelihatan. 

Hamburger, P, French Fries, Belly, Abdominal Fat, Fat
Jaga kenaikan berat badan
Sebenarnya, untuk bisa melihat jenis kelamin pada janin ini sudah bisa dilakukan sejak minggu ke-12. Penelitian menyebutkan bahwa 98% teknologi USG akurat dalam hal melihat jenis kelamin ini. Namun, jenis kelamin bayi akan susah dilihat jika ibu mengalami kelebihan berat badan.

Karenanya, penting untuk menjaga kenaikan berat badan secara stabil selama kehamilan. Ulasan itu sudah pernah kita bahas di sini, ya!

Perkembangan dan pertumbuhan janin juga akan terlihat di minggu 23-25 ini. Sobat Bidan bisa bertanya banyak hal saat dilakukan pemeriksaan. Di minggu ini, masih tersisa banyak ruangan sehingga banyak bagian janin yang masih bisa diterawang. 

Sementara, jika Sobat Bidan ingin melakukan USG 3D, maka waktu yang paling pas adalah di minggu ke 27 sampai 32. Di minggu ini, wajah bayi akan terlihat lebih jelas lagi dan bayi juga masih bisa berubah posisi. 

Namun, Sobat Bidan mungkin akan agak kesulitan untuk melihat lebih banyak bagian tubuhnya secara jelas. Ini karena ruang yang dimiliki bayi semakin sempit karena dia tumbuh semakin besar. 

Trimester Ketiga

Baby, Belly, Body, Child, Expectant, Female, HealthKapan waktu USG yang baik selanjutnya? Yakni di trimester tiga utamanya pada usia kehamilan 33-36 minggu. 

Di waktu ini, Sobat Bidan bisa melakukan pemotretan wajah bayi jika posisinya sesuai. Tapi, kepadatan di rahim juga akan membuat Sobat Bidan agak kesulitan mengenali bagian gambar secara menyeluruh.


Saat ini Sobat Bidan juga bisa melihat apakah janin sudah siap untuk lahir atau belum. Seperti apakah kepalanya sudah mulai memasuki pelvik, berat badannya sesuai atau tidak, apakah plasenta normal atau tidak, dan sebagainya.

Nah, masih bingung kapan waktu yang baik untuk USG? Tentu sudah tidak, dong, ya! Semoga kehamilannya sehat-sehat selalu dan lancar proses bersalinnya, ya, Sobat Bidan!


Salam sayang,




Tips mencegah keputihan, begini lho!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Apakah Sobat Bidan sering mengalami keputihan? Yang satu ini memang mengganggu banget, ya. Bikin hari-hari dan kegiatan semakin gak nyaman. Ada beberapa penyebab keputihan, seperti kebersihan miss-v yang kurang, juga karena adanya penyakit tertentu.

Nah, gimana sih, tips mencegah keputihan yang bisa dilakukan? Sobat Bidan sudah ada di laman dan artikel yang tepat, so ... keep stay tune sampai selesai, ya!

Menjaga Kebersihan Miss-v

Yang satu ini adalah tips mencegah keputihan yang pertama. Miss-v memang bagian yang sangat rentan terinfeksi berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan keputihan. Karenanya, menjaga kebersihan daerah ini adalah hal yang sangat penting.

Membersihkan miss-v menggunakan sabun pembersih apakah dibolehkan? Sobat Bidan bisa membacanya di sini, ya! 

Tapi, jangan sampai juga membersihkan miss-v dengan sabun mandi. Ini bisa membuat pH di miss-v jadi tidak seimbang dan malah menyebabkan keputihan. pH miss-v ada dalam kisaran 3,8 - 4,5 saja. Sedang pH sabun mandi biasanya antara 7-8. Gak seimbang, kan?

Selain itu, kebersihan saat menstruasi juga harus ekstra diperhatikan. Jangan pelit ganti pembalut, gantilah setiap 4 jam sekali atau ketika pembalut sudah penuh. Ini untuk menghindari perkembangbiakan bakteri di area miss-v. 

Penting dicatat juga untuk Sobat Bidan yang biasa mengeringkan area tersebut setelah pipis. Sekalah dari bagian depan miss-v ke daerah anus, bukan sebaliknya. Ini juga untuk menghindari adanya bakteri yang ikut terbawa masuk ke miss-v.

Massage Therapy, Essential Oils, Skincare, Spa
Jangan sembarang pakai sabun

Perhatikan Jadwal Ganti CD

CD atau celana dalam juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi keputihan. Gantilah CD 2-3 kali sehari. Ini akan menghindarkan bakteri untuk tinggal di miss-v. Selain itu, bau tidak sedap juga bisa terhindarkan dengan sering mengganti CD yang bersih. 

Pilih juga bahan CD yang nyaman seperti katun dan membuat miss-v bisa bernapas sehingga tidak lembap. Daerah yang lembap bisa meningkatkan risiko keputihan, lho! 

Jangan pula sering-sering memakai celana yang ketat seperti jeans dan lainnya. Ini akan membuat miss-v mudah teriritasi yang mengakibatkan keputihan. Ngeri-ngeri sedap, kan?

Melakukan Hubungan Seks yang Aman

Apa hubungannya dengan keputihan, Bu Bidan? Lho, jelas ada apa-apanya, dong! Ada banyak penyakit menular seksual yang bisa ditularkan melalui hubungan intim. Sebut saja gonorhae, klamidia, sifilis, bahkan HIV. 

Bed, Sleeping, Couple, Covered, Cover, White, Two
Lakukan hubungan intim yang aman
Salah satu gejala dari penyakit-penyakit menular seksual ini adalah keputihan yang berbau dan berwarna keruh. Jadi, jika Sobat Bidan mengetahui bahwa pasangan mempunyai penyakit menular seksual, berhubunganlah dengan aman, seperti dengan mengenakan kondom. 

Rutin Periksa Serviks

Untuk wanita di antara usia 25-64 tahun yang sudah aktif melakukan hubungan seks, maka pemeriksaan serviks rutin hukumnya wajib. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mendeteksi adakah perubahan yang tidak normal pada leher rahim atau serviks.

Jika ada keputihan, PMS, atau bahkan kanker serviks, ini akan bisa terdeteksi lebih awal dengan pemeriksaan rutin ini. 

Konsumsi Makanan Sehat

Jangan sembarangan makanan masuk tanpa disaring ya, Sobat Bidan. Makanan sangat berpengaruh pada apa pun, termasuk untuk kesehatan miss-v. 

Diet, Calorie Counter, Weight Loss, Health, Food
Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat dengan cairan yang cukup bisa menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah keputihan abnormal. Jus buah dan sayuran, yogurt cranberry, sangat baik untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada miss-v.

Itu dia beberapa tips mencegah keputihan yang harus Sobat Bidan coba. Bagaimana, mudah apa mudah? Mudah, dong, asalkan ada niat, apa sih, yang gak bisa didapat? Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


Minum pil Kb masih kebobolan? Hmm, ini penyebabnya, Buibu!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Sudah minum pil KB bisa kebobolan, kenapa ya? Nah, adakah di antara Sobat Bidan yang pernah menjumpai hal serupa atau bahkan mengalaminya sendiri? Pil KB memang sebuah kontrasepsi yang tingkat kebobolannya bisa dibilang lebih tinggi jika dibandingkan kontrasepsi jangka panjang.

Tapi, sebenarnya kalau Buibu mematuhi tata cara minum pil ini dengan benar, risiko kebobolan juga akan bisa diminimalisir. Ternyata, ada beberapa faktor penyebab kenapa sudah minum pil KB bisa kebobolan, lho! 

Simak postingan ini sampai selesai ya, Buibu!

Kesalahan Teknis

Yang pertama dan menjadi penyebab paling sering dari kebobolan KB pil ini ada dalam masalah teknis alias tata cara minumnya. Hayo, siapa yang suka minum pil KB sesuka hati? Buibu, sudah ada aturan tersendiri untuk minum pil ini, yaitu harus rutin setiap hari di jam yang sama.

Kalau aturan itu dilanggar terus, ya risiko kebobolan tentu akan semakin tinggi. Biasanya, Buibu beralasan dengan siklus haid yang tidak teratur, jadi minum pil KB semaunya saja mengandalkan siklus haidnya. 

Medicine, Pills, Blood Pressure, Hypertension, Capsule
Kesalahan teknis yang umum
Ada juga yang punya pikiran bahwa pil KB ini cukup diminum ketika akan berhubungan intim saja. Nah lho, kalau testpack sudah bergaris dua, baru deh, protes ke Bu Bidan. Pusing, kan?

Tata cara minum pil KB yang benar, baca di sini, ya!

Mengkonsumsi Obat Lain

Mungkin Buibu masih belum menyadari hal yang satu ini. Tapi, minum pil KB dibarengi minum obat lain dalam waktu yang bersamaan bisa menjadi penyebab kebobolan. Kenapa, kok bisa begitu?

Karena, dua jenis obat yang diminum dalam waktu yang sama nantinya akan berinteraksi. Ini berlaku bagi obat apa saja, ya, Buibu. Apa lagi pil KB yang punya misi khusus, tentu kinerjanya jadi akan terganggu karena kinerja obat lain tersebut.

Kalau lagi sakit bagaimana, Bu Bidan, kan harus minum obat lain juga? Nah, ada baiknya Buibu mengkonsultasikan pada dokter bahwasanya Buibu sedang ber-KB pil. Biasanya, antibiotik lah yang paling berpengaruh pada kinerja pil KB ini.

Girl, Woman, People, Holding, Yogurt, Yoghurt, Fit
Makanan dan obat lain bisa pengaruhi pil KB
Pastikan juga Buibu tidak mengkonsumsi pil KB dan obat tersebut dalam waktu yang bersamaan. Misal minum obatnya 3 kali sehari, ambil jeda waktu di antara itu untuk minum pil KB. Atau bisa juga minum obatnya yang disesuaikan dengan jadwal minum pil KB.

Perubahan Suhu Penyimpanan

Yang satu ini juga bisa menjadi salah satu penyebab ketika sudah minum pil KB bisa kebobolan. Suhu yang tepat untuk penyimpanan pil ini ada dalam suhu kamar yakni sekitar 25 derajat celsius ya, Buibu.

Ada pun perubahan suhu yang ekstrem bisa membuat khasiat pil KB menjadi menurun bahkan tidak aktif. Misalnya saja, Buibu baru menaruh pil KB di mobil atau motor yang cenderung panas. Kemudian, Buibu masuk ke ruangan ber-AC untuk waktu yang lumayan lama (tentu sambil bawa pil KB-nya, ya). 

Nah, perubahan suhu yang begini ini yang menjadikan khasiat pil jadi berubah. 

Makanan Tertentu

Tidak hanya faktor di atas, rupanya ada juga makanan yang bisa mengubah khasiat dari pil KB ini. Makanan-makanan tersebut adalah makanan yang berpengaruh pada hormon tubuh.

Apa saja, sih? Yoghurt, ubi, kacang kedelai, dan licorice contohnya. Tapi, asalkan Buibu tidak makan makanan tersebut secara berlebihan, risiko kebobolan tidak akan terlalu mengancam, kok!

Rokok

Non Smoking, Cigarette Box, Cigarettes, Hands, Reject
Jangan merokok!
Dilihat dari mana saja, yang satu ini memang tidak ada baiknya, ya. Buibu yang punya kebiasaan merokok dan ber-KB pil, bisa dibilang sia-sia saja dan malah cenderung membahayakan.

Nikotin yang ada dalam rokok ketika bertemu dengan kandungan pil KB, bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Selain itu, khasiat dari pil KB juga akan sama sekali tidak berfungsi jika kebiasaan merokok ini tidak dihentikan.

Sudah ketemu jawabannya belum, kenapa sudah minum pil KB bisa kebobolan? Yuk, segera perbaiki lagi tata cara minum pil KB-nya supaya tidak ada lagi yang mengeluh kebobobolan karena pil KB.

Semoga postingan ini bermanfaat ya, Buibu!

Salam Sayang,