Penting! Begini Tips Supaya Bayi Tetap Hangat di Musim Penghujan

Di musim hujan, bayi harus tetap hangat. 
Begini tips jaga kehangatan bayi di musim hujan ini.


Selamat siang, Sobat Bidan!

Bulan November telah tiba, ya. Salah satu bulan yang dijuluki dengan November Rain ini memang perlu diwaspadai. Pasalnya, setelah beberapa saat lalu mengalami kemarau panjang, hari-hari hujan di bulan ini bisa membuat tubuh drop.

Apalagi untuk Sobat Bidan yang masih punya bayi, tentu kehangatan bayi harus tetap terjaga di musim penghujan seperti ini, karena si kecil rentan mengalami hipotermi. Nah, simak postingan ini sampai selesai untuk panduan menjaga kehangatan si kecil selama musim hujan.

Jagalah Kebersihan si Kecil

Tips pertama adalah menjaga kebersihan si kecil. Meskipun kuman ada di musim kemarau mau pun musim hujan, tapi di musim hujan seperti ini lebih rentan. Pasalnya, banyak genangan-genangan air kotor yang tentu mengandung banyak kuman.

Karena itu, sebelum menyentuh si kecil hendaknya siapa pun mencuci tangannya lebih dulu. Mandikan pula si kecil setiap hari seperti hari-hari biasa, serta cucilah pakaiannya dengan cairan desinfektan khusus untuk bayi.

Baby, Pink, Dress, Girl, Adorable, Kid
Pastikan pakaiannya kering

Pakaian yang Kering

Tips selanjutnya untuk menjaga bayi tetap hangat selama musim hujan adalah memastikan pakaian yang dipakai si kecil benar-benar kering. Di musim hujan begini, biasanya pakaian masih akan terasa lembap, yang jika dipakaikan bisa menyebabkan si kecil terkena batuk pilek. Seterikalah lebih dulu pakaian bayi sehingga tidak lembap lagi.

Ganti Popok Lebih Sering

Selanjutnya, untuk menjaga si kecil tetap hangat di bulan-bulan ini adalah sering-sering mengganti popoknya. Jangan lupa untuk mengoleskan krim pencegah ruam popok. Jika bayi pup, maka segeralah ganti popoknya, jangan ditunda-tunda karena bisa menyebabkan lembap dan kedinginan. 

Diapers, Cloth, Reusable, Baby, Newborn, Nappy, Infant
Jangan tunda ganti popok
Jika pun si kecil tidak buang kotoran, maka gantilah popok setiap 2-3 jam sekali supaya tidak iritasi. Kalau misalnya si kecil terkena ruam, pilihlah salep atau krim yang mengandung zinc oxide dan oleskan di bagian ruam tersebut tipis-tips.

Kenakan Baju Berlapis

Hal ini tentu dilihat sesuai kebutuhan ya, Sobat Bidan. Jika si kecil seperti kegerahan, maka boleh-boleh saja memakai baju yang adem, bahkan menyalakan kipas atau AC. Namun, jika perut bayi terasa dingin, maka pakaikanlah baju berlapis.

Jangan lupa pula untuk selalu menutup bagian kepala bayi dengan topi dan kaki bayi dengan kaus kaki. Untuk bahan kain rekomendasi, sebaiknya pilihlah pakaian bayi berbahan katun.

Blanket Everywhere

Kid, Baby, Mammy, Infant, Child, Stroller
Bawa selimut ke mana saja
Khususnya saat jalan-jalan, baik digendong mau pun di stroller-nya, pastikan si kecil tetap tertutup selimut setinggi dada. Untuk kenyamanannya, pilihlah selimut dengan bahan katun ringan.

Bedong

Meski terdengar tradisional, tapi cara ini ampuh untuk menjaga bayi tetap hangat selama musim hujan. Apalagi, kain bedong rupanya hampir mirip dengan kondisi di dalam rahim, yang diyakini bisa membuat si kecil lebih tenang dan tidak rewel.

Cegah si Kecil dari Flu

Flu, batuk, dan pilek adalah penyakit yang rentan menyerang si kecil terutama di musim penghujan seperti ini. Karena itu, Sobat Bidan harus bisa mencegah supaya bayi tidak terkena flu. Jangan berada di luar rumah lama-lama, karena perubahan temperatur di musim hujan ini bisa menyebabkan kekebalan tubuh si kecil menurun. Berikanlah ASI adekuat, juga pastikan dia selalu hangat dan berada di tempat yang kering.

Hangatkan Saat Kedinginan

Baby, Child, Cute, Dad, Daddy, Family
Pastikan selalu hangat
Jika si kecil mulai menggigil saat diajak jalan-jalan keluar misalnya, maka segeralah hangatkan tubuhnya kembali. Jangan sesekali menggosok kulit si kecil ya, Sobat Bidan, karena itu bisa merusak kulit.

Gunakanlah waslap yang dicelup air hangat untuk menghangatkan lagi kulit si kecil. Setelah itu keringkan dan pakaikan baju yang kering.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Sobat Bidan terapkan untuk menjaga kehangatan bayi selama musim penghujan. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam Sayang,



2 comments: