Jangan Sepelekan, Ini Tandanya Tubuh Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. 
Seperti apa tanda-tandanya?


Selamat siang, Sobat Bidan!

Zat besi merupakan salah satu komponen yang penting bagi tubuh kita. Jika asupan zat besi ini lengkap, maka tubuh akan terhindar dari defisiensi zat besi yang bisa berujung pada anemia. Maka dari itu, Sobat Bidan tidak boleh menganggap enteng zat besi ini.

Nah, begitu pula jika tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka akan memberikan sinyal atau tanda-tanda yang bisa dideteksi. Tanda-tandanya kaya gimana aja sih, Bu Bidan? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Lebih Mudah Lelah

Lelah yang diakibatkan karena kekurangan zat besi tentu beda dengan lelah sehabis melakukan kerja berat. Lelah karena kekurangan zat besi disertai dengan gejala lain seperti lemas, mudah marah, juga sulit konsentrasi. 

Orang yang kurang asupan zat besinya mudah lelah karena asupan oksigen ke seluruh tubuh tidak maksimal. Karena kurangnya zat besi, sel darah yang membawa oksigen ke organ tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. Itulah kenapa Sobat Bidan akan lebih sering merasa lelah, sakit kepala, dan tidak bersemangat.

Person, Little, Boy, Kid, Child, Inside, Train, Rail
Lebih mudah lelah

Sesak Napas

Jangan remehkan gangguan yang satu ini, ya. Sesak napas bisa menjadi ciri seseorang mengalami kekurangan zat besi. Seperti penjelasan tadi, bahwa oksigen tidak akan tersalur sepenuhnya ke seluruh organ, termasuk juga untuk organ pernapasan. 

Akibatnya, otot-otot pernapasan tidak bekerja optimal karena kekurangan suplai oksigen. Napas pun menjadi semakin cepat dan ujung-ujungnya sesak. 

Wajah Terlihat Pucat

Ini juga merupakan salah satu tanda seseorang mengalami kekurangan zat besi. Wajah akan terlihat lebih pucat dari biasanya karena kekurangan hemoglobin. Akibatnya, rona merah pada kulit pun akan berkurang.

Sobat Bidan bisa mendeteksinya dengan melihat bagian dalam dari kelopak mata bawah. Jika tidak semerah biasanya atau cenderung berwarna keputihan, itu pertanda zat besi masih kurang. Bisa juga lihat melalui gusi, jika terlihat pucat dan tidak semerah orang yang sehat, berarti asupan zat besi perlu ditambah lagi.

Lidah Membengkak

Warna lidah dipengaruhi oleh sel darah merah. Jika lidah pucat, berarti zat besi di tubuh masih kurang. Begitu pula saat suplai oksigen berkurang, maka otot-otot pada lidah akan menjadi bengkak dan nyeri rasanya. Tak hanya itu, bagian dari sisi-sisi mulut juga akan terlihat pecah-pecah lho, Sobat Bidan!

Rambut Rontok

Hair, Hairdresser, Make-Up, Salon, Maintenance, Woman
Rambut rontok ciri kekurangan zat besi
Penyebab kerontokan rambut mungkin memang beragam, tapi kekurangan zat besi apalagi sudah mencapai tahap anemia adalah hal yang patut diwaspadai. Jika rambut rontok lebih dari seratus helai per harinya dan tidak cepat tumbuh lagi, itu termasuk indikasi anemia.

Folikel rambut akan kekurangan oksigen saat tubuh kekurangan zat besi. Tubuh hanya akan mengerahkan zat besi pada organ-organ penting sehingga rambut tidak kebagian. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah sekali rontok.

Lebih Mudah Terkena Infeksi

Zat besi adalah salah satu zat yang membentuk sistem imun tubuh, yakni sel darah putih. Saat keberadaannya dalam tubuh pas-pasan atau malah kurang, tentu produksi sel darah putih jadi terhambat. Akibatnya, Sobat Bidan akan lebih mudah terkena infeksi, dan lebih rentan sakit.

Ekstremitas Terasa Dingin

Mungkin kekurangan zat besi tidak menunjukkan gejala-gejala yang sangat terlihat. Namun, jika sudah semakin parah, maka gejala yang satu ini bisa muncul. Telapak tangan dan kaki akan terasa dingin tanpa sebab tertentu.
People, Man, Adult, Hands, Child, Toddler, Father
Tangan dan kaki terasa dingin

Nah, itu dia beberapa tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi. Selain itu, masalah pada jantung juga bisa saja terjadi. Sering pusing, bentuk kuku yang berubah seperti sendok juga merupakan gejala kekurangan zat besi.

Bagaimana pencegahannya? Tentu saja dengan makan-makanan yang mengandung zat besi, ya. Jangan lupa juga untuk minum tablet besi agar terhindar dari defisiensi zat besi ini. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam Sayang,


No comments:

Post a Comment