Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Jelang Persalinan, Sobat Bidan Wajib Tahu

Banyak hal yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan karena berbahaya bagi ibu dan janin. Apa saja?


Selamat siang, Sobat Bidan!

HPL sebentar lagi tiba? Wah, deg-degan tapi juga tidak sabar lagi ya, rasanya. Akhirnya penantian selama 9 bulan akan berakhir dan Sobat Bidan akan bisa memeluk si kecil dalam gendongan.

Selain menyiapkan berbagai perlengkapan persalinan, ada juga hal lain yang perlu diperhatikan menjelang HPL ini. Hal-hal tersebut khususnya yang tidak boleh Sobat Bidan lakukan menjelang persalinan, karena bisa berbahaya bagi Sobat Bidan mau pun janin dalam kandungan.

Apa saja? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Beraktivitas Berat

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan jelang HPL adalah melakukan aktivitas yang berat-berat. Kegiatan yang melelahkan seperti bersih-bersih rumah, mengangkat beban, atau berdiri terlalu lama sebaiknya dihindari.

Lakukan koordinasi yang baik dengan suami atau rekan kerja supaya mereka mau membantu tugas Sobat Bidan, ya. Sebaiknya, di kehamilan tua ini Sobat Bidan lebih banyak bersantai dan melakukan pekerjaan yang ringan-ringan saja seperti membaca buku atau olahraga ringan.

Makan Terlalu Banyak

Piza, Food, Cheese, Plate, Lunch, Hungry, Vegetables
Jangan makan sembarangan
Makan dan minum memang penting sebagai asupan gizi supaya pada saat bersalin nanti Sobat Bidan memiliki energi yang cukup, mengingat persalinan adalah hal yang melelahkan. Namun, jangan pula makan terlalu banyak di kehamilan tua.

Selain bisa melonjakkan berat badan bayi dan menjadi penyebab terhambatnya proses bersalin, makan terlalu banyak juga akan membuat Sobat Bidan justru menjadi lesu dan tidak aktif.

Hindari juga makan makanan yang merupakan pantangan bagi ibu hamil, seperti yang telah dijelaskan di sini.

Traveling

Jika kehamilan sudah mendekati HPL, alangkah baiknya jika Sobat Bidan menghindari dulu kegiatan traveling atau melakukan perjalanan jauh. Meski naik moda transportasi umum sekelas pesawat pun, tapi Sobat Bidan akan rentan mengalami kelelahan. Sebaiknya tenaganya disimpan saja untuk proses bersalin nanti, ya!
Travel, Suitcase, Girl, Trip, Vacation, Journey, Bag
Hindari traveling

Stres

Menjelang persalinan adalah momen yang bisa membuat Sobat Bidan cemas, khawatir, takut, dan perasaan campur aduk lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pemicu stres jika tidak dikelola dengan baik.

Sementara, stres pada ibu hamil bisa juga membuat janin di dalam kandungan ikut stres. Akibatnya, detak jantung janin bisa meningkat, gerakannya tidak seaktif biasanya, dan lain-lain. Tenangkan pikiran dan kontrol emosi, bisa dengan latihan kombinasi seperti yoga dan latihan napas.

Olahraga Berlebihan

Olahraga ringan menjelang persalinan memang baik, tapi jangan juga sampai berlebihan karena ini justru akan berdampak buruk bagi ibu dan janin. Latihan kombinasi yang dianjurkan, tentu dengan ahlinya, ya!
Pregnant, Woman, Exercise, Physical, Fitness, Health
Lakukan latihan kombinasi

Melakukan Tindakan Tanpa Anjuran Medis

Hal yang satu ini juga tidak boleh dilakukan menjelang persalinan. Hal-hal tradisional yang belum jelas pengaruh serta dampaknya untuk ibu dan janin sebaiknya tidak dilakukan. Jika ada keluhan, segera saja hubungi bidan atau dokter kandungan yang biasa memeriksa kandungan Sobat Bidan. 

Nah, itu dia beberapa hal yang tidak boleh dilakukan menjelang persalinan. Bagaimana, sudah siap ya, Sobat Bidan. Semoga persalinannya lancar, sehat-sehat ibu dan bayinya.

Salam sayang,

2 comments:

  1. Kebangetan yah kalo sampe masih traveling udah mau lahiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe asal nggak jauh-jauh nggak papa kok, bang, biar gak jenuh juga sih...

      Delete