Mengenal Kolostrum dan Manfaatnya Bagi Bayi

Kolostrum adalah cairan ASI yang kaya manfaat. Apa saja manfaatnya untuk bayi?


Selamat siang, Sobat Bidan!

Setelah melahirkan, mungkin ASI memang masih keluar dalam jumlah yang sedikit, ya. Nah, biasanya ASI yang baru pertama keluar ini cairannya agak kental dan berwarna lebih pekat, sehingga disebut cairan ASI yang kotor oleh orang zaman dulu.

Waduh, padahal itulah yang dinamakan dengan kolostrum. Jangan bilang cairan itu kotor dan dibuang ya, ruginya bukan main, lho! Justru, kolostrum ini punya manfaat yang sangat besar untuk bayi karena cuma keluar sebentar saja, antara 1-3 hari pasca bersalin.

Apa saja manfaatnya? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Antibodi yang Tidak Terganti

Salah satu manfaat dari kolostrum adalah sebagai antibodi untuk si kecil. Kenapa? Karena di dalamnya, terkandung zat kekebalan, utamanya IgA atau immunoglobulin. Zat ini bisa melindungi si kecil dari serangan bakteri mau pun infeksi yang sering terjadi seperti infeksi tenggorokan, usus, sampai paru-paru. 

Selain itu, immunoglobulin juga bisa berfungsi untuk menambal usus si kecil yang belum sempurna terbentuk. Ini akan membantu mencegah diare pada bayi. Sayang sekali jika kolostrum dibuang begitu saja mengingat kandungan antibodinya yang sangat tinggi.

Bantu Keluarkan Bilirubin

Bayi yang baru lahir rentan sekali terkena penyakit kuning karena kadar bilirubin yang tinggi di dalam tubuhnya. Tahukah Sobat Bidan, kolostrum ini bisa bertindak sebagai pencahar yang alami bagi bayi. Gunanya, untuk mengeluarkan bilirubin yang ada di dalam mekonium atau feses si kecil.

Artinya, dengan dorongan dari kolostrum, kotoran si kecil yang masih mengandung mekonium akan keluar dengan lancar. Ini tentu saja dapat membantu mencegah bayi dari ikterus atau kuning pada BBL.

Baby Feet, Heart, Love, Mother
Lindungi bayi dengan kolostrum

Gizi yang Pas untuk Bayi

Manfaat selanjutnya dari kolostrum adalah untuk memenuhi gizi yang tepat untuk si kecil. Di dalam kolostrum terkandung zat berupa lemak yang rendah dan karbohidrat yang pas sekali dengan kebutuhan bayi pasca dilahirkan.

Selain itu, kolostrum ini juga mengandung enzim yang bisa membantu mematangkan saluran pencernaan si kecil supaya bisa berfungsi dengan efektif. Dengan memberikan kolostrum, kuman serta bakteri jahat lainnya akan susah menginfeksi saluran pencernaan si kecil.

Kandungan Zat Penting

Kolostrum juga mengandung bermacam zat yang sangat penting untuk tumbuh kembang organ vital si kecil. Sebut saja kalium, natrium dan kolesterol yang penting sekali untuk perkembangan otak, sistem saraf pusat, juga jantung si kecil.

Jika ASI Keluar Sebelum Bersalin?

Pertanyaan ini juga sering ditanyakan. Kadang, ibu hamil sudah mengeluarkan cairan ASI mendekati masa persalinan, karena ASI sendiri memang sudah diproduksi oleh tubuh sejak minggu ke-16 kehamilan.

Tenang, itu hanyalah cairan ASI yang memang keluar saat kehamilan. Apakah kolostrumnya masih ada atau ter-skip begitu saja karena ASI yang sudah keluar ini?

Kolostrum akan tetap keluar meski Sobat Bidan sudah mengeluarkan ASI selama hamil. Dikarenakan, kolostrum memang diproduksi sesaat setelah bayi dilahirkan. Jadi, tidak perlu cemas bayi akan melewatkan kolostrumnya.

Baby, Child, Cute, Baby Girl, Sleeping
Jangan lewatkan kolostrum


Jika Tidak Diberikan Pada Bayi?


Menilik manfaatnya yang begitu banyak di atas, tentu bayi yang tidak diberi kolostrum akan memiliki ketahanan tubuh yang lebih ringkih. Ibaratnya, kolostrum merupakan imunisasi pertama si kecil. Jadi, jangan disia-siakan dengan membuang cairan pekat ini, ya!

Itu dia ulasan mengenai manfaat kolostrum bagi bayi. Bagaimana, masih ragu memberikannya, Sobat Bidan? Wah, jangan sampai, ya!

Salam Sayang,




No comments:

Post a Comment