Boleh Ajak Bayi Berenang Usia Berapa? Ini Penjelasan dan Tips Amannya, Sobat Bidan

Bayi berenang usia berapa? Apa saja tips supaya aman dan nyaman? 
Simak di sini!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Mengajak bayi berenang usia berapa ya, tepatnya? Mengajak si kecil berenang memang mengasikkan, ya, Sobat Bidan. Memang, berenang punya banyak manfaat lho, untuk bayi! Beberapa manfaat berenang untuk si kecil tersebut, antara lain :
  • Meningkatkan kemampuan motorik dan keseimbangan si kecil
  • Bisa lebih cepat mempelajari gerakan menggenggam dan menjangkau benda
  • Aspek mental dan fungsi kognitif berkembang lebih baik
  • Merangsang jutaan saraf baru pada otak
Berdasarkan penelitian, bayi yang sering diajak berenang akan lebih cepat perkembangannya. Mereka akan lebih cepat bicara hingga 11 bulan di atas usianya. Kemampuan berhitung pun lebih cepat hingga 6 bulan di atas usianya, dan memiliki pemahaman soal arah sampai 20 bulan di atas usianya. 

Hal ini disebabkan, ketika mereka turun ke air, maka tubuhnya akan secara naluriah bergerak seperti menendang atau mengayuh lengannya. Inilah yang akan menumbuhkan saraf-saraf otak yang baru.

Bayi Berenang Usia Berapa?

Ini tentu tidak boleh sembarangan ya, Sobat Bidan. Bayi baru diperbolehkan berenang ketika usianya sudah mumpuni.

Menurut penelitian, bayi baru boleh diajak berenang saat usianya sudah menginjak satu tahun. Ini pun hanya sekadar untuk pembiasaan di dalam air saja. 


Tentunya, Sobat Bidan juga harus memperhatikan tumbuh kembang si kecil untuk mulai mengajaknya berenang. Karena tumbuh kembang seorang anak pasti berbeda-beda. Untuk usia yang ideal adalah saat anak sudah berusia empat tahun.

Tips Mengajak si Kecil Berenang

Nah, untuk mengajak si kecil berenang ada juga tipsnya, ya. Sobat Bidan harus memastikan bahwa si kecil aman dan nyaman. Berikut beberapa di antaranya :

Biasakan dengan Berendam Lebih Dulu

Ini penting sebelum mengajak si kecil berenang. Sering-seringlah merendam bayi di kolam karet yang kecil. Ini bertujuan untuk membiasakan dirinya dengan air.

Suhu Kolam Harus Hangat

Tips kedua adalah dengan memastikan suhu air di kolam hangat. Suhu yang ideal untuk si kecil adalah 32 derajat celsius. Mengajaknya berenang di bawah sinar matahari juga bisa untuk menjaganya tetap hangat. Jangan lupa siapkan susu atau air putih hangat untuknya setelah selesai berenang.

Jangan Pakai Pelampung

Kenapa? Dengan pelampung, posisi si kecil akan cenderung mengambang dengan tegak. Padahal, posisi berenang yang baik adalah dengan berbaring. Pelampung juga hanya akan memberikan kenyamanan palsu pada si kecil dan membuat gerakannya jadi tidak leluasa.

Pakai Popok Khusus

Sekarang sudah ada popok sekali pakai khusus untuk berenang si kecil. Popok ini tidak akan bocor di dalam air, meski si kecil sudah pipis atau pup.

Child, Clear Water, Fun, Kid, Leisure, Little, Swimming

Ikut Berenang

Sebagai orangtua, Sobat Bidan tentu ingin memberi dukungan moral pada si kecil. Lakukan hal itu dengan ikut berenang atau setidaknya turun ke kolam bersamanya. Ini akan membuat si kecil merasa lebih aman dan nyaman. 

Pegang si Kecil

Menahan bagian belakang kepala dan pantat si kecil yang berbaring telentang di kolam adalah posisi terbaik baginya untuk belajar berenang. Saat dia sudah nyaman, Sobat Bidan bisa menggendongnya dengan cara memegangi bagian bawah lengan atau ketiak. Kemudian, ayunkan tubuh si kecil agar dia belajar menendang-nendang.

Untuk mengajarinya menyelam, cukup dengan mencontohkan membuat gelembung di dalam air. Si kecil pasti akan mengikuti hal itu selain secara naluri dia juga pasti akan belajar menahan napas. Ini akan menghindarkannya tersedak air. 

Ingat Waktu

Untuk tahapan awal, 10 menit berendam saja sudah cukup untuk membuat si kecil terbiasa. Keluarlah dari kolam sampai beberapa saat, kemudian baru masuk lagi. Jangan sampai bayi berada di kolam sampai 30 menit. Ini penting untuk menghindarkannya dari kedinginan atau iritasi kulit karena bahan kimia yang ada di kolam renang. 

Itu dia seputar tips untuk mengajak si kecil berenang, Sobat Bidan. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


No comments:

Post a Comment