Begini Tips Mencegah Keputihan, Sobat Bidan Harus Coba!

Tips mencegah keputihan, begini lho!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Apakah Sobat Bidan sering mengalami keputihan? Yang satu ini memang mengganggu banget, ya. Bikin hari-hari dan kegiatan semakin gak nyaman. Ada beberapa penyebab keputihan, seperti kebersihan miss-v yang kurang, juga karena adanya penyakit tertentu.

Nah, gimana sih, tips mencegah keputihan yang bisa dilakukan? Sobat Bidan sudah ada di laman dan artikel yang tepat, so ... keep stay tune sampai selesai, ya!

Menjaga Kebersihan Miss-v

Yang satu ini adalah tips mencegah keputihan yang pertama. Miss-v memang bagian yang sangat rentan terinfeksi berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan keputihan. Karenanya, menjaga kebersihan daerah ini adalah hal yang sangat penting.

Membersihkan miss-v menggunakan sabun pembersih apakah dibolehkan? Sobat Bidan bisa membacanya di sini, ya! 

Tapi, jangan sampai juga membersihkan miss-v dengan sabun mandi. Ini bisa membuat pH di miss-v jadi tidak seimbang dan malah menyebabkan keputihan. pH miss-v ada dalam kisaran 3,8 - 4,5 saja. Sedang pH sabun mandi biasanya antara 7-8. Gak seimbang, kan?

Selain itu, kebersihan saat menstruasi juga harus ekstra diperhatikan. Jangan pelit ganti pembalut, gantilah setiap 4 jam sekali atau ketika pembalut sudah penuh. Ini untuk menghindari perkembangbiakan bakteri di area miss-v. 

Penting dicatat juga untuk Sobat Bidan yang biasa mengeringkan area tersebut setelah pipis. Sekalah dari bagian depan miss-v ke daerah anus, bukan sebaliknya. Ini juga untuk menghindari adanya bakteri yang ikut terbawa masuk ke miss-v.

Massage Therapy, Essential Oils, Skincare, Spa
Jangan sembarang pakai sabun

Perhatikan Jadwal Ganti CD

CD atau celana dalam juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi keputihan. Gantilah CD 2-3 kali sehari. Ini akan menghindarkan bakteri untuk tinggal di miss-v. Selain itu, bau tidak sedap juga bisa terhindarkan dengan sering mengganti CD yang bersih. 

Pilih juga bahan CD yang nyaman seperti katun dan membuat miss-v bisa bernapas sehingga tidak lembap. Daerah yang lembap bisa meningkatkan risiko keputihan, lho! 

Jangan pula sering-sering memakai celana yang ketat seperti jeans dan lainnya. Ini akan membuat miss-v mudah teriritasi yang mengakibatkan keputihan. Ngeri-ngeri sedap, kan?

Melakukan Hubungan Seks yang Aman

Apa hubungannya dengan keputihan, Bu Bidan? Lho, jelas ada apa-apanya, dong! Ada banyak penyakit menular seksual yang bisa ditularkan melalui hubungan intim. Sebut saja gonorhae, klamidia, sifilis, bahkan HIV. 

Bed, Sleeping, Couple, Covered, Cover, White, Two
Lakukan hubungan intim yang aman
Salah satu gejala dari penyakit-penyakit menular seksual ini adalah keputihan yang berbau dan berwarna keruh. Jadi, jika Sobat Bidan mengetahui bahwa pasangan mempunyai penyakit menular seksual, berhubunganlah dengan aman, seperti dengan mengenakan kondom. 

Rutin Periksa Serviks

Untuk wanita di antara usia 25-64 tahun yang sudah aktif melakukan hubungan seks, maka pemeriksaan serviks rutin hukumnya wajib. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mendeteksi adakah perubahan yang tidak normal pada leher rahim atau serviks.

Jika ada keputihan, PMS, atau bahkan kanker serviks, ini akan bisa terdeteksi lebih awal dengan pemeriksaan rutin ini. 

Konsumsi Makanan Sehat

Jangan sembarangan makanan masuk tanpa disaring ya, Sobat Bidan. Makanan sangat berpengaruh pada apa pun, termasuk untuk kesehatan miss-v. 

Diet, Calorie Counter, Weight Loss, Health, Food
Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat dengan cairan yang cukup bisa menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah keputihan abnormal. Jus buah dan sayuran, yogurt cranberry, sangat baik untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada miss-v.

Itu dia beberapa tips mencegah keputihan yang harus Sobat Bidan coba. Bagaimana, mudah apa mudah? Mudah, dong, asalkan ada niat, apa sih, yang gak bisa didapat? Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


No comments:

Post a Comment