Ini Lho, Berbagai Penyebab Ruam Popok Pada Bayi dan Penanganannya

Penyebab ruam popok pada bayi ternyata bermacam-macam. Begini penanganannya!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Ruam popok pada si kecil memang menjadi masalah yang membuat was-was ya, Sobat Bidan. Tetap tenang, hal ini bisa diatasi sendiri sebelum si kecil dibawa ke dokter. Nah, sebelum itu, ketahui dulu apa sih, penyebab ruam popok pada bayi ini?

Terus penanganannya bagaimana Bu Bidan? Sabar, pertanyaan itu akan terjawab, kok! Tetap kepoin postingan ini sampai selesai, ya!

Penyebab Ruam Popok Pada Bayi

Ternyata oh ternyata, banyak sekali penyebab ruam popok pada si kecil. Berikut beberapa di antaranya :

Popok Sudah Lembap

Meski cuaca sedang tidak menentu begini, jangan pelit untuk mengganti popok bayi ya, Buibu. Apa lagi jika popoknya sudah lembap. Ini akan meningkatkan risiko terjadinya ruam popok. Air pipis bayi yang bercampur dengan pup-nya, akan menyebabkan infeksi bakteri yang nantinya mengiritasi kulit bayi. Inilah yang menyebabkan ruam.

Popok yang Terlalu Ketat

Ini juga tidak baik karena bisa mengakibatkan gesekan di kulit bayi. Kalau sudah begini, iritasi pun akan terjadi. Setelah itu, kulit bayi akan lecet dan menyebabkan terjadinya ruam. Kulit bayi 'kan masih sangat lembut, jadi tergesek sedikit saja akan lecet, Buibu.

Baby, Newborn, Newborn Baby, Cute, Infant, Child
Hindari popok yang ketat

Faktor Makanan 

Ruam bisa juga disebabkan karena faktor makanan. Misalnya saja, si kecil yang sudah diberi MPASI makan buah-buahan asam. Buah jenis ini bisa memengaruhi tekstur pup bayi dan mudah mengiritasi kulit. Ini juga akan berujung pada ruam. Kalau bayi belum diberi MPASI, bisa saja karena makanan yang ibu makan.

Produk Bayi

Penyebab ruam lainnya adalah iritasi terhadap produk bayi. Pastikan membeli produk seperti sabun mandi, bedak, tisu basah, atau minyak telon yang ramah untuk kulit si kecil, ya.

Mengonsumsi Antibiotik

Sifat antibiotik adalah membunuh semua bakteri tanpa pandang bulu, baik bakteri jahat atau bakteri baik. Saat mengonsumsi ini, bakteri kulit yang baik yang bisa mencegah tumbuhnya jamur, akan ikut mati. Bayi jadi mengalami ruam. Begitu pula saat ibu yangs sedang menyusui mengonsumsi antibiotik ini. Bayi akan lebih rentan terkena ruam.

Penanganan Ruam Pada Bayi

Baby, Sleep, Small, Infant, Son, Little, Sleepy
Angin-anginkan bayi
Setelah mengetahui penyebabnya, Buibu harus tahu juga bagaimana penanganan paling tepat untuk ruam popok ini.
  • Pertama, cucilah tangan sampai bersih dengan air mengalir dan sabun sebelum mengganti popok bayi
  • Jangan tunggu sampai popok penuh atau terlalu basah, segera ganti jika sudah lembap dan terkena pup si kecil
  • Area yang tertutup popok, bersihkan dulu dengan air bersih. Menggunakan sabun bayi juga dibolehkan untuk membersihkan kulit bayi setelah selesai pup. Apabila ingin menggunakan tisu basah, maka pastikan bebas alkohol dan parfum
  • Keringkan lebih dulu area yang akan ditutup dengan popok, dengan handuk yang lembut
  • Setelah itu, oleskanlah salep atau krim untuk ruam yang mengandung zinc oxide di area yang ruam. Krim ini bisa Buibu beli meski tanpa resep dokter atau bidan
  • Tunggulah sampai salep tersebut kering, baru bayi boleh dipakaikan popok
Hal-hal yang perlu Buibu lakukan untuk mempercepat penyembuhan ruam popok, antara lain :
  • Jangan menggosok kulit si kecil yang lecet
  • Hentikan pemakaian popok untuk sementara. Angin-anginkan daerah yang terkena ruam akan mempercepat penyembuhan
  • Gunakan popok dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya
  • Jika antara 2-3 hari belum juga sembuh, maka segeralah bawa ke dokter
Nah, itu dia beberapa penyebab ruam popok pada bayi dan cara penanganannya. Bagaimana, Buibu? Semoga sedikit mencerahkan, ya! Sehat-sehat selalu dan nikmati momen hangat bersama si kecil!

Salam sayang,


2 comments:

  1. Kalo saya baca-baca kenapa bisa muncul ruam popok di artikel ini, sepertinya banyak muncul kalau kita pakai diaper ya. Kalau misal pakai popok kain yang jadul banget, yang gabisa nyimpen ompol itu, apa ruam popok juga bisa muncul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Mbak, ruam popok memang umumnya terjadi kalau bayi sering sekali dipakaikan diapers. Nah pakai popok kain sekali kena pipis atau pup langsung ganti itu salah satu cara buat mencegah juga, sih. Kalau kulit bayi gak sensitif banget kemungkinan ruam popok yang terjadi bakal kecil kalau pakai popok kain...

      Delete