Kapan Waktu yang Tepat Melepas IUD?

Ada indikasi yang mengharuskan seorang wanita melepas IUD-nya. Apa saja?


Selamat siang, Sobat Bidan!

Apakah Sobat Bidan termasuk salah satu pengguna KB IUD? Jika iya, sudah tahukah kapan waktu yang tepat untuk melepasnya? Tak hanya itu, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan pasca pelepasan IUD yang telah dilakukan Sobat Bidan.

Nah, postingan kali ini akan membahas seputar pelepasan KB IUD dan hal-hal setelahnya yang perlu Sobat Bidan tahu. Simak sampai selesai, ya!

Kapan Sebaiknya Melepas IUD?

Sesuai jenis dan mereknya, IUD punya jangka waktu expired-nya sendiri-sendiri. Ada yang sampai 8 tahun atau pun 10 tahun. Sebelum masa berlaku tersebut itu habis, Sobat Bidan juga bisa melepasnya kapan saja bila ingin segera hamil lagi.

Namun, ada juga beberapa kondisi yang mengharuskan Sobat Bidan segera melepas IUD. Beberapa kondisi tersebut, antara lain :

  • Apabila tekanan darah tiba-tiba meningkat dan tidak kunjung kembali normal dalam waktu dekat
  • Terkena infeksi radang panggul
  • Terdapat kanker endometrium atau kanker serviks
  • Adanya peradangan yang terjadi pada dinding rahim
  • Masuk pada masa menopause
Nah, jika mengalami hal-hal tersebut, alangkah baiknya jika Sobat Bidan melepas IUD meski belum habis masa berlakunya. Segera pergi ke tempat dulu Sobat Bidan melakukan pemasangan IUD ini dan sampaikan pada dokter atau bidan yang memasang. Kemudian, barulah dilakukan prosedur pelepasan oleh mereka.
Indikasi lepas IUD
Yang Akan Terjadi Setelah Lepas IUD?

Banyak yang bertanya-tanya apakah ada yang akan terjadi setelah Sobat Bidan melepas IUD? Biasanya, perdarahan atau pun kram ringan dapat terjadi selama proses pelepasan berlangsung. Untuk setelahnya juga bisa, tapi paling hanya flek saja. Mungkin bidan atau dokter akan memberikan obat penghilang rasa nyeri untuk mengurangi kram yang terjadi.

Jika ada infeksi, mungkin dokter akan memberi antibiotik atau perawatan yang lain. Jika tidak ada infeksi atau peradangan apa pun, IUD yang baru bisa segera dipasang lagi pada hari yang sama. 

Ada perdarahan ringan
Kapan Boleh Berhubungan Pasca Melepas IUD?

Boleh-boleh saja segera berhubungan intim setelah pelepasan IUD jika Sobat Bidan tidak ada keluhan apa pun. Jika ingin segera hamil, Sobat Bidan tidak perlu menggunakan kontrasepsi yang lain lagi. Kesuburan wanita akan segera kembali setelah IUD ini dilepas.

Namun, jika tidak ingin segera hamil, sebaiknya tunggu dulu sampai 7 hari setelah pelepasan. Atau Sobat Bidan juga bisa menggunakan kontrasepsi yang lain seperti kondom. 

Nah, itu dia serba-serbi yang perlu Sobat Bidan tahu pasca pelepasan IUD. Bagaimana, sudah mantap hamil lagi dan ingin segera dilepas? Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,



No comments:

Post a Comment