Berhubungan Intim Dalam Masa Nifas, Berbahayakah?

Berhubungan intim pasca nifas, kapan dibolehkan?

hubungan seks setelah operasi caesar

Selamat siang, Sobat Bidan!

Hari-hari pasca melahirkan atau yang disebut dengan masa nifas memang melelahkan, ya. Apalagi jika Sobat Bidan adalah ibu baru, tentu butuh adaptasi yang lebih lama lagi. Berbagai pertanyaan pun muncul berkaitan dengan masa nifas ini.

Salah satunya yang mungkin terbersit di benak ibu juga suami adalah: kapan bisa berhubungan intim lagi? Atau bahayakah berhubungan intim dalam masa nifas ini? Postingan kali ini akan membahas tentang hal tersebut. Simak sampai selesai ya, Sobat Bidan!

Berbahayakah?

Dua orang wanita di Amerika meninggal saat berhubungan intim. Diketahui, mereka berhubungan intim dengan suami dalam waktu 5 dan 8 hari setelah bersalin normal. Penyebab kematian kedua wanita ini kemudian ditemukan. Meskipun termasuk kasus yang jarang, namun hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi ibu dan suami.

Apa bahaya yang dapat terjadi dalam kasus tersebut?

Terjadinya emboli

Emboli atau gelembung udara yang masuk saat melakukan hubungan seksual sangat mungkin terjadi. Biasanya saat suami melakukan penetrasi, maka ada gelembung udara yang ikut masuk. Bedanya, karena ibu sedang dalam keadaan nifas, maka sudah pasti ada pembuluh darah yang terbuka. 

Yang menjadi bahayanya adalah apabila gelembung udara tersebut masuk ke dalam pembuluh darah yang terbuka tadi. Ini kemudian dapat menyumbat jantung. Itulah yang menyebabkan terjadinya kematian pada kasus dua wanita tersebut.

Hal yang sama juga terjadi pada saat wanita sedang mengalami menstruasi. Meski sangat jarang kasusnya, namun hal ini bukan tidak mungkin terjadi. Jadi, pikirkan lagi keinginan untuk berhubungan seks dalam dua masa ini, ya.

Hati-hati emboli dan infeksi
Infeksi

Kemungkinan yang bisa disebut bahaya yang lain adalah terjadinya infeksi. Pada saat nifas, sebenarnya sistem reproduksi ibu belum siap sepenuhnya untuk kembali berhubungan intim. Selain keadaannya yang masih mengeluarkan darah, adanya benda asing yang masuk juga akan memicu infeksi. Adanya gesekan akan menimbulkan perlukaan dan bisa-bisa terjadi infeksi di vagina atau pun rahim ibu. 

Kapan Boleh Berhubungan Intim?

Pada masa nifas yang kurang lebih waktunya adalah 42 hari, semua sistem organ yang digunakan pada saat bersalin kemarin sedang dalam proses pemulihan. Selama masa inilah darah atau lochea akan muncul meski kadang hilang timbul pada sebagian orang.

Maka, alangkah baiknya jika ibu dan suami melakukan hubungan intim ketika masa nifas ini sudah berakhir. Atau, paling tidak saat darah sudah berhenti keluar.

Pasca bersalin normal

Ibu yang melahirkan normal dianjurkan untuk mulai boleh aktif berhubungan seks pasca 6 minggu persalinan. Atau ibu juga bisa berkonsultasi lebih dulu ke dokter maupun bidan tentang hubungan intim ini. Biasanya, bekas luka jahitan di jalan lahir masih membuat ibu takut dan tidak nyaman.

Pasca operasi caesar

Hal ini tergantung dari seberapa luas dan bagaimana bentuk operasi caesarnya. Biasanya, bahkan setelah 6 minggu pun ibu masih akan merasa tidak nyaman dengan luka tersebut. Jadi, jika memang demikian, suami diharapkan mengerti sebagai bentuk dukungannya kepada ibu.

Butuh peran pasangan
Nah, itu dia sedikit ulasan tentang berhubungan intim di masa nifas. Semoga bisa menjadi solusi dari kebimbangan Sobat Bidan, ya. Dalam hal ini, peran dan kerjasama dari suami juga sangat dibutuhkan.

Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,



No comments:

Post a Comment