Organ Intim Terasa Gatal Saat Hamil? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya!

Gatal di area miss v menjadi keluhan selama hamil? 
Bagaimana cara mengatasinya?


Selamat siang, Sobat Bidan!

Kehamilan memang sebuah anugerah, tapi cukup banyak juga keluhan yang menyertainya. Nah, yang satu ini juga sering kali menjadi keluhan ibu hamil. Yap, daerah kewanitaan terasa gatal. Untuk tahu apa sebabnya, kita bahas di postingan selanjutnya, ya!

Kali ini, kita akan ulas dulu bagaimana tips menjaga kebersihan organ intim pada saat hamil. Selain untuk mengurangi keluhan gatal ini, tentunya juga untuk membuat Sobat Bidan senantiasa nyaman.

Simak postingan berikut sampai selesai, ya!

Pintar Memilih Celana Dalam

Sebenarnya tips yang satu ini tidak hanya diterapkan saat sedang hamil saja. Bahan atau kain dari celana dalam yang kita kenakan akan berpengaruh pada kelembapan area Miss V.

Apalagi saat hamil ya, yang mana terjadi perubahan pada vagina karena peningkatan hormon. Perubahan ini bisa meliputi tingkat keasaman, kerentanan terhadap infeksi, juga ukuran. Jadi, celana dalam yang dikenakan haruslah longgar dan menyerap keringat.

Jangan sampai Sobat Bidan mengenakan CD yang terlalu ketat karena itu akan membuat daerah kewanitaan semakin lembap.

Selalu Kering

Masih berhubungan dengan kelembapan area vagina, tips yang satu ini juga penting sekali. Pastikan area Miss V selalu kering ya, Sobat Bidan. Jika selama hamil Sobat Bidan mengalami keputihan yang cukup banyak, maka jangan malas untuk sesering mungkin mengganti CD.

Begitu juga setelah BAK atau BAB, maka pastikan area itu dilap lebih dulu sampai kering menggunakan handuk atau tisu bersih sebelum mengenakan CD. Area Miss V yang lembap dapat memicu rasa gatal yang makin menjadi, lho!


Kompres Air Dingin

Spa, Kompres Herbal, Lilin, Handuk, Kompres, Jamu
Kompres dingin
Nah, ini juga salah stau cara untuk mengurangi rasa gatal di area miss v saat hamil lho, Sobat Bidan. Kompres menggunakan air dingin atau waslap dingin bisa meredakan rasa gatal. Sebaiknya, kompres air hangat atau panas justru bisa menambah iritasi pada kulit.

Minum Air Putih Lebih Banyak

Salah satu penyebab miss v gatal adalah karena kulit terlalu kering atau tidak terhidrasi. Karena itu, ibu hamil haruslah tercukupi kebutuhan cairannya. Minum air putih lebih banyak jika miss v terasa gatal, juga makan buah-buahan yang mengandung banyak air. 

Hindari Produk Berparfum

Saat hamil dan mengalami keluhan gatal di area miss v ini, coba Sobat Bidan tilik kembali produk apa yang digunakan. Misalnya saja deterjen, lotion, atau sabun. Apakah produk tersebut mengandung parfum? 

Jika iya, bisa jadi itulah penyebabnya. Ibu hamil sebaiknya memakai produk hypoalergenic untuk mencegah iritasi dan gatal-gatal di kulit ya, Sobat Bidan.

Konsumsi Yoghurt

Berries, Muesli, Blackberry, Mangkuk, Sarapan, Brunch
Yoghurt mengandung probiotik
Tahukah Sobat Bidan bahwa yoghurt bisa menyeimbangkan pH di area miss v? Yoghurt juga banyak mengandung bakteri baik atau probiotik yang bagus untuk vagina.

Nah, jika gatal, cobalah sertakan yoghurt untuk camilan Sobat Bidan. Namun perlu waspada juga ya, pastikan yoghurt yang dikonsumsi benar aman untuk ibu hamil.


Bawa Tisu Basah

Jika bepergian yang menyebabkan Sobat Bidan berpotensi menggunakan toilet umum, maka bawalah tisu basah. Ini wajib digunakan setelah usai menggunakan toilet supaya area miss v bersih dan anti bakteri. Perlu dicatat, pastikan tisu basah tersebut bebas alkohol, ya.

Hindari Pakaian Ketat

Selain kurang nyaman digunakan oleh ibu hamil, pakaian ketat juga berpotensi membuat area miss v jadi lebih lembap, lho. Maka dari itu, selama hamil hindari mengenakan pakaian ketat ya, Sobat Bidan. Kenakan pakaian longgar supaya sirkulasi udara lancar.

Bersihkan Miss V dengan Benar

Kertas Toilet, Hamster Pembelian, Panik, Jangan Panik
Cebok dengan benar
Teknik yang benar saat membersihkan area ini adalah dari depan ke belakang. Setelah BAK, guyur miss v dari arah depan ke belakang atau anus. Ini penting agar bakteri yang ada di anus tidak ikut terbawa ke miss v dan menyebar di sana.

Nah, itu dia beberapa tips supaya area miss v tidak gatal saat hamil. Bagaimana, mudah diterapkan bukan, Sobat Bidan? Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam Sayang,





No comments:

Post a Comment