Dewasa ini metode dakwah memang bermacam-macam seiring perkembangan zaman. Salah satu hal yang paling dinamis dan modern untuk berdakwah adalah dengan kaos dakwah doa yang diproduksi oleh produsen kaos dakwah. Dengan mengenakan kaos seperti ini, artinya orang yang melihat tulisan doa di kaos Anda juga akan ikut berdoa. Nah, secara tidak langsung Anda sudah turut menyebarkan kebaikan, bukan?

Jika tertarik dengan kaos doa ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Pastikan Bahan Nyaman dan Adem

Nah, satu hal yang penting sekali dari sebuah pakaian atau kaos adalah bahannya. Kaos dakwah ekslusif dari produsen kaos dakwah tentu akan memakai bahan yang nyaman dikenakan. Standarnya, kaos dakwah ini menggunakan bahan cotton combed 30s. Karakteristik bahan ini tentu nyaman, adem, dan bisa menyerap keringat dengan baik. Jadi, bahan ini memang cocok dikenakan di Indonesia yang beriklim tropis, juga cocok dikenakan untuk berbagai kegiatan.

Jangan luput memperhatikan bahan ya, apalagi jika Anda order secara online. Pastikan bahan benar-benar menggunakan cotton combed 30s yang asli dan bukan abal-abal. Ini penting demi kenyamanan kaos saat dikenakan.

Perhatikan Sablonnya

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan betul dalam kaos dakwah doa dari produsen kaos dakwah adalah jenis sablonnya. Sablonan kaos ada bermacam-macam jenis, mulai dari yang bagus sampai abal-abal. Kaos dakwah yang bagus tentu akan menggunakan jenis sablon digital cutting polyflex dengan metode double heating.

Ini akan membuat tampilan sablonan kaos menjadi esklusif dan tentunya awet. Sablonan juga tidak akan lengket saat disetrika, dan tidak mudah rusak tentunya. Warnanya pun akan terlihat lebih terang sehingga menimbulkan kesan yang bagus pada kaos.

Pastikan Harganya Sesuai

Berikutnya, sebelum membeli kaos dakwah eksklusif di produsen kaos dakwah, perhatikanlah harganya. Anda bisa membandingkan harga antara produsen kaos satu dan yang lainnya. Namun, ada baiknya Anda tahu dulu berapa kisaran harganya di pasaran. Sebuah kaos dakwah yang bagus biasanya dibanderol kira-kira Rp100 ribuan. Ini bisa saja kurang atau lebih, tergantung seberapa panjang dan rumit bentuk sablonan, dan jenis kaosnya, ya. Misal untuk harga kaos lengan pendek, tentu beda dengan kaos lengan panjang.

Jangan sampai Anda tertipu dengan harga yang terlalu tinggi tanpa melihat dulu barangnya seperti apa. Jangan pula mudah tergiur dengan harga yang murah, karena belum tentu barang yang datang akan sesuai dengan ekspektasi. Jadi, jelilah sebelum membeli dan usahakan Anda telah melihat barangnya secara langsung.

Pastikan Memilih Produsen yang Tepat

Sekarang ini banyak sekali produsen kaos dakwah doa di mana-mana, karena ramainya pesanan kaos model ini di pasaran. Karena itulah Anda memang harus berhati-hati dan teliti dalam memilih produsen. Paling tidak, pastikan produsen yang Anda pilih memiliki website, jika Anda order secara online. Alamat dan customer service-nya juga harus jelas, ya, agar bisa dihubungi setiap waktu jika diperlukan.

Lihat pula review dari para pelanggan yang sudah memesan di produsen kaos dakwah tersebut. Biasanya di website akan ditampilkan review atau testimoni dari para pelanggan. Mulai dari kisaran harga, bagaimana kualitas produknya, juga berapa lama waktu pengerjaan. Produsen yang baik juga biasanya memberi harga diskon jika pemesanan Anda banyak. 

Nah, itu dia tips memilih kaos dakwah eksklusif di produsen kaos dakwah yang bisa Anda terapkan. Untuk area Jogja dan sekitarnya, percayakan saja pembuatan kaos dakwah di Gootick Apparel. Ada banyak model dan desain kaos doa di sana, tentu dengan harga yang bersahabat. Semoga bermanfaat!


Keluhan di kehamilan tua begitu mengganggu? 
Begini tips mengatasinya!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Kehamilan tua atau trimester tiga memang masa yang mendebarkan. Selain perasaan yang campur aduk menahan was-was, bahagia, keluhan yang dirasakan bumil pun makin menjadi. Tenang saja, selama tidak berlebihan, keluhan yang terjadi di kehamilan tua itu wajar. Nah, apa saja keluhan yang wajar tersebut? Bagaimana mengatasinya? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Lebih Sering Pipis

Ini adalah salah satu keluhan yang dialami siapa saja yang tengah hamil tua. Hal ini normal, karena semakin tua kehamilan, janin akan semakin turun ke daerah panggul. Inilah yang membuat kandung kemih mengalami penekanan yang ekstra, sehinggu bumil harus bolak-balik ke toilet.

Meski beser, tapi bumil harus tetap memenuhi kebutuhan cairannya, ya. Cukup hindari minum yang berlebihan di malam hari. Melakukan senam kegel juga baik untuk mengatasi keluhan ini.

Lebih Sulit Tidur

Sleep, Bed, Woman, Bedroom, Sleeping, Dream, Tired
Sulit tidur adalah hal yang normal
Hal yang satu ini juga seringkali dikeluhkan bumil yang tengah hamil tua. Tentunya masalah insomnia bisa terjadi karena berbagai sebab, di antaranya karena keadaan bumil yang perutnya sudah membesar sehingga kesulitan menentukan posisi yang nyaman untuk tidur. Bisa juga dikarenakan bumil harus sering terbangun karena kebelet pipis.

Ini merupakan keluhan yang normal. Bumil bisa mengatasinya dengan rileksasi sebelum tidur, mandi air hangat misalnya, juga jaga keadaan kamar tetap temaram, pakai bantal hamil, dan tidurlah sesuai dengan posisi paling nyaman.

Kaki Membengkak

Ini juga merupakan keluhan yang sering dirasakan bumil. Penyebab normalnya seiring dengan perkembangan rahim yang membesar, hingga pembuluh darah tertekan. Akibatnya, darah mampat atau terbendung di tungkai mau pun kaki.

Namun, hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda dari preeklampsia, karenanya bumil sebaiknya memeriksakan diri ke nakes. Untuk mengatasinya, topanglah kaki dengan bantal saat bumil sedang tidur atau duduk kira-kira 15-20 menit. Ini akan membuat peredaran darah lebih lancar, lakukan 2-3 kali sehari, ya!

Terasa Panas atau Gerah

Saat kehamilan tua, bumil akan lebih merasa kepanasan. Ini hal yang normal karena adanya peningkatan metabolisme, hormon, juga jumlah darah dalam tubuh. Selain itu, janin di dalam perut juga berpengaruh memberikan rasa kegerahan ini karena si kecil juga turut menguarkan hawa panas. 

Untuk mengatasinya, bumil bisa mengenakan pakaian yang adem, longgar, dengan bahan katun yang bisa menyerap keringat dengan baik. Nah, perbanyak juga minum air putih agar metabolisme tubuh normal, ya!

Adanya Kontraksi Palsu

Keluhan ini biasa dialami bumil dengan usia kandungan 8 bulan. Adanya kontraksi yang hilang timbul dan membuat perut terasa tegang tentu membuat bumil khawatir, ya! Jangan cemas, selama tidak berlebihan, kontraksi palsu atau Braxton Hicks tersebut adalah akibat dari kelelahan, stres, dehidrasi, atau aktivitas seksual.

Jika merasakannya, bumil bisa langsung istirahat, misal duduk atau berbaring. Perbanyak minum air putih, atau mandi dengan air hangat yang bisa membuat rileks. 

Nyeri Punggung

Young Woman, Girl, Concerns, Rest, Pillow, Pink, Cup
Rileks
Wah, kalau yang satu ini bisa dikatakan keluhan wajib yang dialami bumil trimester tiga. Hal ini wajar, karena janin yang terus tumbuh membuat rahim semakin besar. Nah, ini akan membuat pembuluh darah dan syaraf di daerah punggung serta panggul tertekan. Jadilah nyeri punggung.

Lutut dan leher juga biasanya sering terasa nyeri. Untuk mengatasi ini, bumil boleh mencoba dengan mandi air hangat, olahraga ringan, pijat, juga mengubah posisi tidur. 

Nah, itu dia beberapa keluhan di kehamilan tua. Tenang, semuanya wajar dan normal jika masih dalam koridor tidak berlebihan. Hadapi kehamilan tua dengan tenang dan terus berpikir positif, ya, Sobat Bidan! Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam Sayang,