Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari ibu hamil. Apa saja?


Selamat siang, Sobat Bidan!

Tentu pernah ya, Sobat Bidan mendengar selentingan yang mengatakan bahwa makanan atau minuman tertentu bisa menyebabkan keguguran. Nyatanya, hal tersebut memang bukan mitos semata, lho! 

Memang ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari jika Sobat Bidan sedang hamil. Karena ya itu tadi, kandungan di dalam makanan serta minuman ini bisa menjadi pemicu abortus.

Makanan dan minuman apa saja, sih, memangnya? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Daging Setengah Matang

Bagi penggemar masakan yang dagingnya cenderung mentah atau setengah matang, sebaiknya hindari saat hamil. Mengonsumsi daging setengah matang bisa menyebabkan Sobat Bidan rentan terkena toksoplasma karena bakteri tersebut banyak sekali terkandung dalam daging mentah. Ini bisa menyebabkan keguguran, bahkan komplikasi serius pada janin.

Hindari daging setengah matang

Telur Setengah Matang

Telur mentah atau setengah matang mengandung banyak bakteri Salmonella. Jika dimakan oleh seorang ibu hamil, bisa berakibat pada keguguran atau pun kelahiran prematur. Jangan makan makanan yang di dalamnya ada telur mentah atau setengah matang ini, ya!

Nanas

Kalau untuk buah yang satu ini pasti Sobat Bidan sudah sering mendengarnya, ya. Benar, mengonsumsi nanas berlebihan saat hamil memang tidak dianjurkan. Kenapa? Karena buah ini mengandung enzim bromelain yang bisa memicu kontraksi dan melunakkan leher rahim.

Meski sampai saat ini masih dilakukan penelitian lebih lanjut, tapi memakan nanas berlebihan sebaiknya tidak dilakukan. Secukupnya saja ya, Sobat Bidan!

Pepaya Mentah

Papaya, Fruit, Cut In Half, Cut, Vitamins, Eat
Jangan makan pepaya mentah
Mungkin pepaya mentah enak sekali jika dicocol dengan bumbu lutis, apalagi untuk ibu hamil. Sayangnya, kandungan lateks atau getah yang ada di dalam buah ini membuat bumil tidak boleh mengonsumsinya banyak-banyak.

Lateks tersebut disinyalir bisa memicu kontraksi. Meski penelitiannya juga masih dilakukan lebih lanjut, tapi tak ada salahnya berhati-hati, ya!

Kafein

Untuk minuman apa pun yang mengandung kafein di dalamnya, bolehkah diminum oleh ibu hamil? Hmm, kita sudah pernah membahasnya di postingan Minum Kopi untuk Bumil, AmankahYuk, dibaca lagi!

Alkohol

Baik dalam kondisi tidak hamil pun, minuman keras atau beralkohol memang tidak memberikan efek yang bagus. Apalagi jika meminumnya saat hamil? Wah, risiko keguguran, meninggalnya janin dalam kandungan siap mengancam. Jangan berani-berani mencobanya.

Seafood Mentah

Sushi, Japanese, Asian, Food, Raw, Sashimi, Fresh, Roll
Hindari seafood mentah
Penggemar sushi sebaiknya stop dulu selama hamil. Seafood mentah atau setengah matang yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan keguguran, risiko prematur, cacat janin, dan risiko berbahaya lainnya.

Pasalnya, di dalam seafood mentah terdapat bakteri seperti Norovirus, Salmonela, dan Listeria yang sangat berbahaya.

Makanan Mengandung Listeria

Bakteri Listeria yang ada di dalam makanan bisa menembus masuk ke dalam kantung ketuban dan menginfeksi janin. Akibatnya, bisa terjadi keguguran, janin meninggal, kelainan bawaan, juga kelahiran prematur.

Makanan yang mengandung bakteri ini antara lain olahan daging mentah, salmon asap, susu mentah, irisan daging di sandwich yang tidak matang, juga sayuran yang tidak dicuci sampai bersih. Hati-hati ya, Sobat Bidan!

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu keguguran. Jangan sembarangan makan, dan selalu cari tahu dulu apa pengaruh makanan atau minuman bagi janin. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,