Bengkak pasca bersalin memang wajar, bagaimana cara mengatasinya, ya?


Selamat siang, Sobat Bidan!

Setelah kemarin kita bahas berbagai penyebab bengkak setelah melahirkan di sini, sekarang kita cari tahu yuk, bagaimana sih, penanganan terhadap bengkak tersebut? Tentunya, Sobat Bidan ingin segera 'kempis' dari kebengkakan tersebut, bukan?

Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Makanlah Makanan yang Sehat

Meski terdengar sangat umum, tapi percayalah makan makanan sehat adalah solusi terbaik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya selama kehamilan saja, namun Sobat Bidan juga harus tetap mengonsumsi makanan sehat pasca bersalin.

Fungsinya tentu bukan hanya untuk memperlancar produksi ASI dan mempercepat pemulihan tubuh. Ternyata, makan makanan sehat ada pengaruhnya untuk tubuh yang membengkak setelah melahirkan.

Sobat Bidan dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung protein juga karbohidrat kompleks. Serat dari buah-buahan dan sayur-sayuran segar juga penting sekali. Makanan kaya kalium seperti ubi manis, kentang, jus jeruk, brokoli, dada ayam, tuna, kismis, susu sapi rendah lemak dan pisang juga bisa membantu mengurangi pembengkakan.

Fruit, Fruits, Fruit Salad, Fresh, Bio, Healthy, Heart
Makanan yang sehat
Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung natrium tinggi seperti makanan cepat saji dan olahan. Natrium bisa membuat bengkak semakin parah, lho!

Cukupi Kebutuhan Cairan

Dalam artian, minumlah banyak air putih. Dalam keadaan tidak nifas, kita dianjurkan minum antara 1-1,5 liter. Bagi ibu nifas, aturannya menjadi antara 1,5-2,5 liter air putih per harinya.

Ini bukan hanya untuk merangsang ASI, tapi juga bagus untuk mengempiskan badan yang bengkak. Dengan minum air putih sesering mungkin, Sobat Bidan jadi akan bolak-balik pipis. Cairan di dalam tubuh pun akan keluar bersama dengan urine.

Olahraga, dong!

Woman, Relaxation, Portrait, Recreation, Lifestyle
Olahraga bisa mengurangi bengkak
Olahraga ringan seperti senam nifas akan banyak membantu Sobat Bidan. Selain memaksimalkan pemulihan tubuh dan mobilisasi, olahraga ringan juga bisa membantu mengurangi bengkak.

Keringat yang keluar dari tubuh ketika olahraga ini akan dengan efektif mengempiskan tubuh kembali. Tapi, perlu diperhatikan juga bagi Sobat Bidan yang melahirkan dengan caesar, konsultasikan dulu olahraga apa yang tepat dengan dokter, ya.

Angkat Kaki Lebih Tinggi Saat Berbaring

Ini juga cara yang bisa Sobat Bidan lakukan untuk mengurangi bengkak, lho. Saat berbaring seperti sedang menyusui atau tidur, angkatlah kaki lebih tinggi dari panggul. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 menit.

Sobat Bidan boleh kok, menyenderkan kedua kaki ke tembok dalam posisi terangkat ini. Menyangga pinggul dengan bantal yang empuk juga akan membuat semakin nyaman. 

Jangan berdiri terlalu lama, juga jangan menyilangkan kaki saat duduk. Ini bisa memicu bengkak lebih parah karena aliran darah jadi tersumbat. 

Pijat

Wellness, Massage, Relax, Relaxing, Woman, Spa
Pijat bisa mengurangi bengkak
Cara ini juga bisa mengempiskan pembengkakan. Sering-seringlah memijat bagian yang bengkak dengan lembut, bisa dengan minyak zaitun atau yang lain. Ini bisa merilekskan Sobat Bidan, membuat aliran darah makin lancar dan mengurangi pembengkakan.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengurangi pembengkakan pasca bersalin. Bagaimana, gampang dipraktikkan ya, Sobat Bidan. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,