Penyebab bengkak pasca melahirkan? Apa saja, ya?

penyebab bengkak pasca melahirkan

Selamat siang, Sobat Bidan!

Bengkak pasca melahirkan memang sering terjadi, ya. Bengkak ini bisa terjadi di area perut, wajah dan kaki. Ada pula bengkak yang terjadi di daerah intim karena adanya tindakan saat melahirkan.


Bengkak ini biasanya akan hilang sendiri dalam hitungan minggu. Tapi, meski begitu tentu Sobat Bidan akan merasakan ketidaknyamanan, ya. Nah, sebenarnya apa sih, penyebab bengkak pasca melahirkan ini?


Simak postingan berikut sampai selesai, ya, Sobat Bidan!

Kehamilan

Yap! Kehamilan sendiri merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan bengkak atau edema. Selama hamil, tubuh akan mengandung air yang lebih banyak untuk Sobat Bidan dan janin. 

Hamil bisa jadi penyebab bengkak
Setelah proses persalinan berlalu, perlahan kandungan air ini akan keluar melalui proses ekskresi, seperti saat pipis dan melalui keringat. Kandungan air yang berlebih inilah yang membuat Sobat Bidan mengalami pembengkakan setelah melahirkan. 

Kondisi Hormonal

Salah satu penyebab paling umum dari pembengkakan pasca bersalin ini juga dikarenakan hormon. Selama hamil, tubuh Sobat Bidan akan memproduksi hormon progesteron yang lebih banyak dari biasanya. 

Nah, kandungan progesteron yang berlebih ini bisa menyebabkan penumpukan air serta natrium di dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan pembengkakan setelah Sobat Bidan melahirkan.

Saat Persalinan

Benar sekali, proses persalinan juga bisa memicu terjadinya bengkak. Pasalnya, saat mengejan, darah serta cairan di dalam tubuh Sobat Bidan mengalami tekanan yang mencapai puncaknya. Ini bisa menyebabkan bengkak di wajah, kaki, tangan, dan jari. 

Kondisi Rahim

Rahim yang terus membesar juga merupakan salah satu penyebab pembengkakan pasca bersalin. Pembesaran rahim ini akan menekan pembuluh darah ke kaki serta membuat darah tidak bisa mengalir lancar ke tubuh bagian bawah.

Selain itu, selama hamil tubuh wanita akan menyimpan sebagian cairan untuk pertumbuhan janin. Setelah bersalin, tubuh perlu waktu untuk menghilangkan cairan tersebut. Jadilah bengkak pasca bersalin tadi.

Cairan Infus

Cairan intravena sebabkan bengkak
Cairan infus yang notebene dimasukkan melalui intra vena, dapat menyebabkan pembengkakan. Cairan ini bisa menumpuk di tubuh dan butuh waktu untuk mengeluarkannya. Persalinan dengan caesar atau normal sekalipun, sekarang susah untuk terlepas dari infus. 

Pembengkakan pasca bersalin ini memiliki ciri-ciri atau tanda gejala, di antaranya :

  • Turgor kulit menjadi lambat, dan kulit akan tenggelam saat ditekan
  • Area yang bengkak tampak meradang dan mengkilap
  • Area perut bisa saja terpengaruhi
Bengkak ini dibagi dalam kategori ringan, sedang dan ekstrim. Untuk bengkak yang ekstrim Sobat Bidan akan merasa kebas atau mati rasa di daerah yang bengkak tersebut.

Nah, itu dia beberapa penyebab bengkak pasca melahirkan. Terus, penanganannya bagaimana Bu Bidan? Oke, kita akan bahas di postingan Persalinan selanjutnya, ya!

Semoga bermanfaat!

Salam sayang,