Cara induksi alami rupanya bisa dilakukan dengan mudah. 

Selamat siang, Sobat Bidan!


Cara induksi alami-Menjalani proses persalinan dengan lancar tentu menjadi keinginan setiap wanita ya, Sobat Bidan. Namun, hal ini sering terhambat karena beberapa gangguan. Akibatnya, untuk memperlancar proses persalinan ini dilakukanlah induksi.


Wah, nampaknya sudah menjadi rahasia umum ya, kalau induksi itu rasanya sakit bukan main. Kontraksi akan berlangsung terus menerus karena memang telah ditambahkan hormon oksitosin ke dalam tubuh melalui proses induksi ini. Hormon oksitosin sendiri merupakan hormon yang merangsang terjadinya kontraksi.



Sebenarnya, ada beberapa cara alami untuk melakukan induksi. Rasa sakitnya tentu jauh berbeda, namun hasilnya sama, yakni untuk memperlancar proses bersalin. Bagaimana cara induksi alami itu? Simak postingan ini sampai selesai, ya!


Lakukanlah Olahraga Ringan

Nah, yang satu ini tak hanya bisa meredakan stres atau menyingkirkan kecemasan menjelang persalinan. Nyatanya, olahraga ringan bisa menjadi salah satu cara induksi alami. Tidak perlu jauh-jauh, bisa dengan jalan-jalan berkeliling rumah sakit, atau naik turun tangga rumah sakit. 

Ini bisa mempercepat proses penurunan kepala janin dan pembukaan persalinan. Tentu, dengan catatan ibu masih kuat berjalan-jalan, ya, biasanya di pembukaan 1 sampai 4.

Aktivitas Intim

Berhubungan seks bagus untuk merangsang kontraksi
Cara yang satu ini menjadi salah satu hal yang efektif untuk induksi alami. Di masa-masa jelang HPL, memang dianjurkan bagi ibu untuk lebih sering berhubungan intim. Ini merupakan induksi alami, karena dengan berhubungan intim tubuh akan merasa nyaman, rileks, dan tenang. 

Hormon oksitosin pun akan dikeluarkan dari tubuh sehingga akan memperlancar kontraksi. Namun, perlu dicatat ya, aktivitas ini tidak diperbolehkan bagi ibu yang kantung ketubannya sudah pecah karena justru akan berbahaya.

Lakukan Stimulasi Puting

Selanjutnya, pada fase persalinan kala I, lakukanlah stimulasi puting. Ini bagus untuk merangsang keluarnya ASI dan hormon oksitosin di dalam tubuh. Tentu, hal ini akan memperlancar proses persalinan dan kontraksi ibu. Cara stimulasi puting ini bisa menggunakan jari seperti biasa, ataupun pompa ASI manual dan elektrik.

Akupuntur dan Akupresure

Kedua cara ini juga dinilai efektif sebagai induksi alami. Akupuntur bisa melepaskan hormon oksitosin di dalam tubuh dan akan memperlancar proses pembukaan. Sementara, akupresure bisa meringankan nyeri dalam proses bersalin. Namun, melakukan ini tentu harus dengan bantuan para ahli, ya, jangan sembarangan.

Sering-sering Makan Kurma

Kurma mengandung magnesium, kalium dan mangan. Dalam sebuah penelitian, buah ini sangat efektif untuk memperlancar proses bersalin. Terbukti, ibu hamil yang mengonsumsi 6 buah kurma per hari selama 4 minggu mengalami pembukaan yang lebih lancar. Mendekati HPL, sering-seringlah makan kurma karena buah ini juga mengandung kadar oksitosin yang tinggi. 

Minumlah Teh Hangat

Minum teh bisa tingkatkan kontraksi
Teh dari daun raspberi disarankan bagi wanita yang akan bersalin. Hmm, cukup sulit ditemukan di Indonesia, ya. Kalau begitu, minumlah teh apa saja. Sensasi hangat dan antioksidan yang terkandung di dalamnya akan membuat ibu lebih rileks dan lega. Jika pikiran ibu tenang dan tidak cemas, maka proses persalinan akan semakin lancar.

Itu dia beberapa cara induksi alami yang bisa dicoba. Semoga persalinannya lancar ya, Sobat Bidan!

Salam sayang,