Begini Tips Agar ASI Lancar, Sobat Bidan Bisa Melakukannya di Rumah

Tips agar ASI lancar, bagaimana, ya? Gak susah kok, Sobat Bidan!


Tips agar ASI lancar- Satu masalah yang paling sering dialami oleh seorang ibu baru adalah masalah menyusui. Benar ya, Sobat Bidan? Pasti ada saja keluhannya, seperti ASI yang tidak lancar, payudara sakit, dan sebagainya.

Nah, di postingan kali ini kita akan membahas persoalan ASI yang tidak lancar keluar. Kasihan ya, kalau si kecil rewel terus lantaran produksi ASI yang tidak lancar? Jangan panik dulu Sobat Bidan, lakukan tips agar ASI lancar berikut ini!

Bersihkan dan Pijat

Nah, tips pertama adalah bersihkan puting payudara dan lakukan pemijatan di area payudara. Sebaiknya, ini dilakukan sejak dini, yakni saat kehamilan sudah memasuki trimester tiga. 

Sobat Bidan bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan puting, terutama di pangkalnya. Lakukanlah dengan cara memilin-milin puting terutama di bagian lipatannya sebelum mandi. 

Selain itu, melakukan pemijatan payudara juga akan memperlancar aliran darah. Ini juga akan membantu merangsang produksi ASI. Kita akan membahas teknik pemijatan payudara ini di postingan Nifas selanjutnya, ya!

Susui Bayi Sesering Mungkin

Family, Breastfeeding, Mom, Dad, Son
Susui bayi secara on demand
Menyusui bayi secara on demand (setiap bayi minta langsung disusukan) adalah upaya yang paling bagus untuk memperlancar produksi ASI. Isapan bayi akan merangsang hormon prolaktin yang berpengaruh untuk produksi ASI.

Jika dilihat dari jadwalnya, bayi baru lahir harus disusui antara 2-3 jam sekali, siang ataupun malam hari. Lakukan hal ini secara rutin, meski bayi sedang tidur, maka bangunkan jika memang sudah jadwalnya menyusu.

Jangan takut akan kehabisan ASI, karena tubuh wanita akan mengikuti prinsip suply and demand, yakni tubuh akan memproduksi ASI sesuai kebutuhan si kecil. 

Dengan rutin memberikan ASI 2-3 jam sekali, maka produksi ASI akan bertambah dalam kurun waktu 3-7 hari karena perintah yang diterima otak untuk menambah jumlah produksi ASI. Sebaliknya, jika ASI jarang diberikan, maka produksinya pun akan semakin berkurang. 

Pompalah ASI

Drink, White, Milk, Goat, Milk Product, Food, Farm
Pompa ASI dan simpan
Salah satu alasan kenapa ASI tidak keluar lancar adalah karena posisi dan teknik menyusui yang tidak benar. Ini biasanya dialami oleh ibu baru yang memang belum berpengalaman menyusui. 

Jika keadaannya demikian, maka pompalah ASI. Tips ini bisa memperlancar keluarnya ASI karena payudara akan terangsang dan tersimulasi, seperti ketika dihisap oleh bayi. Tidak usah mempedulikan seberapa ASI yang keluar, karena tujuannya adalah untuk merangsang payudara saja.

Hal ini juga bisa digunakan untuk mengosongkan payudara jika si kecil tidak menyusu sampai habis. Sehingga, produksi ASI akan diperbarui lagi.

Lakukan Kompres Payudara

Sebelum mulai menyusui bayi, lakukanlah kompres payudara dengan air hangat selama beberapa menit. Selain untuk membersihkan area payudara, kompres ini juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah.

Apalagi jika payudara Sobat Bidan terasa keras dan kencang, maka bayi tidak bisa menghisapnya. Dengan kompres air hangat ini, payudara akan melunak dan ASI pun bisa keluar lebih lancar.

Makanlah Makanan yang Memperlancar ASI

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui karena bisa memperlancar produksi ASI. Makanan tersebut antara lain daun katuk, pepaya, wortel, bayam, juga havermouth

Selain itu, pare juga dipercaya bisa membuat produksi ASI semakin melimpah. Jika masih bisa diatasi dengan bahan alami, maka sebaiknya hindari penggunaan suplemen atau obat untuk memperlancar ASI. Jangan pantang makan ya, Sobat Bidan!

Perbanyak Air Putih

Beverages, Food Photography, Juices
Perbanyak minum air putih
Jika tidak menyusui Sobat Bidan membutuhkan 1-1,5 liter air per hari, maka saat menyusui yang dibutuhkan adalah dua kali lipatnya. Perbanyak minum air putih antara 2-3 liter atau 10-12 gelas per hari supaya produksi ASI semakin lancar. 

Susui Bayi dengan Cara yang Benar

Posisi menyusui yang salah bisa menghambat pengeluaran ASI karena puting menjadi sakit. Bagaimana cara yang benar? Kita sudah pernah membahasnya di sini ya, Sobat Bidan!

Pilih KB yang Pas

Jika memutuskan untuk ber-KB pasca bersalin, maka pilihlah KB yang tepat untuk busui, yakni yang tidak berpengaruh pada produksi ASI. Apa ya, KB yang paling pas? Yuk, baca di sini!

Syringe, Pill, Capsule, Morphine, Needle, Liquid
Pilihlah KB yang tepat
Nah, itu dia beberapa tips agar ASI lancar yang bisa Sobat Bidan coba. Jangan menyerah untuk memberinya ASI eksklusif, ya! Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,



No comments:

Post a Comment