Ini Pentingnya Suntik TT untuk Calon Pengantin Wanita, Jangan Diabaikan!

Pentingnya suntik TT untuk calon pengantin wanita, wajib diketahui!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Ada yang sebentar lagi mau melepas masa lajangnya? Selamat berbahagia ya, persiapan mental, fisik juga finansial untuk hari H jangan diabaikan. Utamanya, kesehatan! Jangan sampai jelang hari spesial Sobat Bidan malah ambruk karena kecapekan. 

Salah satu yang tidak boleh diabaikan terkait kesehatan ini adalah suntik TT untuk calon pengantin wanita. Hayo, sudah suntik belum? Kenapa ini menjadi penting? Apa itu suntik TT? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Mengenal Suntik TT

Masih awam dengan suntik ini? Mungkin dulu saat SD Sobat Bidan pernah disuntik TT. Yang di lengan itu, lho, ingat 'kan? Nah, ini pun sama! 

Suntik TT atau Tetanus Toksoid atau sering familier disebut vaksin TT adalah tindakan memasukkan bakteri Tetanus Toksoid yang sudah dilumpuhkan ke dalam tubuh. Dengan suntik ini, tubuh Sobat Bidan akan kebal terhadap infeksi tetanus karena tubuh telah memiliki antibodinya. 

Suntik TT dilakukan di lengan, dengan dosis kecil saja yakni 10 ml. Memang sih, suntik yang satu ini agak sedikit terasa lebih pegal dan nyeri dari suntikan lainnya. Cukup kompres saja dengan air hangat di area lengan yang terasa pegal setelah disuntik.

Tak jarang pula Sobat Bidan akan mengalami semacam meriang pasca suntik TT.  Tak perlu dikhawatirkan ya, itu adalah reaksi ikutan pasca suntik TT dan akan sembuh dengan obat ringan saja. Karena itu, dianjurkan bagi calon pengantin wanita untuk suntik TT setidaknya 3 atau 4 minggu sebelum hari H. 

Apa sih, Penyakit Tetanus?

Vaccination, Doctor, Syringe, Medical, Health, Needle
Untuk cegah tetanus
Tujuan dari suntik TT untuk calon pengantin wanita adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus. Lalu, ini penyakit apa Bu Bidan? Seberapa parah bisa menyerang?

Tetanus merupakan penyakit yang dibawa oleh Clostridium Tetani. Bakteri ini ditemukan di tempat kotor seperti debu, tanah, besi berkarat, kotoran hewan, juga manusia. 

Bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh melalui luka yang terbuka. Kemudian, dia akan mengeluarkan racun yang nantinya bisa merusak sistem saraf serta sumsum tulang belakang.

Jika dibiarkan saja, lambat laun kondisi ini bisa merobek otot, membuat tulang retak, menekan tulang belakang, melemahkan otot-otot pernapasan dan bisa berujung kematian. Ngeri, bukan?

Kenapa Harus TT Sebelum Menikah?

Ini juga pasti menjadi pertanyaan untuk sebagian orang, ya. Kenapa? Karena, saat pasangan menikah dan melakukan hubungan seksual untuk kali pertamanya, miss-v umumnya akan mengalami perlukaan. 

Perlukaan ini terjadi karena robeknya selaput dara ataupun gesekan. Nah, dari perlukaan ini, bakteri tetanus bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan efek seperti di atas tadi. Karena itu, penting sebelum menikah untuk suntik TT supaya tubuh kebal terhadap infeksi bakteri ini. 

Selain itu, suntik TT merupakan prasyarat nikah yang mesti dilampirkan saat mengajukan ke KUA. Memang, peraturan ini sudah dibuat sejak tahun 1986 silam karena pentingnya suntik TT. 

Jadwal Suntik TT

Seumur hidup, seseorang diharuskan suntik TT sebanyak 5 kali supaya kebal dari bakteri ini. Berikut jadwalnya :
  • TT 1 : Satu bulan atau minimal 2 minggu sebelum menikah, masa perlindungannya adalah nol tahun
  • TT 2 : 1 bulan setelah TT 1, ini akan efektif melindungi sampai 3 tahun ke depan
  • TT 3 : 6 bulan setelah TT 2, efektif melindungi sampai 5 tahun berikutnya
  • TT 4 : 12 bulan setelah TT 3, efektif melindungi sampai 10 tahun ke depan
  • TT 5 : 12 bulan setelah TT 4, mampu melindungi sampai 25 tahun berikutnya

Di mana Bisa Suntik TT?

Doctor, Op, Medical, Operation, Hospital, Instrument
Suntik TT bisa di Bu Bidan
Sekarang sudah tidak ragu lagi, 'kan, untuk suntik TT? Di mana bisa dilakukan? Di RS bisa, di Puskesmas bisa, di praktik bidan mandiri juga bisa, kok!

Nah, itu dia beberapa hal yang berkaitan dengan pentingnya suntik TT untuk calon pengantin wanita. Benar-benar tidak boleh diabaikan, ya! Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


No comments:

Post a Comment