Sudah Minum Pil KB Masih Kebobolan? Ini lho, Macam-Macam Penyebabnya!

Minum pil Kb masih kebobolan? Hmm, ini penyebabnya, Buibu!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Sudah minum pil KB bisa kebobolan, kenapa ya? Nah, adakah di antara Sobat Bidan yang pernah menjumpai hal serupa atau bahkan mengalaminya sendiri? Pil KB memang sebuah kontrasepsi yang tingkat kebobolannya bisa dibilang lebih tinggi jika dibandingkan kontrasepsi jangka panjang.

Tapi, sebenarnya kalau Buibu mematuhi tata cara minum pil ini dengan benar, risiko kebobolan juga akan bisa diminimalisir. Ternyata, ada beberapa faktor penyebab kenapa sudah minum pil KB bisa kebobolan, lho! 

Simak postingan ini sampai selesai ya, Buibu!

Kesalahan Teknis

Yang pertama dan menjadi penyebab paling sering dari kebobolan KB pil ini ada dalam masalah teknis alias tata cara minumnya. Hayo, siapa yang suka minum pil KB sesuka hati? Buibu, sudah ada aturan tersendiri untuk minum pil ini, yaitu harus rutin setiap hari di jam yang sama.

Kalau aturan itu dilanggar terus, ya risiko kebobolan tentu akan semakin tinggi. Biasanya, Buibu beralasan dengan siklus haid yang tidak teratur, jadi minum pil KB semaunya saja mengandalkan siklus haidnya. 

Medicine, Pills, Blood Pressure, Hypertension, Capsule
Kesalahan teknis yang umum
Ada juga yang punya pikiran bahwa pil KB ini cukup diminum ketika akan berhubungan intim saja. Nah lho, kalau testpack sudah bergaris dua, baru deh, protes ke Bu Bidan. Pusing, kan?

Tata cara minum pil KB yang benar, baca di sini, ya!

Mengkonsumsi Obat Lain

Mungkin Buibu masih belum menyadari hal yang satu ini. Tapi, minum pil KB dibarengi minum obat lain dalam waktu yang bersamaan bisa menjadi penyebab kebobolan. Kenapa, kok bisa begitu?

Karena, dua jenis obat yang diminum dalam waktu yang sama nantinya akan berinteraksi. Ini berlaku bagi obat apa saja, ya, Buibu. Apa lagi pil KB yang punya misi khusus, tentu kinerjanya jadi akan terganggu karena kinerja obat lain tersebut.

Kalau lagi sakit bagaimana, Bu Bidan, kan harus minum obat lain juga? Nah, ada baiknya Buibu mengkonsultasikan pada dokter bahwasanya Buibu sedang ber-KB pil. Biasanya, antibiotik lah yang paling berpengaruh pada kinerja pil KB ini.

Girl, Woman, People, Holding, Yogurt, Yoghurt, Fit
Makanan dan obat lain bisa pengaruhi pil KB
Pastikan juga Buibu tidak mengkonsumsi pil KB dan obat tersebut dalam waktu yang bersamaan. Misal minum obatnya 3 kali sehari, ambil jeda waktu di antara itu untuk minum pil KB. Atau bisa juga minum obatnya yang disesuaikan dengan jadwal minum pil KB.

Perubahan Suhu Penyimpanan

Yang satu ini juga bisa menjadi salah satu penyebab ketika sudah minum pil KB bisa kebobolan. Suhu yang tepat untuk penyimpanan pil ini ada dalam suhu kamar yakni sekitar 25 derajat celsius ya, Buibu.

Ada pun perubahan suhu yang ekstrem bisa membuat khasiat pil KB menjadi menurun bahkan tidak aktif. Misalnya saja, Buibu baru menaruh pil KB di mobil atau motor yang cenderung panas. Kemudian, Buibu masuk ke ruangan ber-AC untuk waktu yang lumayan lama (tentu sambil bawa pil KB-nya, ya). 

Nah, perubahan suhu yang begini ini yang menjadikan khasiat pil jadi berubah. 

Makanan Tertentu

Tidak hanya faktor di atas, rupanya ada juga makanan yang bisa mengubah khasiat dari pil KB ini. Makanan-makanan tersebut adalah makanan yang berpengaruh pada hormon tubuh.

Apa saja, sih? Yoghurt, ubi, kacang kedelai, dan licorice contohnya. Tapi, asalkan Buibu tidak makan makanan tersebut secara berlebihan, risiko kebobolan tidak akan terlalu mengancam, kok!

Rokok

Non Smoking, Cigarette Box, Cigarettes, Hands, Reject
Jangan merokok!
Dilihat dari mana saja, yang satu ini memang tidak ada baiknya, ya. Buibu yang punya kebiasaan merokok dan ber-KB pil, bisa dibilang sia-sia saja dan malah cenderung membahayakan.

Nikotin yang ada dalam rokok ketika bertemu dengan kandungan pil KB, bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Selain itu, khasiat dari pil KB juga akan sama sekali tidak berfungsi jika kebiasaan merokok ini tidak dihentikan.

Sudah ketemu jawabannya belum, kenapa sudah minum pil KB bisa kebobolan? Yuk, segera perbaiki lagi tata cara minum pil KB-nya supaya tidak ada lagi yang mengeluh kebobobolan karena pil KB.

Semoga postingan ini bermanfaat ya, Buibu!

Salam Sayang,


2 comments: