Kapan Waktu yang Tepat Untuk USG Saat Hamil? Ini Jawabannya!

Kapan waktu USG yang baik dan tepat? Hmm, tidak boleh sembarangan ya!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Kapan waktu USG yang baik- Kehamilan memang suatu anugerah yang tiada duanya, ya. Karena itu, wajar saja jika Sobat Bidan selalu ingin tahu apa yang sedang dilakukan si janin dalam rahim. Seperti yang kita tahu bersama, kini untuk bisa mendeteksi 'kelakuan' janin bisa dilakukan. Dengan USG atau Ultrasonography tentunya.

USG memang sangat membantu. Dengan pemeriksaan ini, kita jadi akan tahu bagaimana posisi janin di dalam rahim, jenis kelamin, normal atau tidak tumbuh kembangnya, dan sebagainya. Tapi, kapan sih, waktu yang pas untuk melakukan USG ini? Nah, simak postingan ini sampai selesai ya, Sobat Bidan!

Trimester Pertama

Pregnant Woman, Pregnancy, Pregnant, Belly, Mother
USG di trimester pertama
USG sudah akan menunjukkan hasil saat dilakukan pada usia 4 minggu kehamilan. Saat ini, akan didapat gambaran yang sangat kecil. Ini pun menggunakan Transvaginal USG. Untuk USG perut atau abdominal sendiri, baru bisa mendeteksi bayi pada usia kehamilan 6 atau 7 minggu.

Jika ditanya kapan waktu USG yang baik, sebenarnya ini tergantung informasi yang ingin diketahui Sobat Bidan tentang keadaan janin. Namun, jangan terlalu sering juga melakukan USG ini, cukup tiga kali saja selama kehamilan. 

Yakni di trimester pertama satu kali di usia 6-7 minggu, timester dua sekali, dan trimester tiga sekali lagi.

Trimester Kedua

USG selanjutnya dilakukan pada trimester dua kehamilan. Sobat Bidan boleh melakukan pemeriksaan ini pada minggu ke 23 hingga 25. Di minggu ini, fitur wajah janin akan mulai bisa didefinisikan dan jenis kelamin sudah kelihatan. 

Hamburger, P, French Fries, Belly, Abdominal Fat, Fat
Jaga kenaikan berat badan
Sebenarnya, untuk bisa melihat jenis kelamin pada janin ini sudah bisa dilakukan sejak minggu ke-12. Penelitian menyebutkan bahwa 98% teknologi USG akurat dalam hal melihat jenis kelamin ini. Namun, jenis kelamin bayi akan susah dilihat jika ibu mengalami kelebihan berat badan.

Karenanya, penting untuk menjaga kenaikan berat badan secara stabil selama kehamilan. Ulasan itu sudah pernah kita bahas di sini, ya!

Perkembangan dan pertumbuhan janin juga akan terlihat di minggu 23-25 ini. Sobat Bidan bisa bertanya banyak hal saat dilakukan pemeriksaan. Di minggu ini, masih tersisa banyak ruangan sehingga banyak bagian janin yang masih bisa diterawang. 

Sementara, jika Sobat Bidan ingin melakukan USG 3D, maka waktu yang paling pas adalah di minggu ke 27 sampai 32. Di minggu ini, wajah bayi akan terlihat lebih jelas lagi dan bayi juga masih bisa berubah posisi. 

Namun, Sobat Bidan mungkin akan agak kesulitan untuk melihat lebih banyak bagian tubuhnya secara jelas. Ini karena ruang yang dimiliki bayi semakin sempit karena dia tumbuh semakin besar. 

Trimester Ketiga

Baby, Belly, Body, Child, Expectant, Female, HealthKapan waktu USG yang baik selanjutnya? Yakni di trimester tiga utamanya pada usia kehamilan 33-36 minggu. 

Di waktu ini, Sobat Bidan bisa melakukan pemotretan wajah bayi jika posisinya sesuai. Tapi, kepadatan di rahim juga akan membuat Sobat Bidan agak kesulitan mengenali bagian gambar secara menyeluruh.


Saat ini Sobat Bidan juga bisa melihat apakah janin sudah siap untuk lahir atau belum. Seperti apakah kepalanya sudah mulai memasuki pelvik, berat badannya sesuai atau tidak, apakah plasenta normal atau tidak, dan sebagainya.

Nah, masih bingung kapan waktu yang baik untuk USG? Tentu sudah tidak, dong, ya! Semoga kehamilannya sehat-sehat selalu dan lancar proses bersalinnya, ya, Sobat Bidan!


Salam sayang,




No comments:

Post a Comment