Inilah Pantangan Makan Bagi Ibu Pasca Melahirkan Caesar

Pantangan masa nifas pasca caesar, banyak makanan favorit yang harus rela Buibu tahan!


Selamat siang, Sobat Bidan!

Pantangan masa nifas pasca caesar itu memang ada, lho! Di antaranya adalah pantangan makanan. Lho, katanya pas menyusui boleh makan apa saja? Kok sekarang dilarang sih, Bu Bidan? 

Nah, meski boleh makan apa saja, ada beberapa makanan yang memang seharusnya tidak dikonsumsi oleh ibu pasca bersalin caesar. Ini disebabkan, makanan tersebut memang bisa membuat luka operasi lama pulihnya. Apa saja dan kenapa sih, kok gak boleh? Simak postingan ini sampai selesai, dong!

Minimalisir Gorengan

Pernah lihat petugas RS membawakan menu gorengan dalam makanan pasien pasca caesar? Tentu tidak, kan?

Waduh, ternyata menu favorit orang Indonesia ini adalah salah satu pantangan masa nifas pasca caesar. Kenapa? Karena gorengan adalah makanan yang sulit dicerna, apa lagi di hari-hari awal pasca melahirkan.

Nantinya, ibu bisa merasakan sensasi tenggorokan sakit atau terbakar, juga perut kembung. Apa lagi kalau gorengannya hasil jajan di pinggir jalan, duh! Semakin tidak karuan saja itu hasilnya. Ini akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh dan memperlambat proses pemulihan ibu nifas. 


Jadi, gantilah goreng-gorengan ini dengan menu kukus atau rebusan, ya!


Kurangi yang Manis-manis

Pancake, Schaumomelette, Omelette, Sugar, Sweet
Kurangi makanan manis
Makanan manis dan bergula tentunya boleh dikonsumsi pasca melahirkan ya, tapi dengan catatan secukupnya saja. Jangan sampai berlebihan mengkonsumsi manis karena ini bisa membuat gula darah ibu menjadi tinggi.

Kalau sudah begini, luka bekas operasi caesar justru akan sulit kering. Termasuk dalam hal ini adalah nasi. Memang sih, menu ideal untuk ibu nifas apa lagi yang menyusui adalah makan sampai 7 porsi. Namun, ini juga harus diiringi aktivitas menyusui yang on demand sehingga terbakar kalorinya.

Kalau tidak, ibu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang kadar gulanya lebih sedikit. Karena kadar gula di nasi putih lebih banyak dan lebih manis.

Kurangi Makan Pedas dan Santan
Spaghetti, Pasta, Noodles, Food, Eat, Cook, Plate
Hindari makanan pedas
Ibu hobi makan pedas? Saya juga, haha. Tapi, pasca melahirkan sebaiknya hindari dulu makan pedas secara berlebihan. Ini bisa memicu kembung, bahkan diare. Kalau sudah diare, ibu jadi harus lebih sering mengejan. Mengejan sendiri adalah aktivitas yang sebaiknya dikurangi dalam masa nifas untuk proses pemulihan.

Makanan bersantan juga bisa membuat ibu kembung dan berpengaruh pada komposisi ASI. Bisa-bisa, si kecil jadi ikut kembung bahkan diare. Jadi, sebaiknya hindari dulu makanan pedas dan bersantan ini, ya!

Hindari Sayuran Pemicu Gas
Beberapa sayuran seperti brokoli, kubis, dan  kembang kol sebaiknya dihindari. Sayuran ini bisa memicu gas yang akan membuat perut jadi tidak nyaman. Bisa juga menimbulkan nyeri pada bagian bekas operasi. 

Eat, Salad, Cucumbers, Food, Tomatoes, Mixed, Water
Sayur pemicu gas
Hindari Minuman Berkafein

Kopi dan teh sebaiknya dihindari dulu pasca operasi caesar. Boleh sih, tapi secukupnya saja, ya. Ini berhubungan dengan kandungan diuretik pada kafein yang akan membuat ibu jadi sering pipis. Selain itu, minuman berkafein juga bisa menyebabkan bayi kembung.

Kurangi Makanan Pemicu Sembelit

Ya, makanan yang bisa menyebabkan sembelit memang harus dikurangi. Karena, apabila ibu harus mengejan tersebab sembelit ini, bisa-bisa menimbulkan nyeri pada daerah bekas operasi. Perut ibu pun jadi akan terasa tidak nyaman.

Hindari Minuman yang Memicu Batuk

Selain karena faktor kesehatan yang harus diperhatikan saat menyusui ini, batuk juga bisa membuat perut ibu menjadi tegang. Ini akan berpengaruh pada luka bekas operasi ibu. Karena itu, hindarilah minuman berpengawet, berwarna, dan yang mengandung pemanis buatan untuk menjaga kesehatan. 

Jangan sampai batuk pilek menyerang karena di masa ini sebaiknya ibu menghindari obat. Alangkah baiknya jika diganti dengan jus buah dan minuman sehat lainnya, ya.

Itulah beberapa pantangan masa nifas pasca caesar yang harus ibu hindari. Semoga postingan ini bermanfaat ya, Buibu!

Salam Sayang,



No comments:

Post a Comment