Demi Kehamilan Muda yang Sehat, Jangan Lakukan Hal Ini di Rumah, Sobat Bidan

Pekerjaan rumah yang berat tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. 

kehamilan muda yang sehat

Selamat siang, Sobat Bidan!

Kehamilan muda yang sehat tentu menjadi keinginan setiap wanita, ya. Apa lagi, kehamilan muda memang waktu yang rentan terhadap berbagai masalah kehamilan. Karena di usia kandungan yang masih muda ini memang tubuh kita sedang beradaptasi dengan perubahan, jadi efeknya tentu akan berpengaruh.

Nah, ada lho, beberapa hal di rumah yang perlu Sobat Bidan hindari demi kehamilan muda yang sehat. Apa sajakah itu? Simak postingan berikut sampai selesai, ya!

Mengangkat Barang Berat

Aduh, jangan sesekali mengangkat barang-barang berat saat suami sedang tidak di rumah. Bersabarlah sampai suami pulang, Sobat Bidan. Mengangkat barang yang berat seperti cucian basah seember besar, tabung gas, apa lagi galon, sangat dilarang bagi wanita yang sedang hamil muda. 

Hal ini bisa menyebabkan cidera punggung pada wanita hamil. Parahnya lagi, bahkan bisa menyebabkan kontraksi yang berujung pada ancaman keguguran. Diperhatikan betul, ya!

Mengepel Lantai

Terus siapa dong, yang harus ngepel kalau bukan kita para istri? Pasti itu bukan, yang ada di benak Sobat Bidan semua? Ya, mengepel lantai memang boleh-boleh saja, tapi pastikan melakukannya dengan hati-hati atau akan lebih baik jika dihindari. 

Pasalnya, gerakan mengepel dapat memberikan tekanan pada janin dan menjadikan kehamilan lebih berisiko. Selain itu, peradangan saraf juga dapat terjadi, bahkan linu pada pinggul. Lantai yang basah juga jadi perhatian tersendiri karena cenderung licin dan salah-salah menyebabkan tergelincir.

Jangan ngepel dulu!
Mengecat Tembok Atau yang Lainnya

Sobat Bidan punya hobi yang agak beda dari wanita pada umumnya, seperti mengecat tembok? Bila menjelang hari raya begini dan tembok perlu dicat ulang sementara sedang hamil muda, tahan dulu, ya. Serahkan saja urusan mengecat tadi pada suami.

Kandungan obat kimia di dalam cat atau pelitur tidak baik untuk seorang wanita hamil. Saat mengecat, tentunya Sobat Bidan harus sangat dekat dengan objek dan menghirup bau cat tersebut. Hal ini bisa membahayakan janin dalam kandungan bila menghirup bahan kimia itu terlalu lama.

Hindari Pekerjaan Kotor

Punya hewan peliharaan di rumah yang mengharuskan Sobat Bidan membersihkan kandangnya tiap pagi? Selama hamil muda, lebih baik hindari dulu pekerjaan ini. Hal itu erat kaitannya dengan bakteri tokso yang ada di kotoran burung, kucing, atau anjing. 

Jika seorang wanita hamil terinfeksi tokso, maka risikonya beragam, mulai dari yang ringan sampai berat. Cacat pada otak dan mata janin dapat terjadi karena infeksi ini, keguguran, bahkan kematian. Begitu pula saat membersihkan sampah, berhati-hati dan hindarilah kalau perlu.

Berdiri Terlalu Lama

Jangan berdiri terlalu lama
Pekerjaan apa di rumah yang menuntut Sobat Bidan untuk berdiri terlalu lama? Memasak, menjemur baju, dan masih banyak lagi, ya. Hal ini tidak baik bagi ibu hamil karena akan memberikan penekanan pada punggung dan kaki. Varises bisa ada di mana-mana bila ibu hamil sering melakukan hal ini. Jika memang mengharuskan posisi berdiri, maka selingilah dengan duduk tiap berapa menit sekali. Mengulek atau memotong bumbu bisa dilakukan dengan duduk, bukan?

Itu dia Sobat Bidan, beberapa hal di rumah yang harus dihindari saat hamil muda. Menjaga kehamilan muda yang sehat sebenarnya simpel saja, ya. Tentunya, hal ini juga butuh kerja sama yang baik dengan suami. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam Sayang,



No comments:

Post a Comment