Muncul Flek Cokelat Padahal Haid Masih Lama, Bahaya Tidak, Ya?

Flek cokelat sebelum masa menstruasi, bisa menjadi salah satu tanda bahaya.

flek cokelat

Selamat siang, Sobat Bidan

Adakah Sobat Bidan yang pernah mengalami munculnya bercak-bercak kecokelatan padahal tanggal mens masih lama? Pasti saat mengalami hal ini, Sobat Bidan jadi bingung dan bertanya-tanya: ini bercak apa? Ya atau tidak?

Munculnya flek cokelat ini bisa jadi pertanda dari banyak hal, lho, Sobat Bidan! Bisa saja memang normal dan tidak bahaya, tapi bisa juga pertanda bahaya. Nah, simak postingan ini sampai selesai supaya bisa membedakan flek yang berbahaya dan yang tidak, ya!

Flek yang Tidak Berbahaya

Beberapa hal ini mungkin akan menyebabkan Sobat Bidan mengeluarkan flek cokelat. Namun, tenang saja, flek cokelat karena hal-hal di bawah ini tidak berbahaya, kok. Apa saja itu?
  • Muncul di luar waktu menstruasi. Ini bukan flek yang berbahaya, bisa jadi muncul karena lendir keputihan yang bercampur dengan darah menstruasi yang masih tersisa. Jika mendekati tanggal menstruasi, flek ini bisa jadi merupakan tanda PMS. 
  • Muncul flek setelah berhubungan seksual. Ini juga bukan flek cokelat yang berbahaya. Bisa jadi, hal tersebut terjadi karena adanya perlukaan yang disebabkan oleh gesekan. Kondom yang tersangkut di vagina juga bisa menyebabkan munculnya flek ini karena terjadi iritasi.
Catat tanggal menstruasi
  • Muncul flek setelah KB. Misalnya KB pil dan suntik, maka kemunculan flek ini merupakan hal yang normal dan wajar. IUD yang bergeser dari posisinya juga bisa menyebabkan munculnya flek ini. Kemudian, pemeriksaan tertentu seperti pap smear juga dapat menimbulkan flek cokelat. Ini tidak berbahaya.
  • Munculnya flek di awal-awal kehamilan. Jika tidak disertai sakit perut yang dahsyat, munculnya flek ini merupakan salah satu dari tanda kehamilan. Ada perlukaan di dinding rahim saat proses nidasi, jadi muncul flek cokelat. Namun, tidak semua wanita hamil mengalami hal ini.
  • Munculnya flek cokelat di usia 40-50 tahunan. Hal ini merupakan tanda dari perimenopause, yaitu masa peralihan dari masa subur ke menopause.
Flek yang Berbahaya

Jika flek cokelat muncul disertai dengan tanda-tanda lain seperti nyeri perut yang hebat atau hal-hal yang mengganggu lainnya, inilah yang perlu diwaspadai. Flek cokelat seperti ini bisa saja merupakan tanda awal dari penyakit-penyakit di bawah ini :

Infeksi Menular Seksual

Flek cokelat bisa menjadi salah satu dari gejala IMS jika disertai bau yang tidak sedap. IMS memang menyebabkan iritasi pada jaringan vagina sehingga muncul flek ini. Gejala lain dari IMS adalah nyeri pada panggul, sensasi terbakar saat buang air kecil, serta nyeri saat berhubungan seks. Jika mendapati tanda-tanda ini, segera Sobat Bidan harus menghubungi dokter.

Gunakan kondom untuk mencegah IMS

Radang Panggul

Penyakit radang panggul disebabkan karena adanya infeksi pada sistem reproduksi. Selain itu, hal ini bisa juga disebabkan karena infeksi menular seksual. Gejala radang panggul adalah muncul flek cokelat yang berbau tidak sedap, sensasi terbakar saat BAK, nyeri pada panggul, nyeri setelah berhubungan seks, dan demam.

Kanker Serviks

Flek cokelat bisa juga menjadi sebuah tanda dari kanker serviks. Kanker ini dapat memicu perdarahan pada vagina, meskipun pada wanita yang sudah menopause. Ciri lain yang biasa terjadi adalah munculnya keputihan yang berbau, berair, bahkan bercampur darah. Gejala lainnya seperti nyeri panggul, kelelahan, dan penurunan berat badan yang tidak wajar.

Nah, itu dia Sobat Bidan,  flek cokelat yang tidak berbahaya dan berbahaya, yang terjadi di luar masa menstruasi. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


2 comments: