Hal-Hal yang Mungkin Akan Sobat Bidan Alami di Kehamilan Muda, Waspada, Ya!

Ada beberapa tanda kehamilan muda yang mesti Sobat Bidan waspadai.

bahaya hamil muda

Selamat siang, Sobat Bidan!

Rasanya hamil muda itu nano-nano, ya. Di tengah kebahagiaan, Sobat Bidan juga akan mengalami berbagai macam keluhan. Hal ini wajar, karena dalam masa-masa ini tubuh Sobat Bidan sedang melakukan penyesuaian atau adaptasi terhadap meningkatnya hormon-hormon kehamilan.

Dalam masa kehamilan muda, biasanya Sobat Bidan akan mengalami hal-hal seperti yang akan disebutkan di bawah ini. Sobat Bidan tidak perlu terlalu cemas, tapi juga perlu waspada, ya. Apa saja itu? Simak ulasan berikut sampai selesai.

1. Perdarahan 

Saat hamil muda, Sobat Bidan biasanya akan mengalami perdarahan, baik yang ringan sampai berat. Perdarahan ini biasanya disertai nyeri pada bagian bawah perut juga punggung dan terjadi dalam waktu-waktu tertentu. Namun, jangan panik dulu, ini bukan berarti kehamilan Sobat Bidan sedang dalam masalah serius. 

Jika perdarahan tersebut hanya terjadi dalam waktu satu sampai dua hari dengan frekuensi yang tidak banyak atau hanya flek, maka itu adalah salah satu dari tanda kehamilan. Ini terjadi karena ada perlukaan pada rahim akibat proses nidasi (menempelnya embrio dari pertemuan sel telur dan sperma).

Namun, jika perdarahan terjadi dalam waktu yang lama, banyak, dan disertai dengan nyeri perut yang hebat, maka itu yang perlu diwaspadai. Perdarahan semacam ini bisa jadi merupakan salah satu gejala dari abortus, kehamilan ektopik, atau hamil anggur.

bahaya flek saat hamil muda
Waspada flek atau perdarahan
2. Keputihan

Sebenarnya, keputihan yang terjadi dalam kehamilan muda adalah hal yang normal karena adanya perubahan hormonal. Dengan catatan, selama keputihan tersebut masih dalam ciri-ciri keputihan yang normal. Jika keputihan yang keluar dari jalan lahir berlebihan disertai gatal, berbau tidak sedap, dan berwarna misal kehijauan, itulah yang perlu Sobat Bidan waspadai.

Keputihan yang berlebihan dan gatal bisa jadi merupakan salah satu dari gejala penyakit menular atau infeksi seksual tertentu. Jika tidak segera diobati, hal ini dapat berbahaya bagi janin karena dapat mempengaruhi pertumbuhannya di dalam kandungan.

3. Demam

Sobat Bidan yang sedang hamil muda biasanya mudah terserang demam. Hal ini tidak masalah selama demam tersebut disertai flu atau pilek, karena berarti memang disebabkan virus flu atau pilek. Yang patut diwaspadai adalah apabila demam tersebut tidak disertai dengan flu atau pilek tadi. Suhu tubuh yang mendadak tinggi disertai dengan nyeri dan ruam otot, bisa menjadi pertanda infeksi salah satu virus seperti toxoplasma, citomegalovirus, atau parvovirus.

Hal ini sangat berbahaya bagi pertumbuhan saraf tabung bayi, karena perkembangan saraf tabung tersebut sedang terjadi dalam trimester pertama ini. Bila perkembangannya terganggu, kemungkinan bayi akan lahir dengan cacat bawaan atau cacat janin.
bahaya hamil muda
Waspada demam saat hamil muda
4. Mual Muntah

Kalau yang satu ini, kita sudah pernah membahasnya sama-sama di sini, ya, Sobat Bidan. Selama masih dalam batas wajar, maka mual muntah tidak perlu dikhawatirkan.

Nah, itu dia beberapa hal yang biasanya akan terjadi pada Sobat Bidan selama kehamilan muda. Tidak perlu terlalu panik dan cemas jika hal tersebut terjadi, ya. Tapi, segera periksakan ke dokter atau bidan jika hal-hal tersebut sudah melebihi batas wajar. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment