Ini Dia Tanda-Tanda Menstruasi Tidak Normal yang Harus Sobat Bidan Waspadai

Menstruasi tidak teratur menjadi tanda keabnormalan organ reproduksi. Apa saja tanda-tandanya?

menstruasi tidak teratur

Selamat siang, Sobat Bidan!

Tidak semua wanita mempunyai siklus menstruasi yang lancar, ya. Kadang, ada beberapa yang mengalami gangguan menstruasi dan membuat cemas. Apakah Sobat Bidan juga salah satunya? Gangguan menstruasi bisa disebabkan karena berbagai hal, klasifikasinya sudah pernah dibahas di sini, ya.

Pada postingan kali ini kita akan membahas bersama-sama bagaimana tanda-tanda menstruasi yang tidak normal tersebut. Simak sampai selesai, ya, Sobat Bidan!

Siklus Menstruasi

Sudah tahu belum, kalau siklus mens yang normal untuk wanita adalah antara 21-35 hari? Artinya, jarak antara menstruasi terakhir dengan menstruasi berikutnya harus ada di antara angka tersebut. Kalau Sobat Bidan misalnya, baru menstruasi lebih dari 35 hari setelah menstruasi kemarin, itu tidak normal. 

Sebaliknya, bila lebih cepat dari 21 hari atau kurang dari 2 minggu dari menstruasi terakhir kok sudah mens lagi, itu juga tidak normal. Ini terjadi karena berbagai sebab, salah satunya adalah sebab hormonal. Maka, perhatikan siklus menstruasi agar tahu apakah menstruasi Sobat Bidan normal dan teratur atau tidak. Tandai di kalender atau aplikasi menstruasi, ya.

Lama Waktu Menstruasi

Waktu yang normal menstruasi adalah antara 7 - 14 hari. Jika lebih atau kurang dari itu, maka ada sesuatu tidak normal yang sedang terjadi dengan organ reproduksi. Ini juga ditandai dengan banyak atau tidaknya darah menstruasi yang keluar. 

Jika darah yang keluar sangat banyak sampai Sobat Bidan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam, kemungkinan Sobat Bidan mengalami menorragia yaitu perdarahan dalam siklus menstruasi.

Motivational Quote
Catat tanggal menstruasi
Gumpalan Darah

Adanya gumpalan darah yang keluar beserta darah menstruasi adalah hal yang normal. Namun, bila gumpalan darah ini terlalu banyak, Sobat Bidan perlu waspada juga, karena itu pertanda Sobat Bidan sedang mengalami heavy periode.

Kram Berlebihan

Mengalami kram saat menstruasi atau biasa disebut dengan istilah dismenorea adalah hal normal. Namun, bila kramnya berlebihan dan terjadi dari pertama kali haid sampai sekarang, Sobat Bidan perlu waspada. Normalnya, kram perut ini akan berkurang seiring dengan umur yang bertambah atau jika Sobat Bidan sudah melahirkan.

Tapi jika tidak, bisa jadi kram tersebut adalah pertanda dari gejala penyakit lain. Apa lagi jika kram itu sampai mengganggu sekali seperti menyebabkan Sobat Bidan pingsan dan sebagainya. Segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Dismenorea berlebih
Tidak Menstruasi Sampai 3 Bulan

Tanda menstruasi tidak normal lainnya adalah bila Sobat Bidan tidak mendapat mens sampai 3 bulan lamanya. Ini bisa jadi merupakan tanda kehamilan, namun bisa juga tanda yang lainnya. Hal ini dinamakan amenorea, yang diindikasikan juga sebagai tanda pre menopause atau menopause. 

Bila Sobat Bidan masih dalam usia produktif, maka gangguan tersebut bisa disebabkan karena berbagai penyebab. Misalnya faktor hormonal, kurang gizi, dan sebagainya. 

Itu dia beberapa hal yang berkaitan dengan ketidaknormalan dalam menstruasi. Segera periksakan diri ke dokter bila mengalami salah satu dari tanda di atas, ya. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


No comments:

Post a Comment