Ingin Melahirkan Secara Normal? Ikuti Tips Ini, Sobat Bidan

Ada beberapa tips untuk ibu yang ingin menjalani persalinan normal.

tips melahirkan normal

Selamat siang, Sobat Bidan!

Sebagai seorang wanita, tentu kita ingin merasakan bagaimana melahirkan secara normal atau per vaginam, ya. Namun, di zaman sekarang ini, ada banyak komplikasi yang menyebabkan ibu harus melahirkan secara caesar.

Jika Sobat Bidan ingin melahirkan secara normal, alangkah pentingnya jika Sobat Bidan mempersiapkannya selama masa kehamilan. Ada tips-tips yang bisa dilakukan untuk hal ini, lho! Apa sajakah itu, simak postingan ini sampai selesai, ya!

1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Ya, ibu hamil dianjurkan sekali untuk memenuhi asupan gizinya sebaik mungkin. Mulai dari lemak, karbohidrat, mineral, protein, dan tentunya vitamin. Di akhir masa kehamilan, asupan vitamin di dalam tubuh haruslah stabil. 

Vitamin A, B, C, dan E penting sekali untuk menguatkan rahim agar meminimalisir intervensi saat proses persalinan. Selain itu, vitamin K juga penting untuk membentuk proses pembekuan darah dan mengurangi perdarahan yang terjadi saat atau pasca bersalin. Perdarahan sendiri dapat berakibat fatal bagi ibu.

Vitamin-vitamin ini bisa ditemukan di sayur-sayuran mau pun buah-buahan, sedang untuk vitamin K sendiri bisa didapat dari sayuran berdaun seperti bayam.

persalinan normal
Perbanyak sayur dan buah
2. Beraktivitas Fisik 

Mendekati masa persalinan, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan seperti lebih sering jalan-jalan, senam ibu hamil, dan sebagainya. Hal ini bisa membantu kondisi fisik ibu lebih prima untuk persiapan persalinan normal. Selain bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat, aktivitas fisik juga bisa mengalihkan fokus ibu terhadap rasa sakit.

3. Latihan Pernapasan

Nah, yang satu ini juga tidak kalah pentingnya untuk persiapan ibu sebelum memasuki proses persalinan. Di trimester tiga kehamilan, ibu dianjurkan untuk mempelajari teknik bernapas yang benar pada saat bersalin nanti. Ini bisa ibu dapatkan dengan mengikuti senam hamil atau yoga misalnya.

Selain menjadi tahu bagaimana teknik bernapas yang benar saat melahirkan nanti, ibu juga bisa menjadi lebih rileks dengan latihan bernapas ini. Latihan pernapasan juga bisa membuat ibu dan janin tercukupi kebutuhan oksigennya, sehingga dapat meminimalisir rasa sakit saat kontraksi selama proses persalinan berlangsung.

4. Jaga Pertambahan Berat Badan

Hal yang satu ini juga patut diperhatikan untuk ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Pembahasan tentang berat badan yang normal selama kehamilan akan dibahas sendiri pada label Kehamilan. 

Jika ibu punya berat badan ideal, maka risiko komplikasi kehamilan dan persalinan pun bisa diminimalisir. Selain itu, ibu dengan berat badan yang berlebih juga akan cenderung mengalami kesulitan saat persalinan, serta membutuhkan lebih banyak intervensi medis ketimbang ibu hamil yang berat badannya normal.

Jaga berat badan ideal
5. Latihan Squat

Latihan ini menjadi trend di kalangan ibu hamil karena memang bisa berpengaruh pada lancar tidaknya persalinan. Lebih lengkap tentang latihan squat ini akan dibahas dalam postingan tersendiri, ya. Ibu hamil yang mendekati masa HPL dianjurkan untuk setidaknya melakukan latihan squat minimal 15 kali per hari. Ibu tentu butuh bantuan pelatih atau orang yang sudah biasa menangani ini.

6. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Hal yang satu ini juga penting sekali untuk diperhatikan. Ibu hamil sebaiknya punya pola tidur dan istirahat yang teratur, apalagi menjelang persalinan. Ini menjadi suatu cara yang efektif supaya ibu bisa melalui proses bersalin dengan lancar.

Tidur yang cukup selama 6-7 jam per hari akan memulihkan stamina dan energi ibu dari lelahnya kehamilan dan beraktivitas. Meski banyak juga ibu hamil yang mengalami insomnia menjelang HPL-nya, namun ibu perlu untuk mencari tahu bagaimana mengatasi hal ini, ya.

7. Makanlah Kurma

Menurut penelitian, buah kurma mengandung semacam hormon oksitosin yang akan membantu kontraksi ibu. Mendekati detik HPL, ibu bisa mulai rutin memakan buah ini. Selain itu, kurma juga bisa membantu proses pelebaran serviks sehingga mempercepat pembukaan dan melancarkan proses bersalin normal.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa ibu dan Sobat Bidan coba selama masa akhir kehamilan jika ingin melahirkan secara normal. Semoga lancar proses persalinannya, ya!

Salam sayang,

Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment