Sobat Bidan, Begini Lho, Cara Merawat Luka Caesar

luka sesar

Selamat siang, Sobat Bidan!

Melahirkan secara caesar butuh perawatan luka yang lebih hati-hati, ya, karena biasanya luka bekas operasi ini memerlukan pemulihan yang lebih lama. Nah, dalam postingan kali ini kita akan membahas bagaimana sih, cara merawat luka bekas operasi caesar yang benar? Simak sampai selesai, ya!

Bentuk Luka Operasi Caesar

Luka operasi caesar biasanya sepanjang 10-15 cm, dengan lebar 0,3 cm. Bekas luka ini biasanya akan terlihat lebih gelap warnanya dibandingkan kulit ibu di sekitar luka. Namun, setelah pulih (dalam waktu sekitar 6 minggu), warnanya akan memudar sendiri dan menyamai warna kulit ibu.

Sedangkan bentuk dari luka caesar atau sayatannya sendiri ada dua, yaitu :

Horizontal

Sayatan berbentuk horizontal paling banyak digunakan para dokter untuk melakukan operasi caesar sekarang ini. Sayatan horizontal dibuat melintang pada posisi rahim terendah atau bagian perut paling bawah ibu. Nah, sayatan luka seperti ini akan memungkinkan ibu untuk bisa melahirkan secara normal meski sebelumnya melahirkan dengan caesar atau biasa disebut dengan VBAC.

Vertikal

Sekarang jarang dokter yang menerapkan sayatan berbentuk vertikal, hanya pada kondisi tertentu saja. Misal jika ibu memang sudah punya bekas operasi caesar dalam bentuk vertikal, posisi bayi tidak normal, atau bayi dalam keadaan darurat dan harus segera dilahirkan.

Sayatan ini dimulai dari bagian tengah perut sampai pada bagian teratas rambut kemaluan. Sayatan vertikal membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama dan berisiko lebih besar terhadap komplikasi persalinan jika ingin bersalin normal.

Metode Menutup Luka Caesar

Ada tiga cara yang biasa digunakan dokter untuk menutup luka operasi caesar, yaitu :

Staples

Menutup luka dengan staples kulit merupakan cara yang paling mudah dan cepat. Sebelum ibu pulang dari rumah sakit, dokter akan melepas dulu staples kulit tersebut.

Jahitan

Cara ini menggunakan jarum dan benang yang nantinya dapat menyatu dengan kulit ibu. Membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 30 menit, menutup luka operasi caesar dengan jahitan bisa mengurangi risiko komplikasi perlukaan sampai 57%.

Lem

Ini adalah cara yang paling mutakhir untuk menutup luka, yang akan membuat kulit menyatu kembali. Cara ini dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan meninggalkan bekas yang lebih baik dari kedua cara yang sudah disebutkan. 

Merawat Luka Caesar di Rumah

Sebelum ibu pulang dari rumah sakit, luka ibu akan ditutup dengan steril-strips, kertas yang menyerupai pita dan berfungsi untuk menjaga kebersihan luka. Steril strips ini nantinya akan lepas sendiri kira-kira dalam waktu satu minggu.

Makan makanan bergizi
Berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk merawat luka caesar di rumah :
  • Jangan mengangkat benda-benda berat pasca melahirkan caesar sampai kira-kira 2 minggu pertama
  • Boleh mandi dengan sabun tanpa menggosok bekas luka. Steril strips tidak akan bermasalah jika terkena air, namun tidak dianjurkan untuk berendam atau berenang
  • Jangan digaruk jika luka terasa gatal selama proses pemulihan, karena ini adalah hal yang normal. Cukup diusap saja pelan-pelan
  • Istirahat sebisa mungkin, jangan melakukan gerakan-gerakan yang akan menimbulkan peregangan luka ibu
  • Jaga posisi tubuh yang baik saat berjalan atau berdiri, serta tahan perut saat melakukan gerakan tiba-tiba seperti saat tertawa, batuk, atau bersin
  • Makan makanan yang mengandung protein seperti telur atau daging untuk pertumbuhan jaringan baru lebih cepat
  • Minumlah banyak air putih agar asupan cairan terpenuhi
  • Jagalah kebersihan luka untuk mencegah infeksi. Misal dengan membersihkannya saat mandi, menggosoknya lembut dengan sabun, lalu mengeringkannya dengan handuk yang empuk dan bersih
  • Pakai baju yang longgar agar luka mendapat sirkulasi udara yang cukup, ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Kontrollah jika memang waktunya kontrol ke dokter
Nah, itu dia Sobat Bidan, beberapa hal terkait cara perawatan luka pada bekas operasi caesar. Bagaimana, sudah bisa diterapkan di rumah, ya? Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


Pic by : Pexels.com


No comments:

Post a Comment