Jangan Panik, Begini Cara Menangani Perut Kembung Pada Bayi, Sobat Bidan

Selamat siang, Sobat Bidan!

mengatasi kembung pada bayi

Mempunyai bayi tentu memberi warna-warni tersendiri dalam kehidupan kita, ya. Banyak sekali hal-hal baru yang akan kita jumpai, kadang bahagia, cemas, bingung, dan sebagainya. Salah satu hal yang bisa membuat seorang ibu cemas adalah ketika si kecil kembung.

Aduh, kenapa ya, salah makankah? Masuk angin, atau yang lain? Nah, jangan panik dulu Sobat Bidan, postingan kali ini akan membahas tentang sebab dan cara menangani kembung pada bayi. Simak sampai selesai, ya!

Penyebab Kembung, Apa Saja?

Beberapa hal dapat menjadi penyebab si kecil mengalami kembung, di antaranya :

  • Kurang minum. Jika asupan ASI atau cairan si kecil kurang, maka ini bisa berakibat sembelit atau susah BAB. Nah, sembelit ini biasanya ditandai juga dengan keluhan sakit perut serta perut kembung. Maka dari itu, pastikan ASI yang ibu berikan cukup, ya. Jika bayi sudah diberi MPASI, tambahkan juga asupan air mineral dan makanan yang mengandung cairan.
  • Makanan berlemak atau tinggi serat. Ibu tidak boleh memberikan sembarang makanan pada si kecil. Beberapa bayi punya masalah pencernaan yang sangat sensitif dengan jenis makanan tertentu. Misalnya saja makanan berlemak seperti gorengan atau makanan berserat tinggi seperti sereal. Hal ini bisa memicu kembung pada perutnya.
  • Terlalu lama menangis. Menangis merupakan suatu hal yang wajar bagi si kecil. Namun, bila si kecil menangis terlalu lama, ini akan membuat perutnya kembung. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya udara yang masuk melalui mulut ke saluran pencernaannya.
  • Makan dan minum sambil bermain. Ini juga bisa memicu perut kembung pada si kecil. Alasannya, si kecil akan cenderung lebih cepat menelan makanan saat ia sedang bermain, sehingga udara yang ikut tertelan pun jadi lebih banyak. Selain membuat bayi mudah kembung, makan minum sambil bermain juga bisa meningkatkan risiko tersedak.
kembung
Makan sambil bermain picu kembung
  • Konsumsi brokoli, kol, dan kacang. Sebaiknya ibu mengombinasikan ketiga sayuran ini dengan makanan lain saat diberikan pada si kecil. Pasalnya, sayur-mayur tersebut bisa membuat perut bayi jadi kembung.
  • Intoleransi laktosa. Ini merupakan ketidakmampuan sistem pencernaan bayi untuk mencerna protein yang ada dalam susu sapi, dan dapat menyebabkan kembung. Segera bawa si kecil ke dokter jika penyebab kembungnya karena intoleransi laktosa, ya.

Bagaimana Cara Menanganinya?

Untuk menangani atau pun mencegah perut kembung pada si kecil, ibu harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Suapi atau susui si kecil saat ia sedang tenang untuk meminimalisir udara yang ikut masuk ke lambungnya
  • Pijat perut bayi atau urut punggungnya dengan minyak telon secara lembut, bisa membantu mengeluarkan angin penyebab kembung
  • Sendawakan bayi setelah disuapi atau disusui dengan cara menepuk-nepuk punggungnya. Ini juga akan membuat si kecil tidak gumoh
  • Miringkan botol susu saat menyusui agar tidak ada udara di dekat tutup botol yang ikut masuk ke saluran pencernaan
  • Gunakan botol yang bisa mencegah masuknya gelembung udara
  • Tegakkan tubuh si kecil saat ia menyusu atau makan. Jika sambil berbaring, pastikan posisi kepalanya lebih tinggi dari perut
Meski pada umumnya kembung pada si kecil tidak berbahaya, namun ibu tetap perlu waspada. Jika sudah dilakukan cara-cara tersebut kembungnya tidak berkurang, segera bawa ke dokter. Apalagi jika kembung tersebut muncul bersama gejala lain seperti demam, diare, atau muntah.

Nah, itu dia beberapa penyebab kembung pada bayi dan cara menanganinya. Jadi, jangan panik berlebihan dulu ya, Sobat Bidan. Semoga postingan ini bermanfaat!


Salam sayang,


Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment