Ini Dia Mitos-Mitos Seputar Menstruasi yang Sering Bikin Galau

Selamat siang, Sobat Bidan!

mitos saat menstruasi


Saat tamu bulanan hendak berkunjung, apa yang Sobat Bidan lakukan? Keramas satu hari sebelumnya karena katanya keramas saat mens itu bahaya? Siap-siap menahan es-es manis karena katanya minum es saat mens itu juga bahaya?

Biar tidak terus-menerus galau begitu, yuk, simak ulasan di bawah ini. Ada beberapa hal yang ternyata cuma mitos dan tidak ada kaitannya dengan menstruasi, tapi kok malah dipercayai. Apa sajakah itu?

Keramas Bikin Sakit Kepala?

Yang paling sering dikhawatirkan oleh kebanyakan perempuan saat menstruasi adalah: keramas tidak, ya? Ada rumor yang beredar bahwa pada saat menstruasi pori-pori kita sedang terbuka lebar. Nantinya, hal ini akan berbahaya karena bisa menyebabkan sakit kepala jika kita keramas. Catat ya, Sobat Bidan, itu cuma mitos! Justru, saat menstruasi kita dianjurkan untuk lebih menjaga kebersihan, termasuk kebersihan rambut. Masa iya, rambut mau dibiarkan lepek selama satu minggu lebih? Jadi, keramas saat menstruasi boleh dan aman-aman saja. Tidak ada penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa saat mens pori-pori kita melebar dan menyebabkan sakit kepala saat keramas.

Minum Es Bisa Bikin Darah Beku?

Adakah di antara Sobat Bidan yang tidak berani minum es saat mens karena pernah mendengar isu ini? Katanya darah mens akan membeku dan menempel di dinding rahim dan membuat mens jadi lebih lama. Seram, ya? Tapi, sekali lagi itu cuma mitos. Faktanya, tidak ada penjelasan ilmiah tentang hal tersebut. Menstruasi adalah siklus yang berkaitan erat dengan hormon progesteron dan estrogen. Jadi, bila ada gangguan menstruasi seperti mens lebih lama atau lebih pendek, itu bisa dikarenakan berbagai sebab seperti yang sudah dijelaskan di sini. Tidak perlu menahan diri dari es selama mens, hati-hati ngiler di tempat umum, lho.

Berhubungan Seks Saat Mens, Apa Bisa Hamil?

Jawabannya adalah, bisa. Justru, masa subur seseorang kadang terjadi di pertengahan saat orang tersebut sedang mens. Jika terjadi ovulasi dan dibuahi, bukan tidak mungkin kehamilan bisa terjadi meski sedang menstruasi. Tapi, lihat apa yang bisa Sobat Bidan dapat saat berhubungan seks dalam keadaan mens dulu, ya. Di sini.

mitos saat menstruasi

Menstruasi Bikin Lemas?

Saat menstruasi, kadang kita sering malas melakukan kegiatan dengan alasan lemas. Ya sih, memang kita sedang mengeluarkan darah. Tapi, tahukah Sobat Bidan bahwa darah menstruasi yang keluar itu maksimal hanya satu cangkir kecil saja? Itu pun sebenarnya adalah darah kotor yang tidak lagi diperlukan tubuh. Jadi, menilik hal ini, sebenarnya kita memang benar-benar sedang dilanda malas, bukan lemas karena mens. Namun, untuk mengantisipasinya, Kemenkes sudah menganjurkan supaya kita minum suplemen besi sehari sekali selama menstruasi, untuk mencegah anemia.

Minum Soda Bikin Mens Lancar?

Siapa yang bilang? Sudah, ini murni cuma mitos, ya. Pendapat ini sudah dipatahkan dengan penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa soda dan menstruasi itu tidak ada hubungannya sama sekali. Justru, terlalu banyak minum soda akan membuat asupan nutrisi tidak seimbang dan menjadi gangguan hormon. Kalau sudah begini, menstruasi bisa saja malah terganggu.

Saat Mens Tidak Boleh Olahraga?

Ini juga kata siapa? Justru, olahraga ringan dianjurkan bagi kita yang sedang mens. Selain obat pereda nyeri haid, olahraga ringan juga dapat mengurangi rasa nyeri saat kita menstruasi. Olahraga ringan ini contohnya berenang, bersepeda, atau berjalan kaki. 

Menstruasi, Masa Rawan Diganggu Makhluk Halus?

Nah, kalau yang satu ini bisa jadi iya bisa jadi juga tidak. Pada intinya, makhluk halus ada di mana-mana dan kapan saja, bukan hanya pada saat kita menstruasi. Namun, saat kita menstruasi (khususnya yang beragama Islam), intensitas ibadah kita jadi berkurang. Tapi, kita juga masih bisa melakukan amalan-amalan yang diperbolehkan seperti berzikir. Kalau ada yang mengatakan karena darah mens berbau amis dan kotor kemudian menarik makhluk halus tersebut, itulah mitosnya.

PMS, Mitos Atau Sugesti?

Wah, kalau yang satu ini sudah pernah dijelaskan di sini, ya. Yuk, dibaca lagi!

Itu dia beberapa mitos seputar menstruasi yang kerap kali kita jumpai. Bagaimana, jangan bingung-bingung lagi ya, Sobat Bidan. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,


Pic by : Pexels.com

2 comments:

  1. Waduh mba, aku suka banget pas mens minum soda, ternyata ga bagus yah.. makasih infonya :D

    ReplyDelete
  2. Widiihh dikomen blogger kece nan cantiiikkk, senengnyaah :D Iya mbak, ga bagus, tapi gak apa sih kalau gak berlebihan...

    ReplyDelete