Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengejan

Selamat siang, Sobat Bidan!

cara mengejan yang baik

Rasa sakit saat melahirkan tentu menjadi sesuatu yang tidak mudah dilupakan begitu saja, ya. Dari mulai awal kontraksi, pembukaan, sampai proses kala II sendiri sangat menyita banyak energi. Sobat Bidan sudah tahu? Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat sedang mengejan. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut sampai selesai, ya!

Jangan Mengejan Sebelum Waktunya

Mengejan merupakan proses alami. Pertanda seorang ibu bersalin sudah dibolehkan mengejan adalah saat pembukaan sudah lengkap atau bila sudah diinstruksikan oleh dokter mau pun bidan. Sebelum itu, meski dorongan mengejan ini begitu kuat, tapi jangan lakukan. Mengejan sebelum pembukaan lengkap justru akan membuat jalan lahir bengkak. 

Jika jalan lahir bengkak, maka nanti setelah benar dibolehkan mengejan, justru akan semakin terasa sakit. Selain itu, proses kala II pun bisa menjadi terhambat sehingga persalinan jadi tidak lancar. Dorongan mengejan yang kuat ini bisa diatasi dengan mengatur pernapasan, misalnya dengan napas pendek-pendek.

Jangan Memejamkan Mata

Pada saat bersalin atau mengejan, biasanya nakes akan melarang ibu untuk memejamkan mata. Memejamkan mata saat mengejan bisa membuat pembuluh darah di mata pecah karena mendapat tekanan yang tinggi. Jika pernah mendengar perempuan yang matanya jadi minus setelah melahirkan, nah, itu kemungkinan dia memejamkan mata saat mengejan.

Jangan Berteriak

Adegan berteriak saat proses mengejan di sinetron tolong jangan ditiru. Hal ini tidak dibenarkan sama sekali dalam dunia medis. Berteriak justru akan membuat ibu semakin merasa kesakitan. Selain itu, ibu juga akan membuang lebih banyak energi yang sangat dibutuhkan untuk proses mengejan. Meski sakit luar biasa, cobalah untuk mengatur napas sesuai instruksi penolong persalinan dan tetap fokus.

cara mengejan yang benar
Lakukanlah senam hamil atau olahraga ringan
Jangan Ditahan

Jika memang waktu mengejan sudah tiba dan penolong sudah menginstruksikan untuk itu, maka mengejanlah. Jangan sekali-kali ditahan karena misal takut feses akan keluar. Lakukan saja sesuai instruksi penolong, mengejanlah serileks mungkin.

Jangan Mengangkat Panggul 

Saat mengejan pasti akan ada dorongan untuk mengangkat panggul. Tapi, hati-hati, dorongan tersebut lebih baik tidak dituruti. Mengangkat panggul saat sedang mengejan berisiko meningkatkan robekan perineum. Ibu tentu tidak mau punya jahitan yang panjang, bukan? Rileks saja saat mengejan, serta atur napas.

Jangan Asal Bernapas

Dalam proses bersalin atau mengejan, mengambil napas ada aturan dan tekniknya. Jadi, ibu jangan sampai asal bernapas atau bernapas tidak beraturan. Ikut instruksi penolong saat menganjurkan harus mengambil napas panjang atau justru napas pendek. Bernapas tidak beraturan akan membuat ibu semakin merasa sakit dan juga membuang energi. Hal ini bisa ibu pelajari saat kandungan memasuki trimester kedua, misal dengan mengikuti senam hamil.

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya tidak ibu lakukan saat sedang mengejan. Bagaimana, sudah semakin siap menghadapi persalinan? Semoga postingan ini bermanfaat!


Salam sayang,


Pic by : Pexels

No comments:

Post a Comment