Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi, Begini Caranya Sobat Bidan!

Selamat siang, Sobat Bidan!

hidung tersumbat pada bayi


Jangan panik dulu bila bayi mengalami hidung tersumbat. Tanpa obat-obatan, Sobat Bidan bisa mengatasinya sendiri di rumah sebelum si kecil dibawa ke dokter. Biasanya, di tahun pertama bayi akan sering mengalami kondisi pilek atau hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuhnya yang belum terbentuk dengan sempurna.

Selain adanya penumpukan cairan di dalam hidung, saat pilek maka pembuluh darah serta jaringan hidung lainnya akan mengalami pembengkakan. Inilah yang kemudian menyebabkan hidung bayi tersumbat. Untuk memberi pertolongan pertama di rumah, Sobat Bidan bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Pastikan Kebutuhan Cairan Cukup

Bila si kecil terkena pilek dan hidung tersumbat, cairan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Pastikan ASI diberikan secara adekuat ya, karena ASI dapat meningkatkan sistem imun si kecil. Bila si kecil sudah diberikan MPASI, boleh juga dibuatkan sup hangat sebagai tambahan asupan cairannya. Ini akan membuat si kecil merasa lebih baik.

2. Bantu Mengeluarkan Ingus

Tentunya si kecil belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri, bukan? Karena itu, Sobat Bidan sebagai ibu harus membantu mengeluarkan cairan yang membuat hidungnya tersumbat. Bagaimana caranya? Bisa menggunakan alat pengisap ingus (aspirator) atau pipet kecil untuk menghisap ingus. Alat ini biasa dijual di Baby Shop atau apotek.

Jika masih kesulitan, Sobat Bidan bisa membeli cairan garam steril yang juga dijual di apotek. Teteskan cairan saline ini ke hidung bayi supaya ingusnya menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan. Setelah itu, cobalah isap kembali ingusnya dengan alat pengisap tadi.


3. Berikan Penguapan

Hidung tersumbat tentu membuat si kecil susah bernapas, ya. Untuk memudahkannya, si kecil butuh udara yang lembap dan hangat. Nah, Sobat Bidan bisa mendekatkan bayi ke baskom yang berisi air hangat agar dia bisa menghirup uapnya. Akan lebih bagus jika di rumah ada fasilitas air panas di kamar mandi. Bawa bayi ke kamar mandi sambil nyalakan kran air panas agar si kecil bisa menghirup uap dari air panas tersebut.

4. Jagalah Sirkulasi Udara di Rumah

Selain ketiga hal di atas, Sobat Bidan juga harus memastikan bahwa udara di rumah dalam keadaan bersih. Sirkulasi udara yang kotor seperti tercampur dengan asap rokok, dapat memperparah kondisi pilek si kecil.

5. Bawa ke Dokter

Jika keempat hal tadi sudah dilakukan namun bayi belum menampakkan perubahan, maka segera bawa ke dokter. Bayi akan diperiksa dan diberi obat yang sesuai dengan gejala dan pilek yang dialaminya.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Sobat Bidan lakukan saat si kecil terserang pilek dan hidung tersumbat. Lakukan dengan tenang dan jangan panik berlebihan, ya! Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,




No comments:

Post a Comment