Suntik KB Saat Hamil, Berbahayakah?

Selamat siang, Sobat Bidan!

Bahaya KB suntik saat hamil
Ada tidak yang pernah menjumpai atau bahkan mengalami sendiri kejadian ini, khususnya bagi pengguna KB suntik? Tiba-tiba saja hamil padahal kemarin jadwal suntik KB tidak terlewat dan tidak juga telat. Alhasil bingung, apakah ini yang disebut kebobolan atau sebenarnya sebelum suntik itu sudah hamil?

Setelah diperiksa ternyata hasilnya menunjukkan bahwa umur kehamilan sudah jauh lebih tua dibandingkan waktu suntik KB yang baru beberapa hari atau minggu. Kalau demikian, berarti kesimpulannya sebelum suntik KB sudah hamil duluan, dong! Waduh, kok bisa sampai tidak ketahuan, ya?

Lalu muncul lagi pertanyaan: bahaya tidak obat KB yang masuk dalam tubuh saat sedang hamil begini? Apa efek sampingnya untuk si janin di dalam perut? Yuk, simak ulasan ini sampai selesai!

Bolehkah suntik KB selama hamil?

Jawabannya jelas tidak boleh. KB suntik bekerja dengan cara menipiskan dinding rahim, menebalkan cairan vagina, dan menghambat pelepasan sel telur. Jika progestin yang ada dalam KB suntik ini dimasukkan ke dalam tubuh ibu hamil, dikhawatirkan akan mengganggu kondisi fisiknya dan berbahaya bagi kehamilannya.

Apa efek sampingnya?

Ada beberapa efek samping yang mungkin akan terjadi baik pada ibu maupun janin, berikut di antaranya :

  • Terjadi perdarahan pada ibu
  • Meningkatnya risiko keguguran atau lahir prematur
  • Risiko cacat bawaan pada janin seperti bibir sumbing, kelainan jantung bawaan, dan sebagainya

Bagaimana jika sudah terlanjur?

Jika kasusnya ibu tidak tahu kalau dirinya sedang hamil dan terlanjur suntik KB, maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar segera diperiksa dan diberi penanganan yang tepat. Berikut hal yang bisa ibu lakukan :
  • Lakukanlah pemeriksaan Antenatal Care (ANC) secara rutin setiap bulannya. ANC dilakukan minimal 4 kali selama kehamilan
  • Istirahat yang cukup dan teratur minimal 5-6 jam per harinya
  • Penuhi asupan nutrisi dengan baik, dengan makanan bergizi dan bervariasi
  • Minum multivitamin yang diberikan dokter atau bidan terutama asam folat untuk mencegah kecacatan janin dan zat besi untuk mencegah anemia
  • Jangan stres
  • Jangan melakukan aktivitas yang berat
  • USG
Kasus ini masih sering terjadi di Indonesia, mungkin bisa saja ibu memang tidak sadar jika dirinya sedang hamil. Namun, sebagai nakes khususnya bidan yang biasa menangani KB suntik, hendaknya sebelum memberikan suntik KB diperiksa dulu dengan palpasi perut untuk memastikan jika akseptor sedang tidak hamil.

Nah, itu dia Sobat Bidan, beberapa hal tentang Kb suntik pada ibu yang sedang hamil. Semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Salam sayang,

Bidan Ayu


Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment