Sobat Bidan Sudah Tahu? Ini Dia Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Selamat siang, Sobat Bidan!


Posisi tidur yang sulit merupakan keluhan umum yang dirasakan seorang ibu hamil, ya. Memang, jika posisi tidur ini salah, maka akan ada gangguan kesehatan yang cukup berisiko bagi ibu hamil. Lalu, bagaimana sebaiknya posisi tidur bagi seorang ibu hamil? Simak ulasan ini sampai selesai, ya, Sobat Bidan!

Posisi telentang

Bagaimana dengan posisi tidur telentang? Bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih muda (kurang dari 5 bulan), posisi tidur dengan telentang mungkin masih nyaman-nyaman saja. Hal ini dikarenakan kondisi perut yang belum terlalu besar. Namun, jika usia kehamilan sudah memasuki trimester dua, sebaiknya ibu hamil menghindari posisi telentang ini.

Kenapa? Karena tekanan pada pembuluh darah besar yaitu vena cava inferior dan aorta bisa meningkat. Jika pembuluh darah itu tertekan, maka akan menghambat peredaran darah ke tubuh ibu bahkan ke janin. Hal ini, jika terlalu lama dan terus menerus dilakukan tentu akan berbahaya untuk janin.

Posisi miring kiri

Sebagian ahli menganjurkan supaya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri. Hal ini ternyata banyak manfaatnya untuk ibu, seperti bisa memperlancar sirkulasi darah menuju rahim, ginjal, dan janin. Selain itu, tidur miring ke kiri juga membuat lambung ibu nyaman dan tidak menekan organ hati yang ada di sisi kanan tubuh.

Tidur miring kiri juga bagus untuk ginjal karena menjadi lebih leluasa bekerja sehingga tidak terjadi penumpukan cairan. Jika ibu hamil mengalami penumpukan cairan, maka hal tersebut bisa menimbulkan pembengkakan atau oedem di kaki maupun tungkai.

Menggunakan bantal

Bantal khusus ibu hamil bisa membuat tidur ibu lebih nyaman. Jika ibu merasakan sesak, maka letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh supaya posisi dada jadi lebih naik. Bila merasa nyeri di ulu hati, maka ibu hamil bisa meletakkan bantal di bawah kepala dan punggung supaya tubuh bagian atas jadi lebih tinggi. 

Sementara untuk menahan agar tetap berada pada posisi miring kiri, ibu bisa meletakkan bantal untuk mengganjal perut dan tungkai kaki. Jika ingin asam lambung tidak naik, maka ibu bisa tidur dengan posisi setengah duduk.

Bila sulit tidur

Beberapa hal ini perlu diperhatikan apabila ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur, di antaranya :

  • Jangan melakukan olahraga (meski ringan) mendekati waktu tidur
  • Minumlah susu hangat yang dicampur madu supaya badan dan pikiran lebih rileks
  • Lakukan rutinitas seperti tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya
  • Hindari minuman berkafein seperti teh, kopi, atau soda
  • Saat mengalami kram sehingga terbangun dari tidur, pijakkanlah telapak kaki ke dinding dan dorong hingga ada tarikan di otot betis dan paha, tahan hingga beberapa saat sampai kram hilang
  • Ikut senam hamil secara rutin agar tubuh senantiasa bugar
Nah, itu dia Sobat Bidan, beberapa hal yang perlu Sobat Bidan ketahui mengenai posisi tidur saat hamil. Semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Pic by : Pexels.com

Salam sayang,





No comments:

Post a Comment