Sobat Bidan, Ini Dia Ciri-Ciri Keputihan yang Normal

Selamat siang, Sobat Bidan!

Ciri keputihan yang normal
Pernahkah Sobat Bidan mengalami keputihan? Tentu setiap wanita pernah mengalami keputihan ya, karena keputihan sendiri merupakan siklus yang normal bagi wanita. Keputihan memiliki manfaat juga salah satunya untuk membersihkan vagina. Selain itu, keputihan dapat meningkat pada saat Sobat Bidan melakukan hubungan seks, olahraga, stres, masa ovulasi, dan pengaruh KB.

Namun, pernah tidak Sobat Bidan kadang merasa was-was karena keputihan yang berlebihan dan sebagainya? Untuk mengetahui itu, Sobat Bidan harus tahu dulu bagaimana tanda-tanda keputihan yang normal. 

1. Warna

Ciri pertama yang bisa dilihat apakah keputihan tersebut normal atau tidak adalah warnanya. Warna keputihan yang normal adalah putih dan jernih, dan akan jadi kekuningan saat kering. Jika warna keputihan Sobat Bidan tidak seperti ini, maka perlu diwaspadai adanya infeksi atau bakteri.

2. Tekstur

Jika tekstur keputihan Sobat Bidan menggumpal atau berbentuk busa dan seperti gelembung, maka waspadalah karena mungkin saja itu bukan keputihan yang normal. Keputihan normal memiliki tekstur yang bermacam-macam tergantung siklus tubuh yang sedang terjadi. Misalnya bertekstur seperti pasta, lengket, atau elastis pada saat masa subur. 

3. Bau

Keputihan yang normal tidak berbau. Jika keputihan yang dialami Sobat Bidan berbau busuk atau amis, itu merupakan keputihan yang tidak normal.

4. Jumlah

Jumlah keputihan sendiri tidak bisa dijadikan tolak ukur normal atau tidaknya, tentu harus diamati juga dengan gejala yang lain. Jumlah keputihan pada wanita akan beragam tergantung siklus apa yang sedang terjadi di dalam tubuhnya.

Sobat Bidan perlu memperhatikan kondisi keputihan yang dialami. Jangan membandingkan dengan orang lain, itu justru kurang tepat karena setiap wanita berbeda kondisinya. Mengamati keputihan dengan memperhatikan warna, bau, tekstur dan jumlahnya sangat penting untuk mengetahui apakah itu keputihan yang normal atau tidak. Dengan begitu Sobat Bidan bisa membandingkan keputihan yang dialami kemarin dengan keputihan saat ini, dan seterusnya.

Jika keputihan tersebut disertai dengan gejala lain seperti demam, penurunan BB yang drastis, nyeri perut, kelelahan, dan meningkatkan rasa ingin BAK, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Bisa saja keputihan yang Sobat Bidan alami adalah gejala lain dari suatu penyakit.


Itu dia ciri-ciri keputihan normal yang mesti Sobat Bidan tahu. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,

Bidan Ayu

Pic by : Pexels


No comments:

Post a Comment