Makanan yang Dianjurkan Bagi Sobat Bidan Dalam Masa Nifas

Selamat siang, Sobat Bidan!

Makanan selama nifas
Adakah Sobat Bidan yang sedang dalam masa nifas? Adakah yang pantang makan dan takut makan ikan atau telur? Yuk, kita ulas sama-sama makanan apa saja sih, yang dianjurkan untuk ibu dalam masa nifas?

1. Susu

Tidak hanya si kecil yang membutuhkan susu, tapi ibu pun sangat membutuhkan asupan susu. Selain bagus untuk tulang, minum susu saat masa nifas pun dapat menjaga kebugaran dan kesehatan ibu. 

2. Makanan yang mengandung protein

Selain susu, makanan yang mengandung protein sangat bagus dikonsumsi oleh ibu nifas. Protein bisa memberikan efek tenang pada otak, selain itu juga bisa menumbuhkan jaringan baru yang akan membuat luka bekas jahitan ibu menjadi cepat kering. Protein bisa didapat dari telur, ikan, daging, juga cemilan seperti yoghurt, keju, juga biskuit.

3. Minyak Omega 3

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minya omega 3 dapat mengurangi tingkat stres pada otak. Ibu nifas memerlukan makanan ini karena mengatasi bayi baru lahir dan dirinya sendiri saat masa ini tidaklah mudah. Hal inilah yang kadang menimbulkan stres bahkan depresi. Kandungan minyak omega 3 bisa didapat dari berbagai makanan seperti ikan salmon, biji kenari, dan minyak zaitun.

4. Air putih

Ibu nifas butuh sekitar 3 liter cairan per harinya. Karena itu, penuhilah kebutuhan cairan ini dengan konsumsi air putih banyak-banyak. Hal ini akan berpengaruh pada kelancaran ASI ibu dan mengurangi risiko dehidrasi. Dehidrasi bisa berujung kelelahan dan depresi pada ibu nifas.

5. Sayuran hijau

Perbanyaklah makan sayuran hijau saat masa nifas. Sayuran hijau banyak mengandung vitamin yang diperlukan tubuh pada masa-masa ini, serta mengandung banyak antioksidan. Selain itu, beberapa sayuran hijau juga kaya akan zat besi yang bisa mencegah ibu dari anemia. Contoh sayuran hijau adalah brokoli, kol, daun katuk, bayam, buncis, dan lain-lain. 

6. Cokelat

Jika ibu dianjurkan ngemil makanan yang mengandung gula, maka pilihlah cokelat. Utamanya dark chocholate yang punya 70% kadar cocoa yang lebih tinggi, sangat bagus sekali untuk membangun mood ibu dalam masa nifas.

7. Buah-buahan

Ibu nifas sangat membutuhkan lebih banyak vitamin C di masa ini daripada saat hamil. Karenanya, ibu dianjurkan untuk makan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, apel, tomat, dan sebagainya. Vitamin C sangat bagus untuk kekebalan tubuh dan juga antioksidan.

8. Kurangi kafein

Jika selama hamil ibu sudah banyak mengurangi konsumsi kafein, pertahankan hal ini sampai masa nifas. Konsumsi kafein terlalu sering sepanjang hari akan membuat mood ibu terganggu, gelisah, dan mudah lelah.

Nah, itu dia Sobat Bidan, beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa nifas. Jadi, jangan pantang makan lagi, ya! Semoga postingan ini bermanfaat!

Jangan pantang makan, ya!

Salam sayang,

Bidan Ayu

Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment