Makan Pedas Saat Masa Menyusui, Boleh Tidak?

Selamat siang, Sobat Bidan!

Makan pedas saat menyusui, bolehkah?
Di bahasan nifas kali ini, yuk, kita bahas satu rumor yang menyatakan bahwa makan pedas saat menyusui itu dilarang. Alasannya macam-macam, katanya bayi bisa ikut diare jika ibu makan makanan pedas. Benarkah demikian? Itu mitos atau fakta? Simak ulasan berikut sampai habis, ya!

Rupanya, itu hanya mitos

Dr. Paula Meier Ph.D menyebutkan bahwa sebenarnya tidak ada pantangan makan bagi ibu menyusui termasuk makanan pedas sekalipun. Jelas, ini hanyalah mitos yang beredar di masyarakat karena tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan kebenarannya. 

Payudara ibu sudah mempunyai penyaring nutrisi yang nantinya akan diproduksi menjadi ASI dan disimpan sebagai nutrisi atau sumber tenaga ibu. Proses produksi dari makanan menjadi ASI ini pun berlangsung cukup lama, antara 4-6 jam setelah makan. Ibu hanya perlu menghindari makanan yang jelas memberi efek buruk bagi tubuh seperti alkohol. 

Apa rasa ASI akan berubah?

Pada dasarnya, rasa dari ASI tidak akan dengan mudahnya berubah meski ibu makan makanan dengan beraneka ragam rasa seperti pedas, manis, asam, mau pun asin. Bila pun terjadi perubahan rasa pada ASI setelah ibu mengkonsumsi makanan tertentu, pedas misalnya, itu akan menjadi pengalaman baru bagi bayi untuk mencecap aneka ragam rasa makanan. Akan tetapi, rasa ASI-nya pun tetap akan lebih dominan dari rasa yang lain, jadi ibu tidak perlu khawatir.

Ada keuntungannya, lho!

Mungkin belum banyak ibu yang tahu bahwa mengkonsumsi makanan pedas saat menyusui juga memiliki keuntungan bagi si kecil. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang menyusu dari ibu yang makan beraneka ragam makanan seperti manis, pedas, asin, dan sebagainya, kelak tidak akan pilah-pilih makanan saat dia mulai makan. 

Hal ini terjadi karena sejak menyusui si kecil biasa mencecap beraneka rasa tersebut, jadi lidahnya akan mudah menyesuaikan saat dia mulai makan makanan padat. Karena inilah, bayi ASI biasanya lebih doyan makan daripada bayi yang hanya disusui dengan sufor yang punya rasa sama.

Amati efeknya

Meskipun tidak dilarang, namun tentunya ibu tidak boleh berlebihan saat makan makanan pedas di masa menyusui ini. Bisa jadi makanan pedas tersebut akan mengganggu pencernaan ibu sendiri, seperti diare. 

Begitu pula, perhatikan reaksi pada bayi setelah minum ASI saat ibu makan makanan pedas. Ada kemungkinan bayi akan jadi rewel, tidur lebih sebentar, tampak tidak nyaman, diare, dan timbul reaksi pada kulit. Jika timbul gejala demikian, berarti si kecil termasuk sensitif dengan rasa pedas yang dikonsumsi ibu. Namun, perlu juga diperhatikan faktor lainnya, karena bisa saja bayi mengalami hal tersebut bukan karena rasa pedasnya.



Nah, itu dia Sobat Bidan, penjelasan seputar konsumsi makanan pedas pada masa menyusui. Intinya, ibu tidak dilarang makan makanan pedas saat menyusui asal jangan berlebihan dan si kecil tidak menunjukkan gejala sensitifnya terhadap rasa pedas. Semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Salam sayang,

Bidan Ayu

Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment