Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Selamat siang, Sobat Bidan!


Apakah Sobat Bidan sedang menanti detik-detik HPL? Sudah berkemas mempersiapkan berbagai keperluan untuk bersalin? Sudah menentukan di mana tempat persalinan? Idealnya, urusan-urusan seperti ini sudah harus siap saat usia kehamilan menginjak 8 bulan.

Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

1. Persiapan Rumah

Ada beberapa hal yang sebaiknya Sobat Bidan persiapkan di rumah menjelang persalinan, berikut di antaranya :
  • Penuhi keperluan bulanan. Jangan anggap sepele, hal ini perlu. Sepulang dari rumah sakit, Sobat Bidan dan pasangan akan merasa lega saat tahu keperluan bulanan sudah siap dan tersedia. Perlu ditambahkan juga perlengkapan bayi Sobat Bidan seperti popok, pampers, waslap, botol susu, deterjen bayi, dan sebagainya. Rekomendasi perlengkapan pasca melahirkan yang lain adalah pembalut, obat pencahar sesuai resep dokter, pereda nyeri, kassa steril, bahkan celana dalam cadangan.
  • Bayar berbagai keperluan rumah tangga. Kedengarannya memang sepele, tapi ini akan memudahkan Sobat Bidan nantinya sepulang dari tempat bersalin. Tidak ada salahnya menyelesaikan urusan bayar-membayar ini terlebih dahulu. Misal bayarkan dulu tagihan listrik, PDAM, wi-fi, iuran bulanan RT, dan sebagainya.
  • Persiapkan tenaga bantuan. Minggu-minggu awal kehadiran bayi, Sobat Bidan pasti akan membutuhkan bantuan untuk mengurus semuanya. Jangan tolak jika ada sanak yang menawarkan bantuannya. Jika tidak, Sobat Bidan bisa mempekerjakan orang untuk sementara waktu misal untuk mengurus rumah dan pekerjaan lainnya. 
  • Persiapkan tempat bayi. Sobat Bidan dan pasangan harus memikirkan hal ini jauh-jauh hari. Jangan sampai kebingungan sendiri saat nanti tiba di rumah pasca bersalin. Setidaknya sudah ada kamar untuk bayi, pakaian mau pun popok yang lengkap, perlengkapan seperti sprei, perlak, bedong, bedak, dan sebagainya. 
  • Bicarakan dengan pasangan. Apa yang perlu dibicarakan? Apa saja, terutama terkait tugas Sobat Bidan dan pasangan pasca kehadiran si kecil. Hal ini perlu dibicarakan, seperti pembagian tugas rumah, dukungan untuk ASI, suport mental yang diperlukan ibu, anggaran rumah tangga yang mungkin akan berubah, dan lain-lain.
2. Persiapan Rumah Sakit

Setelah urusan rumah selesai, persiapkan juga hal-hal yang berkaitan dengan rumah sakit atau tempat di mana Sobat Bidan akan melahirkan. Berikut di antaranya :
  • Daftarkan persalinan. Tidak ada salahnya mendaftarkan persalinan Sobat Bidan jauh-jauh hari. Ini bertujuan supaya nanti pada saatnya, Sobat Bidan tidak perlu lagi mengurus segala tetek-bengek dan birokrasi panjang pendaftaran. Minta pasangan untuk mengenali detail rumah sakit atau tempat bersalin, seperti di mana pintu masuk-keluar yang efektif untuk parkir mobil, dan sebagainya. Tanyakan nomor telepon rumah sakit dan kapan sebaiknya Sobat Bidan harus ke rumah sakit.
  • Tentukan siapa yang akan menemani. Biasanya, rumah sakit membatasi jumlah keluarga yang boleh menemani selama persalinan. Tentukan dari sekarang siapa yang akan menemani selain suami.
  • Tas bersalin dan pasca bersalin. Bedakan kedua tas ini sesuai dengan isi dan keperluan yang diperlukan. Packing jauh-jauh hari sebelum HPL sehingga pada saatnya nanti Sobat Bidan tinggal membawanya saja.
3. Perlengkapan di Tas

Nah, berikut perlengkapan yang harus ada di dalam tas persalinan yang sudah disebutkan di atas tadi :
  • Identitas diri. KTP, SIM, asuransi, BPJS, dan kartu identitas lainnya harus dipersiapkan, jangan sampai ketinggalan
  • Baju ganti. Rumah sakit biasanya mempunyai baju khusus untuk pasien, tapi tidak ada salahnya membawa cadangan seperti daster atau piyama yang nyaman. Usahakan memakai pakaian yang memudahkan nakes melakukan pemeriksaan
  • Perlengkapan bayi seperti kain bedong, popok, baju bayi, topi, kaus kaki, perlak, kain-kain jarik, dan sebagainya
  • Alat relaksasi. Jika perlu, Sobat Bidan bisa menyiapkan alat relaksasi sederhana seperti bola tenis dan kaus kaki. Masukkan bola tenis ke dalam kaus kaki, ikat ujungnya lalu minta suami untuk menggulirkannya ke atas-bawah sepanjang punggung Sobat Bidan. Bisa juga membawa buku kesukaan, atau relaksasi dengan musik
Beberapa perlengkapan di dalam tas pasca melahirkan :
  • Perlengkapan mandi dan kecantikan seperti sabun, sikat dan pasta gigi, sisir, shampoo, ikat rambut, tisu basah, dan sebagainya
  • Baju ganti ibu dan bayi, bawa secukupnya
  • Camilan
  • Buku dan bolpoin
  • Handphone dan carger
Nah, itu dia beberapa hal yang perlu disiapkan Sobat Bidan menjelang persalinan. Semoga bermanfaat!

Salam sayang,



No comments:

Post a Comment