Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Keputihan, Sobat Bidan Harus Tahu!

Selamat siang, Sobat Bidan!

Penyakit yang ditandai dengan keputihan
Setelah kita membahas ciri-ciri keputihan yang normal di sini, sekarang kita akan membahas bagaimana keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal memiliki banyak ciri tertentu, tergantung dari penyebab ketidaknormalan itu sendiri. Keputihan yang tidak normal juga bisa jadi merupakan salah satu tanda atau ciri dari suatu penyakit tertentu.

Apa saja dan bagaimana ciri keputihan yang tidak normal tersebut? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

1. Vaginosis

Vaginosis merupakan infeksi ringan pada miss-V yang disebabkan oleh bakteri yang merugikan. Ciri dari vaginosis adalah adanya pembengkakan dan kemerahan pada miss-V atau vulva yang disertai rasa gatal. Selain itu, bakteri penyebab vaginosis ini juga bisa membuat keputihan menjadi berbau amis serta berwarna kuning, abu-abu, atau putih keruh. 

2. Trikomoniasis

Berbeda dengan vaginosis, trikomoniosis adalah penyakit menular seksual yang lebih serius. Ini disebabkan oleh bakteri Trichomonas Vaginalis. Bila terserang penyakit ini, Sobat Bidan akan merasakan nyeri saat buang air kecil dan gatal pada miss-V. Selain itu, tanda yang lain adalah keluarnya keputihan yang berwarna kuning, kehijauan, serta berbusa dan berbau tidak sedap.

3. Kanker serviks atau kanker endometrium

Keputihan yang tidak normal juga bisa jadi merupakan salah satu gejala dan tanda dari kanker serviks atau kanker endometrium (dinding rahim). Keputihan sebagai tanda penyakit ini biasanya berwarna coklat hingga kemerahan yang disertai bau menyengat tidak sedap, nyeri panggul, serta perdarahan dari miss-V. Jika tidak disertai tanda gejala tersebut, bisa jadi keputihan berwarna merah disebabkan karena siklus menstruasi yang tidak teratur.

4. Infeksi jamur

Jika keputihan berwarna putih kental serta berbau tidak sedap, Sobat Bidan perlu waspada. Jika ditambah dengan gejala seperti gatal dan bengkak pada miss-V, sakit pada vulva dan merasa nyeri saat berhubungan seksual, ada kemungkinan Sobat Bidan terkena infeksi jamur. 

Nah, itu dia beberapa penyakit yang ditandai dengan keputihan tidak normal. Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut, Sobat Bidan harus selalu menjaga kebersihan miss-V dengan cara yang benar seperti tidak sering memakai pembersih kewanitaan, panty liner, pakaian ketat, serta harus menjaga area kewanitaan tetap kering sehingga tidak lembap.

Semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Salam sayang,



17 comments:

  1. Infonya bermanfaat sekali.
    Saya pernah sih mengalami keputihan yg gatal, duluuu sekali. Saat itu baru pindahan, sepertinya sedang adaptasi air.
    Sekarang alhamdulillah ga pernah. Ngeri juga ya jika keputihan nya ternyata ciri dari sebuah penyakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mungkin karena air itu. He.em mbak ngeri memang...

      Delete
  2. aku tiap mau mens
    salah satunya muncul seperti keputihan
    eh itu bukan ya
    tapi gak gatel dan gak bau

    apa semacam cairan aja menjelang mens gitu y mb?

    ReplyDelete
  3. Infonya bermanfaat banget. Dan ngeri juga ya, salah satunya tanda-tanda kanker serviks. Saya semenjak menikah nggak pernah lagi keputihan. Saya sendiri nggak tahu kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak serem, hehe. Mungkin karena faktor hormonal mbak...

      Delete
  4. Makasih infonya bu Bidan..
    Saya pake pantyliner tapi saya batasin ..ga keseringan..takut ih bahayanya.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih banyak informasinya mbak

    Saya biasanya kalo mau haid baru keputihan gitu tapi gak gatel

    Cuma selama gak haid lagi gini jadi gak pernah lagi juga

    ReplyDelete
  6. Wah trimakasih informasi tentang keputihannya Mbak. Saya jg waktu belum nikah sering banget keputihan tp setelah nikah alhamdulillaah udah nggak

    ReplyDelete
  7. Ternyata keputihan bukan penyakit yang enteng ya... Bisa semakin parah kalo nggak ditangani dengan cepat dan tepat. Btw trims sharingnya Mbak🙏

    ReplyDelete
  8. Saya pakai panty liner menjelang berhenti haid, jadi masa akhir haid gitu. Selain itu jarang pakai panty liner.

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya Mbak, semoga dijauhkan dari yang satu ini

    ReplyDelete
  10. Informasinya bermanfaat sekali, Bu Bidan. Terima kasih...

    ReplyDelete
  11. Makasih infony dek
    Emang kesehatan organ reproduksi wanita musti dijaga :)

    ReplyDelete
  12. Sharing yang keren banget. Saya pernah gatal pas keputihan 1x aja pas hamil tua. Lalu pakai lactac*** agak berkurang deh hehe (Siti Al-Muhajirin)

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya, Mbak. Memang jadi masalah buat perempuan yang satu itu.

    ReplyDelete
  14. Kudu jaga kesehatan daersh kewanitaan kita ya...thx mb infonya, noted.

    ReplyDelete