Bahaya Pemakaian Diapers Pada Bayi yang Harus Sobat Bidan Ketahui

Selamat siang, Sobat Bidan!

Bahaya pemakaian diapers
Adakah di antara Sobat Bidan yang terus-menerus memakaikan bayi dengan diapers? Kecenderungan di zaman yang serba instan ini berpengaruh juga pada cara berpakaian, contohnya penggunaan diapers pada bayi. Banyak ibu yang mengenakan pada bayi mereka terus menerus, padahal hal tersebut sangat tidak baik untuk si kecil.

Pemakaian diapers terus-menerus bisa berbahaya bagi bayi. Apa saja bahaya yang perlu diwaspadai itu? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

1. Ruam popok

Tentu Sobat Bidan sudah tidak asing dengan istilah ini, ya? Ruam popok merupakan iritasi yang terjadi di selangkangan bayi. Tekstur diapers yang tebal dan kasar cenderung membuat bayi tidak nyaman dan merasa ada yang mengganjal saat dikenakan. Hal ini dapat menumbuhkan bakteri atau jamur karena adanya kotoran dan kurangnya sirkulasi udara. Banyak pengalaman bayi yang harus menjalani operasi genetalnya karena mengalami kesulitan untuk BAK disebabkan adanya pengendapan air seni pada diapers.

2. Kurang sehat

Tahukah Sobat Bidan bahwa diapers mengandung bahan kimia yang tertinggal saat proses pemutihan? Zat ini disebut dioxin dan kabar buruknya adalah bahwa dioxin merupakan penyebab pertama kanker. Selain itu ada juga TBT yang bisa menyebabkan masalah hormonal karena itu merupakan polutan beracun. Ada juga sodium polyacrylate yaitu zat yang bisa berubah menjadi jelly saat terkena cairan dan bisa menyebabkan kemandulan jika digunakan terus-menerus.

3. Infeksi pada kulit

Pemakaian diapers yang mengandung kotoran dalam waktu yang lama bisa menyebabkan infeksi pada kulit jika terdapat luka. Luka tersebut akan terkontaminasi dengan kotoran dan menyebabkan infeksi pada si kecil. Rasa nyaman pada pemakaian diapers yang sudah terdapat kotoran di dalamnya justru merupakan kelemahan dari diapers itu sendiri. Maka, segera ganti diapers si kecil jika sudah penuh, ya.

4. Penyakit kulit

Beda dengan infeksi yang memang sudah dipicu karena adanya luka, penyakit kulit pada bayi bisa disebabkan karena diapers yang tebal dan tidak ada sirkulasi udara. Ini bisa menyebabkan kulit bayi gatal dan kemerahan.

5. Trauma 

Jika bayi memberontak saat hendak dipakaian diapers, jangan dipaksa, ya. Kemungkinan bayi mengalami trauma karena pemakaian diapers yang memang tidak nyaman tadi. Jika dipaksa, ini akan berimbas pada kesehatan si kecil dan tentu akan merugikan orangtua.

Nah, itu dia Sobat Bidan, risiko pemakaian diapers terus-menerus pada si kecil. Cukup pakaikan diapers pada bayi di waktu-waktu tertentu dan di saat-saat penting saja, ya. Jangan sampai bayi selalu memakai diapers selama 24 jam karena ini bukanlah hal yang baik. Semoga postingan ini bermanfaat!



Salam sayang,

Bidan Ayu

Pic by : Pexels

No comments:

Post a Comment