Ini Dia Tanda Gejala Pre-Eklampsia Pada Ibu Hamil yang Harus Sobat Bidan Tahu!

Selamat sore, Sobat Bidan!
Waspada Pre eklampsia!

Pre eklampsia atau yang lebih dikenal dengan keracunan kehamilan merupakan salah satu tanda bahaya bagi ibu hamil. Pada kasusnya, pre eklampsia ini biasa muncul dalam umur kehamilan 20 minggu atau lebih.

Bila tidak segera ditangani, pre eklampsia akan berlanjut menjadi eklampsia yang ditandai dengan kejang dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Lebih fatalnya, kasus ini dapat membahayakan nyawa ibu dan janin.

Karena itu, ibu hamil diharapkan mampu mengenali tanda dan gejala pre eklampsia sejak dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja tanda gejalanya? Simak ulasan berikut, yuk!

1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang normal bagi ibu hamil adalah di bawah 140/90. Jika pada saat pemeriksaan rutin ditemukan tekanan darah sama dengan atau lebih dari itu, maka hal ini patut diwaspadai sebagai tanda pre eklampsia.

Terlebih bila hipertensi kehamilan tadi ditemukan dalam trimester tiga, maka ibu hamil harus rutin memeriksakan dirinya di fasilitas kesehatan. Selain itu, dianjurkan untuk istirahat cukup dan hindari stres agar tekanan darah bisa kembali normal.
Periksa rutin tekanan darah

2. Kaki bengkak

Tanda gejala yang sering ditemukan pada ibu hamil dengan pre eklampsia adalah bengkak di bagian kaki. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh.

Oedem atau bengkak yang berbahaya adalah apabila ditekan tidak segera pulih kembali. Bila ibu hamil menemui tanda ini biasanya di trimester tiga, kemungkinan merupakan tanda pre eklampsia.

Ibu hamil dengan kaki bengkak dianjurkan agar tidak terlalu lama berada di posisi yang sama. Misalnya dengan sering merubah gaya pada saat duduk, berdiri, atau pun tidur.

3. Sakit kepala dan pandangan mata kabur

Ibu hamil yang mengalami pre eklampsia akan merasakan sakit kepala yang hebat seperti migrain atau kepala berdenyut. Jika sudah terlalu berat, penderita dapat menjadi sangat sensitif terhadap suara, cahaya, dan gerak tubuh. Akibatnya dapat menyebabkan pandangan mata kabur dan berkunang-kunang.

Apabila gejala ini menyerang maka ibu hamil harus segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan jangan sampai minum obat sembarangan.
Jangan sembarangan minum obat

4. Nyeri ulu hati

Nyeri pada perut bagian atas biasanya sebelah kanan bisa jadi adalah tanda pre eklampsia. Pada kehamilan trimester tiga, apabila ibu merasakan nyeri hebat di bagian itu bahkan sampai ke ulu hati atau tulang rusuk, maka harus waspada.

5. Mual muntah

Umumnya, mual dan muntah adalah tanda dan gejala kehamilan di trimester awal. Namun, ibu hamil perlu waspada apabila mual muntah ini terjadi secara tiba-tiba di trimester akhir kehamilan.

Mungkin ibu akan mengira bahwa itu hanya masuk angin biasa. Tapi, jangan salah, ya, mual muntah di trimester akhir bisa saja adalah gejala pre eklampsia. Ibu harus segera memeriksakan diri ke faskes terdekat

6. Protein urine

Tanda yang pasti untuk pre eklampsia adalah ditemukannya kadar protein di dalam urine. Pemeriksaan ini tentunya harus dilakukan oleh profesional di faskes. Maka dari itu, apabila ibu hamil mengalami gejala yang sudah dipaparkan di atas, ibu berhak meminta pemeriksaan urine.

Jika hasil pemeriksaan urine positif ditemukan protein dan atau albumin, maka akan dilakukan pengawasan selama 24 sampai 48 jam untuk memantau kondisi ibu hamil.

Itu dia tanda dan gejala pre eklampsia yang bisa dikenali oleh ibu hamil. Dengan mengetahui lebih dini, maka ibu juga bisa melakukan penanganan lebih awal agar tidak terjadi sesuatu yang tak diharapkan.
Jaga kesehatan ya, Moms

Pic by :
Pixabay.com

No comments:

Post a Comment