Kenapa HPL Sering Meleset? Ini Dia Penyebabnya, Sobat Bidan!

Selamat pagi, Sobat Bidan!

Kenapa HPL meleset dari perkiraan?
Kadang kita menemui atau bahkan mengalami sendiri perihal melesetnya tanggal kelahiran dari perkiraan. HPL tanggal 17, tanggal 9-nya sudah melahirkan. Atau justru malah mundur, tanggal 24-nya baru melahirkan. Kira-kira kenapa ya, kok bisa begitu?

Oh, ternyata ini penyebabnya Sobat Bidan, simak sampai habis, yuk!

1. Salah mengingat HPHT

Cara yang paling sederhana untuk menentukan tanggal persalinan adalah dilihat dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), padahal, cara ini hanya efektif bagi mereka yang siklus haidnya lancar. Akan sulit menentukan tanggal persalinan dengan hitungan HPHT jika siklus haid seseorang tidak lancar setiap bulannya.

Proses pembuahan dari pertama sel telur dan sperma bertemu adalah dua minggu. Karenanya, umur kehamilan yang matang dan siap melahirkan adalah 40 minggu yang berarti jarak dari pembuahan sampai HPL adalah 38 minggu. Nah, biasanya ibu juga akan lupa dengan HPHT-nya sendiri atau cuma sekadar mengingat-ingat saja. Jika HPHT-nya salah, tanggal pembuahan juga akan ikut salah sehingga HPL pun meleset dari perkiraan.

2. Ukuran rahim

Persalinan bisa terjadi lebih cepat apabila ukuran rahim seseorang besar dan sudah siap melakukan proses itu. Di awal kehamilan, yaitu usia 12 minggu, bagian atas rahim atau fundus sudah berada di atas panggul. Pada saat umur kehamilan mencapai 18 minggu, jarak antara tulang panggul dan rahim mungkin akan sama dengan jumlah minggu setelah berakhirnya periode haid. Inilah yang bisa membuat tanggal persalinan meleset dari perkiraannya.


3. Ukuran leher rahim (serviks)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang ukuran leher rahimnya lebih pendek setelah diperiksa melalui USG, cenderung akan lebih cepat melahirkan. 85% persen wanita yang punya leher rahim sepanjang 1 cm saja lebih cepat melahirkan dibanding yang panjang leher rahimnya mencapai 2,5 cm. Saat proses kehamilan menjelang bersalin, leher rahim akan semakin menipis untuk memudahkan proses persalinan.

4. Posisi janin di dalam kandungan

Posisi janin di dalam kandungan juga menentukan cepat tidaknya persalinan. Posisi yang tepat dengan puncak kepala berada di bawah, kepala janin sudah masuk ke panggul dan mapan dengan sempurna, maka bersiaplah untuk persalinan yang lebih awal. Sementara bila sudah mendekati HPL tapi janin belum juga mapan, bisa jadi ada kelainan yang perlu diperiksa lebih lanjut lagi.

Nah, itu dia Sobat Bidan, beberapa penyebab kenapa tanggal HPL bisa bergeser dari perkiraan. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,

Bidan Ayu

Pic by : Pexels.com

No comments:

Post a Comment