Ini Dia 3 Penyebab Terbesar Kematian Bayi Baru Lahir, Sobat Bidan Mesti Tahu

Selamat siang, Sobat Bidan!


Angka Kematian Bayi masih menjadi PR besar bagi para tim medis. Khususnya pada bayi baru lahir, kejadian kematian bayi masih sering dialami. Utamanya di negara-negara berkembang, AKB dan AKI masih perlu ditekan agar semakin berkurang.

Bayi baru lahir atau neonatus memang masih sangat rentan sekali keadaannya. Salah sedikit saja, bisa membahayakan si kecil. Namun, ada 3 hal yang menjadi penyebab kematian terbesar bagi bayi baru lahir. Apa saja tiga hal itu? Simak sampai habis ya, Sobat Bidan!

1. Asfiksia (gagal napas)

Asfiksia biasanya terjadi pada bayi baru lahir yang disebabkan karena adanya gangguan susunan saraf pusat yang mengakibatkan paru-paru gagal bernapas. Faktor yang menyebabkan asfiksia pada bayi baru lahir juga banyak sekali, di antaranya adalah stres janin yang bisa terjadi karena ibu yang juga mengalami stres saat hamil. Asfiksia biasanya juga dialami pada bayi yang lahir kurang bulan (premature). Hal ini disebabkan karena belum matangnya organ pernafasan bayi. 

Akan kita bahas lebih lanjut tentang asfiksia pada bayi baru lahir ini di postingan selanjutnya, ya.

2. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Penyebab kematian bayi baru lahir selanjutnya adalah kasus BBLR pada bayi. Ini pun banyak sekali faktor penyebabnya, di antaranya adalah umur ibu yang terlalu muda (di bawah 20 tahun) atau terlalu tua (di atas 35 tahun). Ibu dengan umur yang tidak diperkenankan hamil lagi cenderung akan mengalami berbagai komplikasi kehamilan yang dapat menyebabkan berat bayi lahir rendah.

Hal ini tentu bisa dicegah dengan pemenuhan nutrisi dan gizi yang adekuat selama kehamilan, juga menjaga kesehatan ekstra bagi ibu. Bayi kurang bulan juga berisiko mengalami BBLR saat lahir.



3. Infeksi dan komplikasi dini pada saat lahir

Faktor penyebab kematian bayi baru lahir yang lain adalah infeksi dan komplikasi dini yang terjadi pada bayi. Indonesia sendiri merupakan negara dengan tingkat kematian ibu terbesar di Asia Tenggara. Tak kurang 10.000 ibu meninggal karena komplikasi yang terjadi selama kehamilan hingga persalinan. 

Kematian ibu erat kaitannya dengan kematian bayi. Infeksi pada bayi baru lahir berisiko lebih besar pada bayi-bayi premature dan BBLR. Misalnya saja karena infeksi bakteri sejak dari dalam rahim, infeksi tali pusat, serta komplikasi-komplikasi lainnya. 

Nah, itu dia Sobat Bidan, 3 penyebab paling besar kematian pada bayi baru lahir. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,

Bidan Ayu

Pic by : Pixabay

No comments:

Post a Comment