Sudahkah Sobat Bidan Tahu Tentang Lochea Dalam Masa Nifas? Cari Tahu, Yuk!

Selamat malam, Sobat Bidan!

Apa itu lochea?
Sobat Bidan sudah tahu apa itu masa nifas? Ya, masa nifas merupakan masa yang dihitung sejak ibu baru melahirkan sampai 6 minggu sesudahnya (40 - 60 hari sesudah melahirkan). Di dalam masa nifas, akan terjadi perubahan pada organ yang berfungsi selama kehamilan seperti rahim, serviks, dan vagina ke bentuknya semula.

Dalam masa ini juga ibu akan mulai beradaptasi dengan peran barunya. Tubuh pun akan bereaksi untuk membantu berjalannya peran baru ini, seperti payudara terasa sakit karena keluar ASI, kontraksi rahim, BAK tidak lancar karena ada perlukaan di saluran kencing, juga keluarnya darah selama 40 hari itu. 

Dalam ilmu kebidanan, darah selama masa nifas disebut dengan lochea (lokia). Ada tahapan lokia yang akan keluar dari jalan lahir ibu sesuai dengan berjalannya masa nifas. Hal tersebut juga menunjukkan sejauh mana kenormalan 'pengembalian' organ dalam yang disebutkan di atas tadi berjalan.

Apa saja macam dan tahapan lokia itu? Ini dia!

  • Lokia rubra (cruenta). Lokia ini keluar antara satu sampai dua hari pasca persalinan, berwarna merah segar. Lokia rubra berisi darah segar dari sisa-sisa selaput ketuban, mekonium (kotoran janin), lanugo (rambut-rambut kecil janin), sel-sel desidua, dan vernik caseosa (lemak putih yang menempel di tubuh bayi). Selama dua hari ini ibu akan merasakan kontraksi pada rahim (harus ada kontraksi) untuk mengeluarkan sisa-sisa persalinan tersebut.
  • Lokia sanguinolenta. Lokia ini keluar pada hari ketiga sampai hari ketujuh pasca persalinan. Warnanya sudah tidak merah segar lagi seperti lokia rubra, tapi lebih ke merah kekuningan. Lokia sanguinolenta berisi darah yang bercampur lendir. Biasanya di hari-hari ini ASI ibu sudah akan keluar lancar (setelah sebelumnya ASI kolostrum yang berwarna keruh).
tetap menyusui meski ASI yang keluar sedikit, ya.
  • Lokia serosa. Lokia ini keluar pada hari ke-7 sampai hari ke-14 pasca persalinan. Lokia serosa berwarna kuning dan sudah tidak bercampur darah lagi. Hari-hari ini biasanya ibu sudah mulai beradaptasi dengan peran barunya. Jahitan di perineum (jika melahirkan normal) pun sudah membaik sehingga sudah bisa BAK mau pun BAB tanpa rasa sakit yang berarti.
  • Lokia alba. Yang terakhir disebut lokia alba, yang keluar pasca 2 minggu setelah melahirkan. Lokia ini berwarna putih. Pada masa ini tubuh ibu sudah bisa dinyatakan pulih kembali, tinggal mengembalikan tenaga pasca kelelahan setelah melahirkan. Namun begitu, dukungan suami dan keluarga terus ibu butuhkan untuk mengurus si kecil.
  • Lokia purulenta. Ini adalah lokia abnormal yang berbau busuk dan bernanah. Lokia purulenta keluar jika ibu nifas mengalami infeksi masa nifas. Karenanya, pada awal-awal melahirkan ibu harus mengecek lokia yang keluar. Pastikan yang keluar bukan lokia purulenta. 
Sehat selalu bersama si kecil
Itu dia Sobat Bidan, macam-macam lokia di masa nifas sesuai dengan tahapannya. Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,

Bidan Ayu

(Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan tinggalkan di kolom komentar).

Pic by : Pixabay

No comments:

Post a Comment