Sobat Bidan Sudah Tahu? Ini Dia Macam-Macam Pil KB, Kegunaan, dan Efek Sampingnya

Selamat siang, Sobat Bidan!

Macam-macam pil KB dan efek sampingnya
KB dengan pil masih banyak digandrungi oleh ibu-ibu, ya. Biasanya, ibu yang takut jarum suntik dan ngeri dengan berbagai KB yang memerlukan tindakan, lebih memilih KB pil. Gampang, tinggal minum saja meski harus mengingat-ingat setiap hari. Soalnya, kalau sampai salah tata cara minumnya bisa kebobolan, ya.

Sobat bidan sudah tahu belum, ada beberapa macam pil KB dengan merek dan kandungannya masing-masing. Antara beberapa pil KB ini terdapat perbedaan, lho. Nah, Sobat Bidan tentunya harus tahu dulu ya, pil yang mana yang cocok untuk Sobat Bidan sebelum memutuskan meminumnya.

Apa saja macam-macam dan perbedaan pil KB itu? Simak, yuk!

1. Pil KB Andalan

Sebenarnya, perbedaan mendasar antara pil KB ada pada jenis hormon progestinnya. Nah, dalam pil KB Andalan, progestin yang terkandung adalah Levonorgestrel (progesteron) dan Etinilestradiol (estrogen). Progestin jenis ini akan meningkatkan hormon androgen dalam tubuh sehingga akan menyebabkan peminumnya rentan jerawatan. 

Selain itu, efek samping lain yang bisa timbul adalah pusing, mual, muntah, diare, siklus haid tidak teratur, sakit kepala, dan berat badan naik. Jangan kuatir, efek samping tersebut biasanya hanya sementara saja. 


Tablet pil KB Andalan biasanya terdiri dari 28 tablet dengan 21 pil hormon (biasanya berwarna kuning) dan 7 pil kosong (plasebo, biasanya berwarna putih).

Cara kerja pil ini sama dengan pil KB pada umumnya, yaitu mencegah pelepasan sel telur yang telah matang dari ovarium sehingga tidak terjadi fertilisasi. Selain itu, pil KB akan meningkatkan kepekatan lendir rahim sehingga sperma akan sulit menembusnya. 

Pil KB Andalan bisa dengan mudah ditemukan di pasaran dengan kisaran harga kurang lebih Rp.12.000-, saja. 

2. Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin juga cukup dikenal di pasaran, ya. Pil ini mengandung progestin jenis Drospirenone yang menekan perkembangan hormon androgen. Berisi 28 pil dengan 21 pil hormon dan 7 pil kosong (plasebo). Karena menurunnya hormon androgen, maka pil ini bisa mengurangi gejala PMS ringan seperti nafsu makan yang berlebih, bad mood, dan perut kembung karena adanya retensi air. Selain itu, pil Yasmin juga bisa mengurangi jerawat karena sedikitnya hormon androgen tadi.

Keuntungan lain mengkonsumsi pil Yasmin adalah mesntruasi akan tetap lancar meski siklusnya kadang bisa jadi lebih pendek (sudah pernah kita bahas, ya). Selain itu, payudara juga tetap terasa nyaman meski sedang menstruasi dan bisa melindungi payudara dari kista dan tumor jinak. Ovarium juga akan sehat karena bisa mengurangi pembekuan kista di ovarium. 
Efek samping yang biasa terjadi antara lain seperti depresi, migrain, mual, diare, nyeri punggung, dan adanya pembekuan darah. Selain itu drospirenone juga menyebabkan peningkatan kalium dalam tubuh secara berlebih. Maka, pil ini tidak boleh diminum oleh seorang wanita dengan gangguan fungsi ginjal, hati, dan gangguan adrenal.

Pil KB Yasmin bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp. 230.000,- sampai Rp. 240.000,-

3. Pil KB Diane 35

Pil Diane mengandung progestin jenis Cyproterone Acetat (CPA) yang bisa mengatasi hiperandrogen. Hiperandrogen biasa terjadi pada wanita di usia produktif. Prinsipnya sama dengan pil Yasmin, CPA bisa menurunkan kadar androgen dalam tubuh sehingga bisa mengurangi minyak di kulit dan membasmi jerawat. Pil ini juga bisa mengurangi pertumbuhan rambut berlebih (hirsutisme).


Efek samping dari pil KB Diane antara lain : perubahan mood, migrain, sakit perut bagian bawah, berat badan bertambah, juga nyeri pada payudara.

Harga pil ini di pasaran biasanya berkisar Rp. 136.000,-

4. Pil KB Trinordiol-28

Jika pil Kb Andalan punya dua warna tablet, pil KB Trinordiol-28 punya empat warna tablet dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • 7 tablet warna merah yang mengandung laktosa
  • 10 tablet warna kuning pucat yang mengandung 0,03 mg etinilestradiol dan levonorgestrel sebanyak 0,125 mg
  • 6 tablet warna kuning cerah yang mengandung 0,03 mg etinilestradiol dan levenorgestrel 0,05 mg
  • 5 tablet warna putih yang mengandung 0,04 mg etinilestradiol dan levonorgestrel 0,05 mg
Cara meminumnya sama dengan pil KB pada umumnya. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari pil KB Trinordiol-28 ini antara lain mual, payudara lembek, jikwa tertekan, cloasma (flek hitam), perubahan berat badan, perubahan libido seks, perubahan siklus haid, dan sakit kepala.

Pil ini bisa didapatkan dengan harga Rp. 12.000,- per stripnya.


Nah, itu dia Sobat Bidan, beberapa macam pil KB dan perbedaannya. Sebelum memutuskan ber-KB dengan pil, alangkah baiknya jika Sobat Bidan konsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter. Semoga postingan ini bermanfaat, ya!

Salam sayang,

Bidan Ayu

(Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan tinggalkan di kolom komentar). 

Pic by :
Google.com



No comments:

Post a Comment