Sobat Bidan, Begini Lho, Tatacara Minum Pil KB. Sst, Kalau Salah Bisa Kebobolan!

Selamat siang, Sobat Bidan!


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tatacara minum pil KB. Ya, sampai saat ini, ber-KB dengan pil masih jadi opsi terbesar bagi ibu-ibu di sebagian daerah. Alasannya, karena KB dengan pil itu mudah dan juga tidak sakit.

Lalu, kenapa mesti dibahas segala cara minumnya? Karena kemarin seorang teman ada yang curhat. Katanya, dia minum pil KB pada saat akan melakukan hubungan seksual saja. Nah, lho! Usut punya usut, ternyata dia belum begitu paham tentang tatacara minum pil KB yang benar.

Bagaimana hukumnya kalau sembarangan begitu? Jelas tidak boleh, ya. Kita tidak boleh melanggar peraturan minum pil KB apabila tidak ingin kebobolan. Nah, berikut tatacara minum pil KB yang seharusnya!

1. Aturan umum

Untuk pil KB dengan isi 28 hari, terdiri dari 21 pil berisi hormon dan 7 pil kosong (plasebo). Sobat Bidan harus minum setiap hari di waktu yang sama selama 21 hari berturut-turut. Setelah itu, dilanjutkan dengan minum tujuh pil yang kosong (kemungkinan saat ini Sobat Bidan sedang menstruasi). Pil KB yang berisi 28 pil ini lebih populer karena memudahkan dan tidak ada jeda setiap harinya. Jadi, minum pil terus setiap hari.

Sedangkan untuk pil KB yang berisi 21 butir, semuanya adalah pil hormon. Sama seperti di atas, Sobat Bidan harus minum pil ini setiap hari selama 21 hari di waktu yang sama. Nah, setelah pil itu habis, Sobat Bidan harus berhenti minum pil dulu selama 7 hari. Kemungkinan, itu adalah waktu Sobat Bidan menstruasi. 
Minum pil sesuai urutan yang ada di blister

Tidak perlu bingung dengan tatacara minumnya, karena di bungkus pil KB tertera hari dan urutan (tanda panah) untuk menuntun Sobat Bidan dalam mengkonsumsi pil ini. 

Jika Sobat Bidan baru pertama kali menggunakan KB pil, pil ini sudah bisa diminum dari hari pertama sampai hari ketujuh menstruasi. Tapi, bila ingin meminumnya mulai hari kedelapan (sudah selesai mens), maka Sobat Bidan dianjurkan memakai kondom saat berhubungan seks di hari ke-8 sampai hari ke-14.

Tapi, jika Sobat Bidan baru beralih dari kontrasepsi lain ke pil, misal dari suntik kemudian ganti menggunakan pil. Sobat Bidan bisa langsung meminum pil KB tanpa harus menunggu haid dulu. Apabila Sobat Bidan baru melahirkan, minumlah setelah enam bulan pasca memberi ASI eksklusif. Atau, jika tidak memberi ASI, Sobat Bidan bisa meminumnya setelah tiga bulan.

2. Yang perlu diingat

- Minum pil KB setiap hari sesuai penjelasan di atas
- Minumlah di waktu yang sama, misal pukul tujuh malam maka harus pukul tujuh malam setiap hari
- Jangan diminum apabila dua minggu tidak mendapat haid
- Harus sesuai antara hari dan tulisan. Jika ini hari Senin, minumlah pil yang tertulis Senin di blister
- Segera beli pil lagi apabila kehabisan
- Mulailah minum pil baru di hari yang sama dengan pil yang telah habis tadi

Minum pil Kb setiap hari

3. Bila lupa

- Apabila Sobat Bidan lupa minum pil KB hari ini tapi belum lebih dari 12 jam, segeralah minum pilnya. Misalnya saja, Sobat Bidan biasa minum pil pukul tujuh malam, dan baru ingat pada pukul sebelas malam. Maka, Sobat Bidan harus segera meminumnya.

- Bila sudah terlewat satu hari penuh, maka besoknya di jam yang sama, minumlah 2 pil. Hari ini dan hari kemarin. Contoh, hari Selasa jam tujuh malam lupa minum pil, dan baru ingat besok siang di hari Rabunya, maka tunggu saja sampai jam tujuh malam lagi di hari Rabu dan minumlah 2 pil.

- Jika lewat dua hari, maka Sobat Bidan harus minum dua pil sekaligus dalam dua hari berturut-turut. Misal, Sobat Bidan lupa minum pil pada hari Minggu dan Senin, maka pada hari Selasa Sobat Bidan harus minum 2 pil dosis Minggu dan Senin tadi. Dan hari Rabunya, Sobat Bidan juga harus minum dua pil lagi untuk dosis hari Selasa dan Rabu.

- Pakai alat kontrasepsi lain seperti kondom. Jika lupa sehari saja, masih kecil kemungkinan hamilnya. Namun, bila sudah lebih dari 48 jam, bisa jadi akan terjadi kebobolan. 

Nah, itu dia Sobat Bidan, cara yang benar untuk mengkonsumsi pil KB. Bagaimana, sudah tidak bingung lagi, bukan? Di pembahasan selanjutnya kita akan membahas macam-macam pil KB termasuk yang bisa digunakan untuk ibu menyusui. 

Semoga postingan ini bermanfaat!

Salam sayang,

Bidan Ayu

(Apabila ada pertanyaan, kritik, dan saran silakan tinggalkan di kolom komentar).

Pic by : Pixabay



No comments:

Post a Comment