Serba-Serbi KB Implant yang Mesti Sobat Bidan Tahu Sebelum Memutuskan Menggunakannya

Selamat siang, Sobat Bidan!

Serba-serbi KB implan
Sobat Bidan pasti sudah tidak asing lagi ya, dengan KB implan? Ya, implan (Kb susuk) adalah alat kontrasepsi yang cukup digandrungi karena risiko kebobolannya yang relatif kecil. Menurut penelitian, hanya ada 1/100 kasus kebobolan KB implan dalam satu tahunnya.

Nah, jika Sobat Bidan tertarik untuk menggunakan KB ini, ada baiknya untuk mengetahui dulu beberapa hal tentang KB implan. Simak yuk!

Apa itu KB implan?

  • KB implan adalah kontrasepsi dengan alat yang berbentuk susuk yang ditanamkan (implan) di lengan. 
  • Masa kerjanya bermacam-macam sesuai jenisnya : Norplant (berisi 6 batang kapsul) masa kadaluarsanya mencapai 5 tahun. Sino implant-2 (berisi 2 kapsul) efektif antara 4-5 tahun. Implanon (berisi 1 batang kapsul) efektif sampai 3 tahun. Nexplanon (kb implan paling mutakhir yang dilengkapi pendeteksi untuk mengeluarkan kapsul) efektif sampai 3 tahun. 
  • KB implan tidak bisa menghalangi penularan infeksi menular seksual. Hanya kondom yang bisa mencegah penularan IMS.
  • Implan sangat efektif untuk mencegah kehamilan, kecuali jika ada faktor lain seperti konsumsi obat herbal, atau antibiotik
Bagaimana cara kerjanya?
  • Susuk yang ditanamkan di bawah kulit akan melepas hormon progestin dalam kadar rendah
  • Hormon progestin ini akan mencegah proses ovulasi (pelepasan sel telur dari ovum). Tanpa ovulasi, maka tidak akan terjadi pembuahan
  • Progestin juga akan menebalkan lendir di leher rahim sehingga akan menghambat pergerakan sperma
  • Progestin akan menipiskan dinding rahim, sehingga apabila terjadi pertemuan antara sperma dan sel telur, maka hasil konsepsi akan sulit menempel di dinding rahim sehingga tidak terjadi kehamilan
Progestin mencegah pembuahan
Apa saja efek sampingnya?

Tidak semua pemakai KB implan akan mengalami efek samping. Jika pun mengalaminya, lama kelamaan efek samping itu akan menghilang dengan sendirinya. Namun, wanita yang merokok kemungkinan efek samping ini akan lebih berat. Karenanya, kebiasaan merokok harus dihentikan bila ingin menggunakan KB implan.

Berikut di antara efek samping KB implant :
  • Haid tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali
  • Darah haid bisa jadi lebih banyak atau lebih sedikit
  • Sakit kepala
  • Berjerawat
  • Payudara nyeri
  • BB bertambah
  • Depresi
  • Rasa sakit, infeksi, atau nyeri di tempat penanaman susuk
Cara pemasangan?

KB implan hanya bisa didapat di klinik, puskesmas, atau rumah sakit. Pemasangannya bisa dilakukan oleh dokter, bidan, atau nakes yang sudah melakukan training pemasangan implant. Pertama, lengan akan disuntik dengan obat bius agar tidak merasakan sakit. Kemudian, akan dibuat sayatan kecil untuk memasukkan susuk di bawah kulit.

Pemasangan akan berlangsung beberapa menit saja, dan setelahnya ibu dilarang mengangkat beban berat selama kurang lebih 3 hari. Jika masa berlaku sudah habis atau sebelumnya, segera kembali ke tempat pemasangan untuk dilepas dan diganti dengan yang baru.

Yang tidak dianjurkan memakai KB implan?

Ibu dengan masalah pembekuan darah, penyakit liver, dan perdarahan vagina tanpa diketahui sebabnya tidak dianjurkan memakai KB ini. Juga ibu dengan diabetes, depresi, kolesterol tinggi, hipertensi, kandung empedu, kejang-kejang, atau dengan gangguan ginjal sebaiknya konsultasi dulu pada ahlinya.

Ibu yang sering lupa minum pil atau yang menginginkan kontrasepsi jangka panjanglah yang dianjurkan untuk memakai KB implan.
 
Sering lupa minum pil? Kb implan saja!
Harga?

Untuk harga KB implan berbeda-beda sesuai mereknya. Namun, di pasaran biasanya berkisar antara 115 ribu rupiah, belum termasuk biaya jasa pemasangan susuk.

Jadi, sudah ada gambaran tentang KB susuk atau implan ini, kan, Sobat Bidan? Alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan Sobat Bidan semua, ya. Semoga postingan ini bermanfaat.

Salam sayang,

Bidan Ayu

(Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan tinggalkan di kolom komentar, ya).

Pic by : Pixabay

No comments:

Post a Comment