Minimalisir Rasa Sakit Saat Melahirkan Dengan Metode Hypnobirthing

Selamat siang, Sobat Bidan!

Melahirkan tanpa rasa sakit dengan Hypnobirthing
Apa yang ada di pikiran Sobat Bidan saat mendengar kata persalinan? Apakah yang terlintas adalah rasa sakit tidak terkira? Cemas? Was-was? Khawatir bagaimana dapat melalui proses itu dengan baik? Kenapa yang terlintas dalam pikiran saat mendengar kata persalinan adalah hal-hal yang membahagiakan? Misalnya, kenikmatan? Surga? Ibu? Buah hati? Proses yang indah?

Kenapa melahirkan identik dengan rasa sakit? Bagaimana kalau kata sakit itu diganti dengan nikmat? Bisakah kita menanamkannya dalam alam bawah sadar?

Mengapa saat melahirkan kita merasakan sakit?

Dari mulai pembukaan, kontraksi, sampai pecahnya ketuban, sudah pasti kita sebagai wanita akan merasakan sesuatu yang dinamakan sakit selama proses persalinan. Namun, kondisi ini bisa bertambah lagi apabila kita berpikir tentang kesakitan itu sendiri. Jika hati kita was-was, cemas, bahkan takut menghadapi proses persalinan itu, maka sukseslah rasa sakit tersebut menyiksa kita mungkin sampai berkali-kali lipat.

Ini ada penjelasan ilmiahnya, ya. Saat kita terus cemas dan takut menghadapi persalinan, maka tubuh kita akan dipenuhi oleh hormon adrenalin. Hormon adrenalin ini akan mengurangi aliran darah ke rahim dan sistem pencernaan karena lebih banyak mengalirkan darah ke otot-otot besar di tungkai.
Jangan panik!
Bila hal ini terjadi, maka pasokan darah dan oksigen di rahim menjadi berkurang. Akibatnya, akan memperlama dan mempersulit proses persalinan. Selain itu, hormon adrenalin juga menghentikan produksi hormon oksitosin yang akan melancarkan proses persalinan. Hormon endorfin yang berguna untuk memberi rasa nyaman dan menekan rasa sakit bagi tubuh pun menjadi banyak berkurang.

Akibatnya? Persalinan akan berjalan lebih lama dan lebih sakit.

Apa itu Hypnobirthing?

Hypno yang berarti hipnosis dan birthing yang artinya melahirkan. Hypnobirthing merupakan metode persalinan yang didasarkan pada sugesti pikiran (self-hypnosis : menghipnosis diri sendiri) yang bertujuan agar ibu lebih rileks serta mengurangi persepsi terhadap ketakutan, kecemasan, atau rasa tegang selama bersalin.

Berdasarkan penelitian kesehatan, metode hipnosis ini berhasil membuat wanita mengatasi ketakutannya saat menghadapi proses persalinan. Rasa takut, tegang, dan cemas akan membuat otot-otot menjadi ikut tegang sehingga mengganggu kontraksi dan memperlama proses persalinan.

Bagaimana cara kerja metode Hypnobirthing?

Kelas Hypnobirthing mulai UK 32 minggu
Cara kerjanya tergantung pada seberapa kuat sugesti dalam pikiran kita masing-masing. Untuk membentuk sugesti itu, seorang hipnoterapis biasanya menggunakan sarana seperti musik, video, motivasi, dan kata-kata positif. Hal-hal tersebut akan memandu tubuh kita menjadi lebih santai, nyaman, dan selalu berpikir positif sehingga terhindar dari kekhawatiran yang berlebihan.
Misalnya saja dengan diputarkan musik yang lembut seperti suara alam, atau video proses mekarnya bunga, dan menyugesti pikiran dengan pernyataan positif seperti 'saya akan melahirkan normal', 'persalinan akan berjalan lancar', 'saya bahagia dan siap dengan proses ini', dan lain-lain. Sekarang sudah ada kelas-kelas khusus untuk metode hypnobirthing, biasanya dimulai saat umur kehamilan sudah mencapai 32 minggu. 

Apa saja manfaat Hypnobirthing?
  • Dapat membantu proses persalinan
  • Meminimalisir rasa takut dan cemas selama proses persalinan
  • Mengurangi kebutuhan akan obat
  • Kala I persalinan jadi lebih pendek 
  • Memberi kenyamanan, relaksasi, dan ketenangan pada ibu
  • Mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit saat persalinan

Langkah-langkah melakukan Hypnobirthing

  1. Berbaring dengan posisi yang paling nyaman, lemaskan kelopak mata dan pejamkan mata perlahan tanpa paksaan.
  2. Relakasasi otot dengan kedua lengan berada di sisi tubuh dan hadapkan kedua telapak tangan menghadap ke atas. 
  3. Masih dengan mata terpejam, regangkan telapak kaki sampai merambat ke paha, betis, pinggul, dan dada. Tarik pundak ke atas dan kepalkan telapak tangan kuat-kuat. Kerutkan dahi dan tarik lidah ke arah langit-langit. Tahan selama 10-15 detik kemudian lepaskan perlahan. 
  4. Tarik napas panjang melalui hidung, hitung sampai 10 detik kemudian hembuskan pelan melalui mulut. Lakukan ini sampai sepuluh kali.
  5. Relaksasi pikiran. Setelah mata terpejam sejenak, bukalah perlahan dan fokus pada satu titik yang ada tepat di atas mata. Semakin lama, kelopak mata akan semakin rileks. Berkediplah. Hitung sampai lima dan tutup mata saat hitungan kelima. Waktu jiwa dan raga telah beristirahat itulah, kita siap menerima sugesti positif yang akan masuk dan terekam dalam alam bawah sadar.
Rileks dan berbahagialah dengan kehamilanmu!
Itu dia, Sobat Bidan, hal-hal yang perlu diketahui tentang metode Hypnobirthing. Pikiran adalah kendali tubuh kita yang utama. Apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi. Karena itu selalulah berpikir positif agar hal-hal negatif bisa kita hindari.

Semoga postingan ini bermanfaat. Berbahagialah dengan hidup Anda!

Salam sayang,

Bidan Ayu

(Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silakan tinggalkan di kolom komentar).

Pic by : Pixabay



No comments:

Post a Comment