Mual Muntah Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ini, Sobat Bidan!

Selamat pagi, Sobat Bidan!



Mual muntah saat hamil atau disebut juga emesis gravidarum adalah suatu hal yang normal bagi seorang ibu hamil, ya. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon-hormon di dalam tubuh. Selama tidak berlebihan dan ibu hamil masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa, maka tidak perlu khawatir berlebihan.

Emesis gravidarum yang berbahaya adalah mual muntah dengan frekuensi yang berlebih, bisa sampai 50 kali per hari. Kasus ini disebut dengan Hiperemesis Gravidarum (HEG). HEG sendiri masih dibagi menjadi tiga tingkatan berdasarkan parahnya kondisi ibu hamil.

Nah, berkaitan dengan emesis gravidarum, sebenarnya ada cara untuk meminimalisir mual muntah ini, lho, Sobat Bidan. Apa saja itu? Simak, yuk!

1. Makan sedikit tapi sering

Bagi ibu hamil yang mengalami emesis, dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit tapi sering. Berhubung mual muntah bisa menghambat nafsu makan, maka porsi kecil itu dapat mencegah mual. Makanlah tiga atau lima sendok saja, yang penting makanan itu masuk ke lambung dan tidak keluar lagi.

Lakukan hal tersebut dua atau tiga jam sekali per hari dengan jenis makanan beragam. Jadi, perut tidak terasa penuh dan ibu hamil juga tidak kelaparan.

Makanlah sedikit tapi sering

2. Makan biskuit setelah bangun tidur

Biskuit kering bisa kurangi mual
Nah, ibu hamil biasanya mengalami mual muntah di pagi hari, kan? Inilah sebabnya muncul istilah morning sickness. Sobat Bidan, untuk meminimalisir morning sickness ini, cobalah makan biskuit kering setelah bangun tidur.

Taruh biskuit kering tadi di samping tempat tidur, dan makanlah sesaat setelah bangun sebelum turun dari tempat tidur. Cara ini dipercaya akan mengurangi rasa mual karena rasa pahit saliva atau air liur jadi tidak terasa.


3. Minum air putih hangat

Yang satu ini juga dilakukan setelah bangun tidur ya. Kalau tidak ada biskuit, minumlah air putih hangat. Hal ini akan membuat perut terasa hangat dan nyaman sehingga meminimalisir mual.

Air putih hangat setelah bangun tidur, ya

4. Makan apa saja yang tidak memicu mual

Bumil boleh makan apa saja!
Jangan ada pantangan makan selama hamil kecuali memang alergi pada makanan itu, ya? Ibu hamil boleh makan apa saja asal bergizi. Yang lebih penting, tidak memicu mual dan membuat muntah.

Jika makan-makanan tertentu membuat mual muntah bertambah parah, maka makanlah makanan yang tidak memicu mual. Apa pun boleh, tapi utamakan yang sehat dan ada gizinya, ya? Biar bagaimana pun yang di dalam perut butuh asupan terbaik.


5. Konsumsi vitamin B6

Ceritakan keluhan mual muntah tersebut saat periksa rutin pada petugas kesehatan. Kemungkinan besar, Sobat Bidan akan diberi vitamin B6. Konsumsi dengan teratur sesuai anjuran, ya.Vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual dan muntah bagi ibu hamil.


Vitamin B6 untuk mencegah mual

6. Minum tablet besi sebelum tidur



Tablet besi untuk mencegah anemia
Ibu hamil harus rutin minum tablet besi atau tablet tambah darah minimal 90 tablet selama hamil. Efek samping dari tablet besi ini salah satunya adalah memicu rasa mual.

Nah, apabila ibu hamil ingin mengurangi rasa mual, maka minumlah tablet besi ini sebelum tidur. Boleh juga diminum dengan air jeruk atau vitamin C agar meminimalisir mual.


Itu dia enam cara untuk mengurangi mual muntah pada ibu hamil. Demi kesehatan calon buah hati, melakukan hal tersebut mudah saja, kan, Sobat Bidan?

Salam sayang,

Bidan Ayu

(Bila ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar, ya. Insyaallah saya jawab bila saya tahu).

Pic by : Pixabay.com

No comments:

Post a Comment