Inilah Beberapa Manfaat Pemberian ASI Bagi Bayi yang Harus Sobat Bidan Tahu

Siang, Sobat Bidan!

Bunda, beri aku ASI

Adakah di antara Sobat Bidan yang enggan memberi ASI pada si kecil? Sepertinya tidak, ya? Semua tahu bahwa ASI adalah asupan terbaik bagi bayi dibanding dengan susu formula semahal apa pun itu. Dan sebagai seorang ibu, pastinya Sobat Bidan ingin memberi yang terbaik bagi si kecil, bukan?

Kemenkes telah menetapkan peraturan mengenai ASI Eksklusif tujuannya adalah untuk menggalakkan pemberian ASI bagi si kecil. ASI Eksklusif sendiri merupakan masa pemberian ASI pada bayi dari umur 0-6 bulan pertama tanpa tambahan makanan apa pun kecuali obat-obatan apabila diperlukan. ASI adalah pemberian terbaik bagi si kecil di seribu hari pertamanya.

Banyak sekali manfaat yang akan si kecil dapat apabila Sobat Bidan memberinya ASI. Apa sajakah itu? Berikut di antaranya :

1. Memenuhi nutrisi

Ya, seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai ASI eksklusif, bahwa sebenarnya bayi dari umur 0-6 bulan memang hanya perlu ASI saja. Di dalam ASI sudah terkandung semua zat gizi dalam susunan dan jumlah yang cukup untuk kebutuhan bayi. Apabila bayi terus menangis meski sepertinya sudah kenyang diberi ASI, berarti dia menangis bukan karena lapar. Jadi, Sobat Bidan tidak perlu menambah menu baru.

Barulah setelah lebih dari enam bulan, berikan Makanan Pendamping ASI untuk bayi. Itu pun harus dilakukan secara bertahap untuk menyesuaikan antara tekstur makanan dan sistem pencernaan bayi. Tetap berikan ASI sampai kira-kira usia anak mencapai dua tahun. Kandungan dalam ASI sangat baik untuk pemenuhan nutrisi bayi tanpa Sobat Bidan harus khawatir terhadap masalah alergi yang kerap ditemui pada bayi yang diberi susu selain ASI.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Selain bermanfaat untuk pemenuhan nutrisi, ASI juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. ASI yang pertama kali keluar (umumnya tiga hari) atau yang biasa disebut dengan kolostrum, merupakan cairan yang wajib diberikan pada bayi. Orang tua zaman dulu kebanyakan akan membuang kolostrum karena beranggapan bahwa itu adalah ASI yang kotor. 

Padahal, kandungan di dalam kolostrum ini sangatlah penting bagi bayi. Kolostrum mengandung antibodi yang paling banyak dibanding cairan ASI selanjutnya (ASI masa transisi dan ASI matur). Antibodi inilah yang akan membentuk sistem kekebalan alami serta meningkatkan imunitas tubuh.

Aku sehat dengan ASI :D
Selain itu, ada juga imunoglobin yang terkandung di dalam ASI yang merupakan antibiotik alami. Imunoglobin ini akan melawan infeksi dan membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh bayi. 

Dalam setiap tetes ASI juga mengandung sel darah putih. Fungsi dari sel darah putih ini adalah untuk menyimpan dan membantu mengedarkan berbagai elemen seperti enzim. Selain itu, sel darah putih juga berfungsi untuk melawan infeksi, dan membentuk protein pelawan infeksi. Bayi baru lahir sangat membutuhkan ini sampai setidaknya berumur enam bulan.

Ketiga kandungan dalam ASI tersebut yang akan membantu bayi meningkatkan daya tahan tubuhnya. Inilah sebabnya mengapa kita sering menjumpai bayi yang sering sekali sakit lantaran tidak diberi ASI.

3. Meningkatkan kecerdasan

Benarkah ASI dapat meningkatkan kecerdasan bayi? Benar, Sobat Bidan. ASI mengandung lemak yang komposisinya akan berubah-ubah selama masa penyusuan. Nah, di dalam lemak ASI ini terdapat zat yang disebut ARA dan DHA. Fungsi dari DHA dan ARA sendiri adalah untuk memaksimalkan tumbuh kembang otak bayi serta meningkatkan kecerdasannya.

Dalam enam bulan pertama, kandungan lemak dalam ASI sangat tinggi karena bayi hanya memperoleh nutrisi dari ASI saja. Saat itulah kandungan DHA dan ARA juga melimpah. Di setengah tahun kedua dan setelahnya, kandungan lemak ini akan berangsur-angsur berkurang karena bayi sudah mendapatkannya dari makanan.

Jadi, beri bayi ASI sebanyak mungkin di enam bulan pertamanya, ya, Sobat Bidan!

4. Meningkatkan jalinan kasih sayang

Bounding attachment
Istilah bounding attachment atau sentuhan pertama yang diberikan orangtua pada bayi ternyata akan berpengaruh bagi bayi. Hal ini akan menimbulkan ikatan batin antara bayi dan orangtuanya yang akan terbawa sampai dia besar nanti.

Jika Sobat Bidan menyusui, pastilah akan ada kontak fisik antara Sobat Bidan dengan bayi. Inilah yang akan menguatkan ikatan batin itu dibandingkan dengan bayi-bayi yang tidak disusui. Adanya rasa nyaman satu sama lain kemudian akan mengalirkan energi positif dan kondisi psikologis yang baik bagi Sobat Bidan dan si kecil.

Nah, itu dia, Sobat Bidan, manfaat pemberian ASI bagi si kecil. Selain bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI juga banyak manfaatnya untuk ibu, lho, Sobat Bidan. Apa saja itu? Kita ulas dalam pembahasan selanjutnya, ya!

Sekian, semoga postingan ini bermanfaat.


Salam sayang,

Bidan Ayu

(Postingan ini dibuat untuk program Blogwalking bersama Estrilook Community. Apabila ada pertanyaan, kritik, saran, silakan tinggalkan di kolom komentar).

No comments:

Post a Comment